Penyebab dan Solusi Mengatasi Gagap pada Anak

Penyebab dan Solusi Mengatasi Gagap pada Anak
Sumebr:motherandbaby.co.id

Penyebab dan Solusi Mengatasi Gagap pada Anak perlu orang tua sadari sejak awal. Gagap pada anak umumnya memiliki sifat sementara dan dapat lenyap sendirinya bersamaan bertambahnya umur. Namun, ada pula anak yang alami gagap sampai umur dewasa. Dalam masalah ini, cara pengatasan perlu dilaksanakan buat menahan anak susah berbicara.

 

Gagap umumnya dirasakan oleh anak saat berumur 18-24 bulan. Keadaan itu biasa terjadi, karena masa umur ini ialah periode saat anak mulai belajar untuk mempertajam kekuatan bicara dan berbahasanya. Dengan begitu, tidak dibutuhkan pengatasan khusus untuk menanganinya.

 

Tetapi, pada beberapa kasus yang lain, gagap pada anak tetap terjadi sampai umurnya dewasa. Ini pasti membuat anak susah berbicara sama orang lain dan dapat mengakibatkan kualitas hidupnya turun, hingga perlu diatasi.

 

Penyebab dan Solusi Mengatasi Gagap pada Anak

Penyebab Gagap pada Anak

Penyebab seorang anak jadi gagap masih belumlah diketahui dengan cara tepat. Tetapi, gagap pada anak diprediksi muncul karena bermacam factor, misalnya:

 

  • Factor turunan

Gagap pada anak bisa memiliki sifat genetik atau di turunkan dari orangtua. Beberapa penelitian mengutarakan jika sekitaran 60% anak yang alami gagap mempunyai bagian keluarga yang gagap.

 

  • Masalah dalam otak

Gagap pada anak bisa juga terjadi bila ada masalah pada saraf atau sisi otak yang mengontrol kekuatan berbahasa dan bicara. Selainnya gagap, masalah ini bisa juga membuat anak jadi cadel sampai tidak sanggup bicara.

 

Selainnya beberapa faktor di atas, resiko seorang anak jadi gagap dapat bertambah bila dia sejenis kelamin lelaki atau alami depresi, seperti karena kebanyakan pekerjaan yang perlu ditangani atau terima penghinaan (bully) dari beberapa temannya.

 

Langkah Mengatasi Gagap pada Anak

Pengatasan gagap pada anak kemungkinan tidak hilangkan gagapnya keseluruhannya. Pengatasan ini lebih mempunyai tujuan untuk mempertingkat kekuatan berbicara, komunikasi, dan keterlibatan anak di kehidupan setiap hari.

 

Untuk mengatasi gagap pada anak, berikut ialah cara-cara yang bisa Anda kerjakan:

1. Melakukan terapi wicara

Bila anak alami kesusahan berbicara atau gagap, jangan sampai sangsi untuk mengantarnya ke dokter. Untuk tentukan penyebab gagap yang dirasakan oleh anak, dokter akan lakukan pengecekan fisik, penilaian tumbuh berkembang, dan pengecekan psikis.

 

Kemudian, dokter bisa memberinya pengatasan sama sesuai penyebab gagap pada anak. Beberapa usaha yang bisa dilaksanakan dokter untuk mengatasi gagap ialah therapy wicara dan psikoterapi.

 

2. Latihlah kekuatan berbicara anak dengan teratur

Selainnya memperoleh pengatasan dari dokter, Anda pun dianjurkan untuk latih kekuatan berbicara anak di dalam rumah. Hadapi anak yang gagap memang membutuhkan kesabaran semakin banyak. Oleh karenanya, dengar secara baik dan cermat apa yang disampaikan oleh anak.

 

Jangan dibiarkan anak ketahui Anda terasa terusik atau mungkin tidak sabar saat dia sedang bicara. Disamping itu, sedapat mungkin jauhi menggunting perbincangannya, menuntaskan ucapannya, atau terus menanyakan apa yang ingin dia ucapkan.

 

3. Usahakan selalu untuk berbicara dengan tenang

Selainnya memerhatikan apa yang anak ucapkan, coba untuk berbicara dengan tenang dan perlahan-lahan. Bikinlah situasi rumah jadi tenang, nyaman, dan minta bagian keluarga lain untuk bicara dengan tenang ke anak Anda.

 

4. Jauhi pengucapan tertentu

Saat ketahui anak alami gagap, Anda kemungkinan ingin menjelaskan, “Berbicaralah perlahan-lahan!” atau “Coba berbicara lebih terang!”. Walau maksudnya baik, Anda disarankan untuk menghindar pengucapan itu supaya anak tidak kehilangan keyakinan dianya.

 

5. Bawalah anak membaca

Anda bisa juga ajak anak untuk membaca dengan suara yang keras. Langkah ini bisa mengajari anak Anda untuk bernapas secara baik saat bicara. Walau kemungkinan awalannya susah, coba untuk menolongnya secara perlahan-lahan.

 

Disamping itu, coba sempatkan diri untuk berbicara berdua dengan anak Anda. Ini diharap bisa mempertingkat kekuatannya dalam berbicara.

 

Gagap pada anak kerap kali dapat alami pembaruan dalam kurun waktu beberapa waktu, seandainya Anda teratur latih dan menuntunnya dalam bicara. Tetapi, bila gagap pada anak Anda tidak juga lenyap sesudah lebih dari enam bulan, seharusnya selekasnya tanyakan ini ke dokter anak.

 

Sumber:alodokter.com

Baca Juga: Resep makanan anak wajib bernutrisi

, ,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *