Tips agar Anak mau Makan Sayur

Tips agar Anak mau Makan Sayur
Sumber: Mediaindonesia.com

Tips agar Anak mau Makan Sayur karena hingga saat ini masih cukup banyak anak yang tidak sukai makan sayur. Walau sebenarnya, dalam sayur kaya dengan nutrisi penting, seperti vitamin, mineral, anti-oksidan, serat, dan air, yang diperlukan untuk memberikan dukungan tumbuh berkembang anak, dan menolong melindunginya dari penyakit. Mau tahu bagaimanakah cara mengakalinya?

 

Tiap orangtua tentu ingin supaya keperluan nutrisi anaknya tercukupi, terhitung vitamin, mineral, dan serat yang terdapat banyak dalam sayur. Tetapi sayang, beberapa anak nyaris selalu menampik makan sayur. Bila dimarahin atau dipaksakan, anak malah akan semakin berontak dan membenci sayur.

 

Tenang, Bun, merayu Si Kecil untuk mau makan sayur perlu strategi khusus. Ada beberapa cara yang bisa Bunda coba untuk bikin Si Kecil tertarik makan sayur.

 

Tips agar Anak mau Makan Sayur

Tujuh Panduan supaya Si Kecil Sukai Makan Sayur

Anak umur 4-8 tahun perlu konsumsi 2 sampai 4 jatah sayur tiap hari. Konsumsi sayur ini dapat didapat diantaranya dengan konsumsi satu gelas juice tomat, satu mangkok bayam, dua wortel potong, satu mangkok ubi rebus, satu gelas kacang hijau, atau satu mangkok jagung pipil.

 

Hal yang penting jadi perhatian ialah langkah pemberiannya. Bila Si Kecil sulit makan sayur, Bunda dapat coba beberapa cara ini:

1. Ajaknya turut pilih dan memproses sayur

Diamkan Si Kecil pilih sendiri sayur yang memikat perhatiannya, saat belanja di supermarket atau pasar. Minta Si Kecil untuk menolong membersihkan dan menggunting sayur, selanjutnya ikutsertakan ia saat Bunda mengolah. Dengan demikian, dia akan senang makan sayur yang diputuskan dan diolahnya sendiri.

 

2. Padankan sayur dengan makanan favorite anak

Si Kecil sukai pizza, nasi goreng, atau sosis? Yok, padankan sayur pada makanan kesukaannya. Beberapa anak kemungkinan tidak sukai makan sayur yang direbus atau dikukus karena rasanya pahit atau cemplang. Tetapi jika dipadankan dengan makanan favorite anak, sayur akan berasa lebih nikmat dan beberapa anak kemungkinan menyenanginya.

 

Bunda bisa coba langkah cepat memakai miracle fruit yang bisa mengganti semua rasa makanan jadi manis. Tetapi, akan lebih bagus kembali bila Bunda memakai makanan yang kandungan gizinya bisa berguna untuk anak.

 

Bunda bisa memberinya sauce keju atau yoghurt sebagai pengiring menu sayur Si Kecil. Bunda bisa juga ajak Si Kecil membuat pizza dengan taburan sayur yang telah dipotong kecil-kecil; atau membuat sup dengan menambahkan sayur, seperti wortel dan brokoli, dengan bakso, daging ayam, atau sosis.

 

Sementara untuk anak yang balita, Bunda bisa memberinya bubur dengan kombinasi sayur dan beberapa bahan lain, seperti daging ayam, makaroni, atau keju, supaya rasanya nikmat.

 

3. Berkreatifitas dengan sayur

Bawalah Si Kecil berkreatifitas dengan sayur, misalkan membuat wujud hewan di atas nasi memakai potongan sayur, seperti wortel, tomat, atau rumput laut. Bunda bisa juga menggunting kentang dan wortel memakai cetakan khusus dengan wujud yang lucu.

 

4. Coba terus

Bila sekarang ini Si Kecil tidak mau makan sayur tertentu, belum pasti dia akan selanjutnya tidak menyenangi sayur itu, lho, Bun. Beberapa anak kemungkinan perlu seringkali coba satu tipe makanan yang baru, saat sebelum mereka mulai menyenanginya.

Maka coba tawari dan beri kembali sayur itu ke Si Kecil di lain kali. Tetapi, beri dalam jatah kecil dahulu ya, Bunda.

 

5. Puji anak apabila sudah makan sayur

Sebagai wujud penghargaan dan untuk menyemangati anak, janganlah lupa beri sanjungan setiap anak telah konsumsi sayur. Tetapi ingat, tidak boleh memberinya anak makanan yang kurang sehat sebagai hadiah karena telah mau makan sayur.

 

Jika Bunda menjelaskan, “Jika bayamnya habis, kamu bisa makan kentang goreng,” karena itu Si Kecil akan jadi lebih tertarik dengan kentang goreng dibanding bayam. Yang akan datang, dia tetap pilih makanan yang kurang sehat.

 

6. Mengbawa temannya yang suka makan sayur untuk makan bersama

Anak bisa saja akan terpacu untuk makan sayur saat dia menyaksikan beberapa temannya makan sayur . Maka, kadang-kadang bawalah rekan Si Kecil yang suka makan sayur untuk makan bersama.

 

7. Memberinya contoh

Sudah pasti anak tidak tertarik konsumsi sayur bila dia menyaksikan ayah dan ibunya pun tidak sukai makan sayur . Maka, bila ingin melatih Si Kecil makan sayur, yakinkan Bunda dan Ayah juga terlatih makan sayur ya. Kemudian, beri contoh pada Si Kecil.

Nach, saat ini tak perlu kebingungan kembali untuk ajak anak makan sayur ya, Bun. Apa lagi sekarang ini telah banyak resep masakan sayur untuk anak yang dapat Bunda coba, agar Si Kecil tidak jemu. Dengan lakukan bermacam panduan di atas dan membuat bermacam masakan sayur yang nikmat, lama-lama Si Kecil pasti sukai makan sayur.

 

Sumber:alodokter.com

Baca Juga: Makanan yang membantu perkembangan otak

, ,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *