Cara Mengatasi Cadel pada Anak

Cara Mengatasi Cadel pada Anak
Sumber:harmonionline.net

Cara Mengatasi Cadel pada Anak yang perlu para orang tua ketahui. Biasanya beberapa anak bisa bicara secara jelas saat berumur tujuh tahun. Jika anak masih cadel pada umur itu, sebaiknya orangtua coba menolong menanganinya. Masalahnya bila tidak diatasi secara tepat, cadel pada anak dapat bersambung sampai dewasa.

Umumnya beberapa anak yang cadel tidak dapat ucapkan kalimat yang menggunakan beberapa macam huruf konsonan, seperti huruf D, L, N, R, S, T, atau Z. Bila salah satunya huruf itu ada pada namanya, ini kemungkinan membuat Si kecil susah menjelaskannya. Bukan mustahil keadaan itu bisa mempengaruhi keyakinan dianya dan berpengaruh pada kehidupan sosialnya secara detail.

Bermacam Pemicu Cadel pada Anak

Ada banyak hal yang dapat memacu beberapa anak alami cadel, misalnya:

1. Pemakaian dot atau empeng

Rutinitas menghisap dot dapat membuat lidahnya terlatih untuk tergerak di depan dan ada di giginya. Ini dapat membuat tidak dapat ucapkan huruf S dan Z secara jelas.

 

2. Tongue-tie

Keadaan yang sering disebutkan ankyloglossia ini terjadi saat jaringan ikat yang melekat di bawah lidah, sampai sisi bawah rongga mulut ukuran terlampau pendek.

 

Keadaan ini membuat gerakan lidah anak jadi terbatas, hingga mengusiknya saat bicara, makan, dan menelan. Umumnya, masalah ini terjadi pada bayi baru lahir.

 

3. Lidah memiliki ukuran besar atau terlampau menjuru ke luar gigi

Keadaan ini juga dikenal dengan macroglossia. Lidah yang memiliki ukuran besar dapat mengakibatkan anak alami cadel. Keadaan ini dikenali dengan panggilan cadel antargigi (interdental) dan sering terjadi pada pasien sindrom Down.

 

Cara Mengatasi Cadel pada Anak

Orangtua bisa mengaplikasikan beberapa cara berikut untuk mengatasi cadel pada anak:

  • Lakukan anak minum dengan sedotan. Pergerakan menghisap dengan sedotan ini dapat latih kemampuan motorik mulutnya. Ini penting untuk meningkatkan kekuatannya dalam bicara.
  • Latih status lidah dan mulut anak saat ucapkan beberapa huruf yang susah dia katakan secara benar. Supaya Si Kecil dapat mengingatnya, mengbawa dia latihan di muka cermin.
  • Mengbawa anak lakukan permainan yang dapat latih kemampuan motorik mulutnya, seperti tiup trompet mainan atau tiup gelembung air sabun.
  • Meminta anak berusaha untuk ucapkan kemauannya secara jelas, saat sebelum menurutinya.
  • Ajari anak sekerap kemungkinan untuk ucapkan kalimat dari huruf yang tidak dapat disampaikan dengan jelas.

Sebagai cara penangkalan, dianjurkan untuk batasi atau menghindar penggunaan empeng. Bila memang dibutuhkan, Bunda dapat pilih empeng sama ukuran yang pas untuk umur atau ukuran mulut Si Kecil.

 

Cukup pakai empeng cuman saat dia akan tidur, selanjutnya bebaskan empeng sesudah Si Kecil lelap. Jauhi biarkan memakai dot selama waktu. Tetapi, lebih dianjurkan untuk memisahkannya dari empeng saat anak telah mencapai umur 18 bulan.

 

Bila Bunda dan Ayah cemas dengan cadel yang dirasakan Si Kecil, dianjurkan untuk mengantarnya ke arah tempat therapy wicara. Bila perlu, tanya pada dokter mengenai pengatasan klinis yang dapat dilaksanakan untuk menanganinya, misalkan operasi frenuloplasty bila Si Kecil alami tongue-tie.

 

Sumber:alodokter.com

 

Baca Juga : Cara Mengatasi Mood Swing pada anak

 

,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *