Pentingnya Pendidikan Seksual untuk Anak

Pentingnya pendidikan seksual untuk anak
Sumber:dalduksulbar.com

Pentingnya pendidikan seksual untuk anak agar diajarkan dengan benar. Beberapa orang berasumsi jika pendidikan seksual sebagai hal yang tabu untuk dibahas dengan anak saat sebelum mereka dewasa. Walau sebenarnya, ini malah bisa memberinya pengetahuan ke anak dan memperlengkapi anak supaya lebih sadar dan perduli dengan kesehatan seksual mereka nanti.

 

Pendidikan seksual sebagai info penting yang harus dipahami oleh anak. Lewat dialog sekitar beberapa hal yang memiliki sifat seksual, anak juga dapat semakin pahami keutamaan seksualitas sebagai sisi dari kesehatan badan, bukan sekedar jalinan di antara wanita dan pria.

Pentingnya pendidikan seksual untuk anak

Faedah Memberinya Pendidikan Seksual ke Anak

Bersamaan mengembangnya tehnologi dan keringanan akses info sekarang ini, penting untuk anak untuk memperoleh pendidikan sex yang tepat dan pas sejak awal kali.

Berikut ialah bermacam faedah memberinya pendidikan sex untuk anak sejak awal kali:

1. Mencegah dampak jelek media dan lingkungan

Ulasan sekitar sex bisa membuat perlindungan anak dari imbas negatif bermacam content tertentu di siaran tv atau internet.

Disamping itu, pengetahuan mengenai dunia pertemanan harus juga Anda beri supaya anak tidak terperosok dalam hubungan seksual bebas atau perlakuan kriminil, seperti lakukan pemerkosaan atau kekerasan seksual.

 

2. Membuat keyakinan di antara orangtua dan anak

Mengulas sex secara terbuka dengan anak malah memberikan Anda peluang untuk memberinya info yang sama sesuai dan tepat sekitar sex. Dengan begitu, anak tidak cari sumber sendiri yang belum pasti pas atau malah tidak pantas, misalkan video porno.

 

3. Membuat anak pahami mengenai resiko dan menghargakan diri

Dialog mengenai sex membuat anak mengetahui jika dia harus membuat perlindungan dan menghargakan badannya sendiri. Semua tindakan pada badannya harus mendapatnya kesepakatan dari dirinya dan jangan dipaksa.

 

Pendidikan sex membuat anak belajar pilih, berlaku, dan bertanggungjawab atas tindakannya. Dengan begitu, mereka bisa ketahui resiko saat mulai aktif secara seksual, seperti kehamilan dan penyakit menyebar seksual.

 

  • Saat yang Pas untuk Memberinya Pendidikan Seksual ke Anak

Pendidikan seksual untuk anak seharusnya diberi sedini kemungkinan. Saat berumur 3 atau empat tahun, anak mulai memerhatikan dunia disekelilingnya dan dia mulai akan belajar untuk mengenal badannya sendiri dan memperbandingkan diri dengan beberapa temannya.

 

Anak kemungkinan mulai akan mengetahui jika wanita dan lelaki itu berlainan. Saat anak mulai mengeksploitasi lingkungannya, ini sebagai peluang untuk orangtua untuk memberinya pengetahuan dasar berkenaan seksualitas.

 

Pendidikan sex untuk anak seharusnya diberi dengan bertahap sepanjang anak masih ada di bawah bimbingan dan pemantauan orangtua.

 

  • Langkah Berunding Sekitar Sex dengan Anak

Dialog sekitar sex dengan anak memang seharusnya dilaksanakan dengan tepat supaya mereka pahami mengenai keutamaan pendidikan sex. Berikut ialah cara-cara yang dapat Anda kerjakan untuk memberinya pendidikan seksual pada anak sama sesuai umurnya:

    • Umur balita

      Saat umur balita, anak mulai pelajari beberapa nama organ dan sisi badannya. Terangkan secara perlahan-lahan dan ketahui bermacam organ intim di badannya, seperti penis, payudara, dan vagina.

      Anda juga bisa manfaatkan peristiwa setiap hari atau siaran tv untuk mengusung topik mengenai sex. Misalkan, bila ada bagian keluarga yang hamil, bawalah anak untuk menyeka perut si ibu hamil dan beritahu jika ada adik bayi yang tidur didalamnya.

      Hal yang tidak kalah penting ialah beritahu anak jika tidak ada yang bisa sentuh anggota badan intimnya, terkecuali orangtua atau pengasuh yang Anda yakin.

    • Umur sekolah

      Saat umur sekolah, anak mungkin malu untuk mengulas mengenai minat mereka dengan musuh tipe. Tetapi, berlakulah empati dan dengar ceritanya secara cermat.

      Anda bisa buka percakapan saat beraktivitas bersama, seperti melihat TV, jalanan, atau makan. Ini akan membuat anak semakin nyaman untuk bercerita apa yang mereka alami dan mempermudah mereka terima info yang Anda beri.

      Anda dapat memberinya perbekalan mengenai langkah selamatkan diri bila ada orang asing yang ingin sentuh badannya secara tidak santun atau beberapa hal yang tidak bagus dilaksanakan pada rekan dengan tipe kelamin yang lain.

Beberapa Pertanyaan dan Referensi Jawaban Sekitar Seksualitas

Mayoritas orangtua tentu pernah merasakan ketidaktahuan saat anak mendadak menanyakan beberapa hal peka sekitar sex. Berikut ialah contoh-contoh pertanyaan yang kemungkinan disodorkan oleh anak umur balita sekalian jawaban yang bisa jadi referensi Anda untuk dipakai:

Pertanyaan: Mengapa saya punyai penis, tetapi rekan wanitaku tidak?
Jawaban: Badan lelaki dan wanita memang berlainan.

Pertanyaan: Bagaimana bayi dapat ada di perut ibu?
Jawaban: Ibu dan ayah membuat bayi bersama dengan khusus.

Pertanyaan: Bagaimanakah cara bayi dilahirkan?
Jawaban: Ibu keluarkan bayi dari kandungan dengan kontribusi dokter dan bidan.

Pertanyaan: Mengapa dada ibu besar?
Jawaban: Badan wanita akan berbeda sesudah dewasa kelak.

Saat mulai mencapai umur tujuh tahun, beberapa anak akan memberinya pertanyaan yang lebih kompleks dan memerlukan jawaban yang lebih detil, seperti pemahaman menstruasi. Anda dapat menjawab jika menstruasi ialah pertanda jika wanita dapat mempunyai bayi.

 

Anda bisa menerangkan mengenai proses menstruasi dan menunjukkan produk pembalut wanita yang perlu dipakai saat menstruasi. Pada anak lelaki, pengetahuan ini akan membuat lebih menghargakan proses alami yang terjadi pada wanita.

 

Disamping itu, pertanyaan yang lain kerap ada ialah sekitar ereksi. Anda mulai bisa menerangkan dengan singkat pemicu penis menegang waktu dipegang atau tidur. Terangkan bila ereksi bermula saat menyaksikan, rasakan, mencium, dengar, atau pikirkan suatu hal yang menggairahkan pembuluh darah di penis.

 

Keterangan Anda dapat terang dan menarik bila ditolong dengan gambar anatomi badan manusia yang tersedia banyak di internet. Samakan dengan umur anak dan terangkan resiko terkait seksual saat sebelum menikah dan tanpa memakai pengaman ke anak.

 

Selainnya beberapa pertanyaan di atas, anak kemungkinan bertanya beberapa hal yang tidak tersangka. Bersiap-siaplah dengan semua pertanyaan yang mereka sampaikan dan beri keterangan sesuai info yang tepat. Berikan secara gampang untuk dimengerti dan bikinlah mereka nyaman.

 

Bila masih bimbang bagaimanakah cara memberinya pendidikan sex untuk anak, tanyakan ke dokter atau psikiater anak untuk memperoleh keterangan berkenaan langkah yang terbaik untuk mengulas ini ke anak Anda.

 

sumber:alodokter.com

Baca Juga : Ciri-ciri anak sehat jasmani dan rohani

,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *