Cara Mengatasi Mood Swing pada Anak

Cara Mengatasi Mood Swing pada Anak
Sumber:honestdocs.id

 

Cara Mengatasi Mood Swing pada Anak yang perlu dipelajari oleh orang tua. Situasi hati Si Kecil gampang berbeda, dari ketawa mendadak jadi geram? Tenang Bunda dan Ayah, situasi hati anak yang gampang berbeda (mood swing) dapat ditangani dengan beberapa cara di bawah ini.

 

Mood swing sebagai hal yang lumrah terjadi dan biasanya cuman berjalan sepanjang sesaat. Pada anak, mood swing kerap kali disebabkan karena minimnya konsumsi gizi dan peralihan hormon dalam periode perkembangan. Mood swing umumnya dirasakan oleh anak yang mulai bergerak remaja atau masuk periode pubertas.

 

Cara Mengatasi Mood Swing pada Anak

Saat hadapi anak yang mengalami mood swing, orangtua tak perlu cemas dan frustrasi, apa lagi sampai melakukan tindakan kasar. Ada beberapa kiat yang bisa dilaksanakan Bunda dan Ayah untuk menolong anak mengatasi mood swing dan mengontrol emosi mereka.

Turuti beberapa langkah simpel berikut ini untuk tangani mood swing pada anak:

1. Dapatkan penyebab mood swing

Orangtua dapat cari tahu penyebab anak mengalami mood swing, misalkan dengan bertanya aktivitas apa yang baru dilakukan, bagaimana aktivitas di sekolah atau makanan apa yang baru dimakannya. Kemudian, cari cara untuk mengatasi penyebab itu.

 

Bila anak tidak ingin menjawab, orangtua dapat mengubah perhatiannya dengan ajaknya makan, membaca buku, melihat TV atau bermain games untuk sebentar. Sesudah dia berasa tenang, baru tanya kembali apa yang membuat gusar.

 

2. Buat agenda aktivitas yang teratur

Memutuskan agenda makan, tidur atau bermain yang teratur ialah cara yang lain bisa orangtua kerjakan untuk mengatasi mood swing pada anak. Kehidupan yang teratur bisa menolong kurangi beban pemikiran anak. Beri agenda yang seimbang di antara kewajibannya dengan selingan dan wisata.

 

3. Penuhi keperluan gizi

Kandungan gula darah yang tidak konstan bisa juga tingkatkan resiko anak mengalami mood swing. Untuk itu wajib untuk Bunda dan Ayah jaga konsistensi gula darah Si Kecil. Triknya dengan memberi dia makan pagi yang kaya protein, karbohidrat, dan serat.

 

Janganlah lupa untuk teratur memberi cemilan sehat untuk anak tiap beberapa saat sekali supaya ia tidak lapar. Keadaan badan yang lapar akan memacu anak mengalami mood swing.

 

4. Lakukan anak untuk olahraga

Sama seperti seperti orang dewasa, teratur olahraga berguna juga untuk jaga situasi hati anak masih tetap baik. Bawalah anak untuk lakukan olahraga yang membahagiakan dan dicintainya, misalkan jogging di taman, naik sepeda, berenang, atau bermain basket dengan keluarga atau rekan sepantarannya.

 

Selainnya olahraga, Bunda dan Ayah dapat ajak Si Kecil bermain musik atau melukis.

 

5. Tulis setiap peralihan situasi hatinya

Buat catatan setiap kali anak mengalami mood swing. Apa makin kerap dan atau kronis? Apa mengusik perkembangan dan perubahannya? Bila jawabnya tidak, orangtua sesungguhnya tak perlu terlampau cemas. Catatan ini dapat menolong orangtua untuk mendapati penyebab anak mengalami mood swing.

 

Beberapa anak memang lumrah mengalami peralihan situasi hati, khususnya anak yang bergerak remaja. Tetapi bila mood swing yang dirasakan sampai mengusik rutinitas dan kualitas tidur anak, selekasnya kontrol Si Kecil ke dokter anak atau psikiater anak. Begitupun bila ada kisah stres atau kekhawatiran dalam keluarga.

 

Sumber:alodokter.com

 

Baca Juga: Penyebab dan solusi mengatasi gagap pada anak

,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *