Surat lamaran kerja via email secara resmi

Surat lamaran kerja via email secara resmi di zaman kekinian seperti sekarang ini, semakin banyak dicari oleh mereka yang kini sedang mencari kerja. Dahulu, surat lamaran kerja dulu memang dikirim melalui pos atau diantarkan langsung ke perusahaan/kantor. Tetapi saat ini, telah ada tehnologi internet dan surat electronic yang seringkali disebutkan dengan email.

 

Dengan email ini, beberapa pencarian kerja dapat mengirim surat lamaran kerja ke perusahaan lebih gampang, tanpa perlu beli amplop, perangko, dan kepentingan surat-menyurat yang lain.

 

Tehnologi yang makin hebat saat ini menolong seorang dalam bermacam hal yang karakternya memudahkan pekerjaan. Salah satunya yang diringkankan dan jadi gampang ialah tehnologi pengirim surat lewat surat electronic atau e-mail. Surat menjadi bisa lebih cepat sampai dan diterima langsung secara individu.

 

Ini jadi salah satunya langkah perusahaan untuk buka peluang beberapa calon pegawai dengan mengirim surat lamaran pekerjaan lewat e-mail. Faksi perusahaan kelihatannya saat ini telah lebih suka memakai tehnologi email ini.

 

Karena itu, banyak beberapa perusahaan yang buka lowongan kerja dan mempersilahkan siapa saja yang berminat mendaftarkan untuk mengirim surat lamaran kerja dan kelengkapannya melalui email.

 

Jika kamu sedang cari kerja dan perusahaan yang kamu incar mempunyai alamat email, kamu dapat cari contoh surat lamaran kerja via email secara resmi untuk selanjutnya kamu menjadikan referensi saat mengirimi lamaran ke perusahaan itu melalui email. Pada intinya tidak ada yang lain pada pola membuat surat lamaran pekerjaan secara tradisionil atau lewat e-mail.

 

Banyak hal yang penting disiapkan untuk mengirim surat lamaran kerja via email, salah satunya:

 

  • Siapkan surat lamaran pekerjaan di dalam pola arsip di MS. Word, Notepad atau PDF dan pola yang lain yang kelak dapat diunggah/upload.
  • Masukkan Daftar Kisah Hidup (Curriculum Vitae)
  • Scan Ijazah
  • Scan Sertifikat
  • Scan KTP
  • Pasfoto
  • Surat – surat lain ( seperti keinginan perusahaan tempat melamar kerja)

 

Tata langkah mengirimi surat lamaran kerja via email secara resmi

 

1. Taruh beberapa berkas itu jadi satu folder yang nanti di upload ke e-mail. Yakinkan ukuran file tidak besar, karena batas sekali kirim e-mail rerata memiliki 25MB sekali kirim. File yang terlampau besar membuat proses pengunggahan jadi lama. Yakinkan semua arsip yang bakal Anda kirim sudha tersusun rapi dan tidak salah.

 

2. Yakinkan Anda mempunyai account pada email yang aktif dan kerap dipakai hingga bisa ketahui pernyataan secara cepat. Beberapa contoh account email yang umum dipunyai warga Indonesia ialah Gmail dan Yahoomail.

 

Bila Anda tidak mempunyai account email, Anda dapat membuat memakai salah satunya penyuplai layanan service email itu. Langkah membuat gampang hingga Anda perlu mengikut cara yang telah ada.

 

3. Yakinkan account email Anda mempunyai nama sesuai identitas Anda. Dapat nama komplet supaya kelihatan lebih individual dan professional. Pada menu dalam proses pengangkutan surat ada kolom arah (To: ) yang dapat dipakai untuk menulis alamat pengangkutan surat itu. Alamat ini dapat berbentuk email resmi perusahaan, atau langsung di bagian rekrutmen.

 

4. Ada kolom CC atau BCC yang mempunyai peranan seperti tembusan pada pihak yang berkaitan atau diperlukan. Tetapi ini dilaksanakan bila memang dibutuhkan. Subject dan Judul Email Harus jelas.

satunya norma membuat surat lamaran kerja lewat email dengan memberikan judul email yang tidak berbelit-belit dan memusingkan perekrut.

Pilih judul email sesuai arah yang ingin dikatakan lewat email itu, nama dan status yang dilamar.

 

5. Dalam email bakal ada menu opsi yang dapat dipakai untuk menyertakan beberapa data simpatisan lamaran kita, namanya attachment. Lambang dari attachment ini berbentuk pin spiral yang umumnya berada di bagian bawah situs penulisan surat.

 

Surat lamaran pekerjaan memakai email tidak memerlukan wujud surat secara berupa kertas (print out). Hingga lebih singkat dan dapat memuat banyak data yang diperlukan serta yang paling menyenangkan ialah kita tidak perlu menulis, jadi tidak perlu khawatir jika tulisan kita kurang bagus.

 

Baca Juga : Contoh surat lamaran kerja yang benar agar mudah diterima

 

Setelah Kalian mengetahui langkah membuat surat lamaran kerja tadi,

 

Berikut adalah beberapa contoh surat lamaran kerja via email secara resmi

 

1. Contoh surat lamaran kerja secara resmi yang menarik

 

Menulis surat lamaran kerja lewat e-mail bukan memiliki arti surat lamaran kerja dapat dicatat dengan asal-asalan dan sewenang-wenang. Surat lamaran kerja tetap harus memikat buat dibaca supaya faksi HRD yang membacanya semakin tertarik kembali dan pada akhirnya ingin panggilmu ke step interviu.

 

Berikut ini ialah contoh surat lamaran kerja lewat e-mail yang dicatat dengan menarik dan pantas ditiru dan Langkah mengirimi lamaran kerja melalui e-mail.

 

Contoh 1.

Ini adalah contoh senderhana dari surat lamaran kerja secara resmi yang baik

 

To          : [email protected]
Cc          : [email protected]
Subject : Internal Web Designer (kode Jabatan)

 

 

Dengan hormat,

 

Sesuai dengan informasi yang ada pada website bahwa PT. Barara Family sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai Web Designer, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama : Rania Alnamira

Alamat : Jln. sukoharjo, No. 11, Yogyakarta

TTL : Sleman, 5 mei 1990

Pendidikan : D3 Website Designer, Institut Seni Indahkarya

 

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.

 

Bersama dengan surat ini saya juga melampirkan daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu ke dalam bentuk attachment yang bisa diunduh.

 

Besar harapan saya untuk menghadiri panggilan tes dan wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.

 

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

 

 

Hormat saya,

 

Rania Alnamira

 

Contoh 2

 

Mirip dengan surat lamaran kerja diatas, walaupun via email, surat lamaran kerja harus tetap menarik dan ditulis dengan format yang baik dan benar. Jika ditulis dengan asal-asalan, kemungkinan tidak akan mungkin pihak HRD tertarik dengan surat lamaran yang ditulis dan akan memanggilmu untuk interview. maka dari itu, tulis surat lamaran kerjamu seperti contoh surat lamaran kerja via email yang baik dan benar.

 

 

To : barara@family.id
Cc : –
Subject : Surat Lamaran Kerja

 

Dengan hormat,

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama                                : Rania Alnamira

Tempat, Tanggal Lahir : Sleman, 11 Mei 1996

Umur                                : 25 tahun

Jenis Kelamin                : Perempuan

Status                              : Belum Menikah

Pendidikan Terakhir   : S1 Bahasa Indonesia

No. Telepon                   : 081335779778

Alamat Rumah             : Jl. Sukoharjo No.11 Yogyakarta

 

Dengan surat lamaran ini saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi customer service.

 

Sebagai bahan pertimbangan saya telah melampirkan beberapa berkas penting sebagai berikut:

 

  • Daftar Riwayat Hidup
  • Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Scan Ijazah Terakhir
  • Scan Surat Keterangan Dokter
  • Pas Photo format .jpeg (1 file)

 

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat, dengan lamaran ini kami berharap agar dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Terima kasih

 

 

Hormat saya,

 

Rania Alnamira

 

Contoh 3

 

Untuk contoh ini adalah surat lamaran kerja via email secara resmi dalam bahasa inggris, jika kalian hendak melamar pekerjaan di Perusahaan International atau Multinasional Kalian sebaiknya menggunakan surat lamaran dalam bahasa inggris, Karena itu biasanya yang mereka inginkan dan dapat mengetahui seberapa baik bahasa inggris yang pemalamar mampu. Berikut contohnya:

 

 

To : [email protected]
Cc : –
Subject : Engineer

 

 

Dear Sir/Madam,

 

I have read your advertisement at Tribun Jogja and found that your company is looking for employees for Engineer position. And I believe it is fit with my background educational as Computer Engineering.

 

My name is Rania Alnamira, I am twenty three years old. I am a fresh graduated from Computer Engineering Department UTY on November this year. My specialization in Engineering Physics is hardware specialist. I consider myself that I have qualifications as you want. I have good motivation for progress and growing, eager to learn, and can work with a team or by myself. Beside that I have good command in English both spoken and written.

 

With my qualifications, I confident that I will be able to contribute effectively to your company. Herewith I enclose my :

 

  • Copy of Bachelor Degree (S-1) Certificate
  • Academic Transcript
  • Curriculum Vitae
  • Recent photograph with size of 4×6
  • I would express my gratitude for your attention and I hope I could be the part of your company.

 

Sincerely,

 

Rania Alnamira

 

Nah, Contoh diatas bisa kalian gunakan sebagai referensi untuk membuat surat lamaran kerja secara resmi, baik kalian lulusan SMK ataupun Sarjana, hanya perlu menyesuaikan saja, yang terpenting ketika menulis harus tetap memperhatikan format secara baik dan resmi agar dapat menarik perhatian dari pihak HRD perusahaan. Semoga bermanfaat.

 

Baca Juga : Contoh surat lamaran kerja bahasa inggris

, ,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *