Cara Mengurus Akte Kelahiran Terbaru Lengkap

Cara Mengurus Akte Kelahiran Terbaru

Cara Mengurus Akte Kelahiran Terbaru Lengkap
sumber:cermati.com

Cara Mengurus Akte Kelahiran Terbaru tentu informasi ini sangat diperlukan bagi pasangan yang baru saya memiliki Kelahiran buah hati kesayangan, tentu saja jadi kebahagiaan tertentu untuk tiap pasangan. Hadirnya lengkapi lingkungan kecil keluarga. Untuk menyambutnya, janganlah lupa untuk membikinkan akta kelahiran untuk sang kecil.

Akta kelahiran ialah bukti syah berkenaan status dan kejadian kelahiran seorang yang dikeluarkan dinas kependudukan dan catatan sipil. Bayi yang disampaikan kelahirannya akan tercatat dalam kartu keluarga dan dikasih nik sebagai dasar untuk mendapatkan servis warga yang lain.

Akta kelahiran penting dan mempunyai banyak faedah. Mulai sebagai document syah berkenaan identitas seorang, syarat mendaftarkan sekolah, salah satunya arsip untuk melamar kerja, sampai sebagai syarat pendataan perkawinan.

Walau peranannya penting, tetapi ada banyak orangtua yang tunda pengerjaan akta kelahiran untuk buah kesayangan mereka. Walau sebenarnya, cara mengurusi akta kelahiran tidak serumit yang dipikirkan.

Merilis dari Dinas Register Kependudukan Kota Aceh, berikut cara mengurusi akta kelahiran yang menjadi rujukan Anda untuk bikin akta kelahiran.

Laporan Kelahiran

Akta kelahiran sebagai syarat khusus untuk seorang bila ingin memperoleh servis khalayak. Sebagai angkatan penerus, beberapa anak mempunyai hak-hak tertentu yang perlu disanggupi negara. Diantaranya yakni mempunyai identitas diri, atau akta kelahiran yang paling mempengaruhi pernyataan kewarganegaraannya.

Cara pertama kali dalam cara mengurusi akta kelahiran dengan mengurusi laporan kelahiran. Tetapi, syarat dari laporan kelahiran yang telah ditetapkan kemungkinan bakal ada ketidaksamaan. Masalahnya tiap wilayah mempunyai keadaan dan daerah domisili yang berbeda. Syarat yang dibutuhkan nanti diantaranya sebagai berikut ini:

  • Dinas
  • Seksi Dinas Kependudukan dan Pendataan Sipil Kecamatan
  • Puskesmas Kecamatan
  • Rumah Sakit, dan
  • Loket servis yang lain.

Seperti UU No. 24/2013 mengenai Pengubahan atas UU No. 23/2006, pendataan akta kelahiran dilaksanakan pada lembaga eksekutor sesuai domisili pelapor. Ongkosnya gratis. Waktu servicenya yakni 5 hari kerja semenjak tanggal diterimanya arsip syarat komplet. Posisi servicenya sendiri ada di Kelurahan.

Untuk mendapatkan service laporan kelahiran harus penuhi syarat berikut:

  1. Surat Info Kelahiran dari Rumah Sakit/ Dokter/ Bidan/ Pilot /Nachkoda
  2. Asli dan foto copy KK untuk penduduk/ SKSKPNP untuk penduduk non-permanen
  3. Asli dan foto copy KTP orang-tua/ SKDS/Surat Info Laporan Tamu
  4. Asli dan foto copy Surat Nikah/Akta Perkawinan Orang-tua
  5. Asli dan foto copy paspor untuk masyarakat negara asing
  6. Surat Info Kepolisian untuk anak yang tidak dikenali asal-usulnya, dan
  7. Surat Info dari instansi sosial untuk kelahiran anak penduduk rawan.

Cara Mengurus Akte Kelahiran Terbaru

Kemudian, Anda jadi orang tua mengurusi akta kelahiran anak di Suku Dinas Dukcapil Kotamadya. Waktu servis 5 hari kerja semenjak tanggal diterimanya arsip syarat komplet. Ongkos dalam cara mengurusi akta kelahiran ini gratis.

Syarat yang dibutuhkan dalam dalam cara mengurusi akta kelahiran sebagai berikut ini:

  • Surat Info Kelahiran dari Kelurahan
  • Asli dan foto copy Surat Info Kelahiran dari dokter/bidan/penolong kelahiran/Nakhoda Kapal
  • Laut atau Pilot Pesawat Terbang dengan menunjukkan aslinya
  • Surat Nikah/Akta Perkawinan orang-tua
  • Foto copy KK dan KTP orang-tua
  • Nama dan identitas saksi laporan kelahiran
  • Kesepakatan Kepala Dinas/Suku Dinas dalam soal pelaporannya melewati 60 hari semenjak tanggal kelahirannya.

Proses Pengerjaan Akta Kelahiran Baru

  • Nomor Induk Kependudukan
  • Kartu Keluarga yang sudah diperbarui
  • Akta Kelahiran
  • Kartu Identitas Anak
  • e-ID BPJS Kesehatan.

Step Pertama: Pemohon atau pelapor isi formulir dan kumpulkan syarat

  1. Pemohon isi formulir yang telah disiapkan faksi Puskesmas, RS atau Klinik
  2. Kumpulkan syarat sebagai berikut ini: KK Asli – Foto copy akta nikah orang-tua 1 helai – Foto copy KTP orang-tua 1 helai – Foto copy KTP dua orang saksi 1 helai

Step Ke Dua : Faksi Puskesmas, RS atau Klinik menginput data

  1. Admin Puskesmas, RS atau Klinik terima syarat pemohon
  2. Admin menginput permintaan pemohon lewat program Sang Dukun 3 in 1
  3. Admin lakukan scan arsip, selanjutnya mengupload syarat lewat program itu.

Step Ke Tiga : Faksi Dukcapil mengonfirmasi kelengkapan pemohon yang diinputkan faksi Puskesmas, RS atau Klinik

  1. Faksi Dukcapil mengonfirmasi data inputan admin Puskesmas, RS atau Klinik
  2. Faksi Dukcapil mengonfirmasi data upload syarat pemohon
  3. Faksi Dukcapil mengolah document kependudukan, yaitu NIK, KK, Akta Kelahiran, KIA, No ID
  4. Kepersertaan BPJS Kesehatan untuk bayi
  5. Faksi Dukcapil mengirimi document kependudukan ke Puskesmas, RS atau Klinik.

Step Terakhir: Selesai

Bila semua arsip telah diurus seperti sesuai ketetapan di atas, karena itu usai dan tinggal menanti saja.

 

Catatan untukibu yang baru melahirakan khusu masyarakat jakarta :

Telah Tahukah masyarakat jakarta terutamanya untuk ibu yang bakal melahirkan sekarang pengerjaan Akta kelahiran dan KIA Bayi lebih mudah lewat program sang dukun 3 in 1
Cukup tiba ke PUSKESMAS, RS DAN KLINIK yang sudah Terpadu program SI DUKUN 3 IN 1 yang bekerja bersama dengan Dinas Kependudukan dan Pendataan Sipil, dan bawa syarat sebagai berikut ini:

  • Mempersiapkan nama bayi
  • Kartu Keluarga (KK) Asli
  • Photo Copy Akta Nikah
  • Orang Tua 1 Helai Photo
  • Copy KTP Orang Tua 1
  • Helai Photo Copy KTP 2
  • Orang Saksi 1 Helai

Lalu Bagaimana Cara Lakukan Pengurusanya ?
Untuk Ibu yang bakal melahirkan Cukup tiba ke PUSKESMAS, RS DAN KLINIK yang sudah Terpadu program SI DUKUN 3 IN 1 yang bekerja bersama dengan Dinas Kependudukan dan Pendataan Sipil dan bawa dan lengkapi syarat, kemudian

1. Pemohonan dan memberi syarat pada pihak Puskesmas, Rumah Sakit dan Klinik
2. Faksi Puskesmas Menginput dan ajukan permintaan lewat Program SI DUKUN 3 IN 1
3. Faksi Dukcapil Memverivikasi dat inputan dan unggah dari Puskesmas , Rumah Sakit dan klinik
4. Faksi dukcapil mengantar document kependudukan pada pihak Puskesmas, Rumah Skit dan Klinik
5. Faksi Puskesmas, Rumah Ssakit dan Klinik Terima document Kependudukan dan memberi ke pemohon
6. Pemohon Terima Document Kependudukan, Yakni :

  • a. Nomor Induk Kependudukan bayi
  • b. Akta Kelahiran Bayi
  • c. KartuKeluarga Baru
  • d. e-ID Bpjs Kesehatan
    Tidak boleh Lupa Tulis Syaratanya Karena document kependudukan sangat penting.

Faedah Akta Kelahiran

Sesudah ketahui cara mengurusi akta kelahiran, Anda dapat berasa tenang karena Anda sudah mengurusi document yang bakal benar-benar bermanfaat untuk kehidupan anak Anda.

Ya, faedah akta kelahiran bukan hanya sebagai document mengenai identitas seorang. Akta kelahiran akan dipakai oleh seorang bahkan juga saat dianya telah dewasa kelak. Beberapa faedah akta kelahiran itu diantaranya ialah:

  • sebagai bentuk pernyataan negara berkenaan status seorang pribadi
  • perdata dan kewarganegaraan seorang
  • sebagai bahan referensi penentuan identitas dalam document lain, misalkan ijazah
  • sebagai salah satunya syarat saat akan mendaftarkan sekolah TK sampai perguruan tinggi.
  • sebagai salah satunya syarat untuk melamar kerja
  • sebagai syarat pengerjaan KIA
  • sebagai syarat untuk pengurusan sokongan keluarga
  • sebagai syarat pendataan perkawinan
  • sebagai syarat pengangkatan anak, legitimasi anak
  • sebagai syarat saat akan mengurusi beasiswa.

Nah, Demikian artikel Cara Mengurus Akte Kelahiran Terbaru, Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara membuat KK baru 

, ,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *