Cara Membuat KTP Elektronik Terbaru

Cara Membuat KTP Elektronik Terbaru

Cara Membuat KTP Elektronik Terbaru
sumber:cermati.com

Cara Membuat KTP Elektronik Terbaru untuk anda yang ingin membutanya perlu membaca artikel ini sampai selesai agar kalian paham. Kartu Tanda Penduduk atau KTP ialah pertanda identitas sah untuk masyarakat negara Indonesia yang sudah mencapai umur 17 tahun. KTP yang diedarkan oleh lembaga eksekutor berlaku di semua daerah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan harus dipunyai jika sudah cukup usia buat pertanda jika seorang itu ialah masyarakat negara asli Indonesia.

 

Mekanisme KTP yang berjalan sekarang ini ialah e-KTP sepanjang umur, maknanya seorang perlu membuat KTP baru 1 barangkali sepanjang hidupnya. KTP penting karena bisa dipakai sebagai syarat pengerjaan document lain seperti paspor dan Surat Ijin Berkendara atau SIM sebagai bukti analisis diri.

 

Buat membuat KTP, ada syarat-syarat dan document pendukung yang harus dipersiapkan. Dalam artikel ini, akan diterangkan berkenaan cara membuat KTP elektronik dan persyaratan yang perlu Anda penuhi.

 

Pemahaman KTP

 

Mencuplik dari disdukcapil.pontianakkota.go.id, berikut sejumlah pemahaman yang perlu dimengerti berkenaan Kartu Tanda Penduduk atau KTP;

 

  1. KTP Elektronik ialah KTP yang mempunyai detail dan pola KTP Nasional dengan sistem penyelamatan khusus yang bertindak jadi identitas sah yang diedarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pendataan Sipil Kabupaten/Kota.
  2. Penduduk harus KTP ialah masyarakat Negara Indonesia dan Orang Asing yang mempunyai ijin Tinggal Masih dan sudah berusia 17 (tujuh belas) tahun atau sudah kawin atau sempat nikah dengan cara sah.
  3. Sidik Jemari ialah hasil reproduksi tapak jemari tangan penduduk yang terdiri dari kelompok jalur garis-garis lembut dengan skema tertentu yang menyengaja diambil dan dicapkan dengan tinta atau mungkin dengan cara lain oleh petugas untuk kebutuhan kelengkapan data penduduk dalam database kependudukan.
  4. Klarifikasi ialah proses pengecekan kebenaran data dan identitas seorang.
  5. Identitas ialah proses untuk tentukan ketunggalan seorang lewat pemadanan sidik jemari.

 

Baca Juga : Cara membuat KK 

Kenapa harus e-KTP?

Project e-KTP didasari oleh mekanisme pengerjaan KTP konservatif di Indonesia yang memungkinkannya seorang bisa mempunyai lebih satu KTP. Ini karena belum ada pangkalan data terintegrasi yang mengumpulkan data penduduk dari semua Indonesia.

Bukti itu memberikan kesempatan penduduk yang ingin melakukan perbuatan nakal pada negara dengan menggandakan KTP-nya. Beberapa salah satunya dipakai untuk beberapa hal berikut ini:

1. Menghindar pajak
2. Mempermudah pengerjaan paspor yang tidak bisa dibikin di semua kota
3. Amankan korupsi
4. Sembunyikan identitas (misalkan oleh beberapa teroris)

Syarat Membuat KTP

1. Syarat membuat e-KTP baru untuk Masyarakat Negara Indonesia (WNI):

Sudah berumur 17 tahun, telah kawin atau sempat kawin
Foto copy KK . Sehingga pada intinya cukup bawa foto copy KK untuk membuat e-KTP baru.

Bila mengarah ketentuan awalnya, syarat membuat e-KTP baru, yaitu (1) Sudah berumur 17 tahun, telah kawin atau sempat kawin; (2) Surat pengantar RT/RW dan Kades atau Lurah; (3) Foto copy KK, Cuplikan akte nikah/akte kawin untuk penduduk yang masih belum berumur 17 tahun, cuplikan akte lahir; (4) Surat info tiba di luar negeri yang diedarkan lembaga eksekutor untuk WNI yang tiba di luar negeri karena berpindah.

2. Syarat penerbitan e-KTP baru untuk orang asing yang punyai ijin masih:

  • Sudah berumur 17 tahun, telah kawin atau sempat kawin
  • Foto copy KK
  • Document perjalanan
  • Kartu ijin tinggal masih.

3. Syarat penerbitan e-KTP untuk WNI yang berpindah dari 1 wilayah ke wilayah lain:

  • Surat info berpindah dari Disdukcapil atau UPT (Unit Eksekutor Tehnis) Disdukcapil Kabupaten/Kota wilayah asal
  • Foto copy KK

4. Syarat penerbitan e-KTP untuk WNI yang tiba di luar negeri:

  • Surat info berpindah dari perwakilan Indonesia
  • Foto copy KK

5. Syarat penerbitan e-KTP untuk orang asing yang punyai ijin tinggal masih di Indonesia harus memberikan surat info berpindah

6. Syarat penerbitan e-KTP karena pengubahan data, bagus untuk WNI atau Masyarakat Negara Asing (WNA) yang punyai ijin tinggal masih:

  • Foto copy KK
  • e-KTP lama
  • Kartu ijin tinggal masih
  • Surat info/bukti pengubahan data

7. Syarat penerbitan e-KTP karena ekstensi untuk orang asing yang punyai ijin tinggal masih:

  1. Foto copy KK
  2. e-KTP lama
  3. Document perjalanan
  4. Kartu ijin tinggal masih

8. Syarat penerbitan e-KTP karena raib atau hancur untuk WNI atau WNA:

  • Surat info raib dari kepolisian
  • e-KTP yang hancur
  • Foto copy KK
  • Document perjalanan RI atau document perjalanan
  • Kartu ijin tinggal masih

9. Proses alat rekaman dan penerbitan e-KTP baru oleh Disdukcapil Kabupaten/Kota di luar domisili bisa dilaksanakan dengan syarat:

  • Tidak lakukan pengubahan data penduduk
  • Foto copy KK.

Syarat Membuat Kartu Identitas Anak

Tidak cuma orang dewasa saja, beberapa anak harus juga memegang kartu identitas. Namanya Kartu Identitas Anak (KIA). KTP anak bukan barang baru kembali, tetapi karena minimnya pengetahuan warga, banyak anak yang masih belum mempunyai KIA. Dalam Perpres Nomor 96 Tahun 2018, pengerjaan KIA harus penuhi syarat:

  • WNI dan orang asing yang punyai ijin tinggal masih, berusia kurang dari 17 tahun dan belum kawin
  • Cara membuat KTP Anak dilaksanakan oleh Disdukcapil atau UPT Disdukcapil Kabupaten/Kota
  • Ketetapan selanjutnya masalah penerbitan KIA akan ditata di Ketentuan Menteri Dalam Negeri (Permendagri).

Untuk dipahami, Permendagri awalnya Nomor 2 Tahun 2016 mengenai KIA digolongkan 2 tipe, yaitu (1) untuk barisan anak umur 0-5 tahun tanpa memakai photo, dan (2) barisan umur 5-17 tahun kurang sehari memakai photo. Syarat buat KTP anak yang tertera dalam ketentuan itu, diantaranya foto copy akte kelahiran, foto copy KTP orang-tua, foto copy KK, dan menyertakan photo ukuran 2×3.

Cara Membuat KTP Elektronik

Cara membuat KTP Elektronik atau e-KTP sesungguhnya sama dengan proses pengerjaan KTP awalnya. Tetapi, di sini akan diperlengkapi dengan ambil sidik jemari dan scan retina mata yang mempunyai tujuan supaya terbentuk data tunggal, yakni tiap seseorang dengan 1 identitas (KTP).

Karena, telah umum terjadi jika satu masyarakat di Indonesia bisa mempunyai beberapa identitas/KTP. Ini karena tidak terdapatnya mekanisme data tunggal yang terintegrasi. Karena itu, pemerlakukan e-KTP ditujukan untuk mengatur administrasi orang per-orang di Indonesia supaya tiap identitas dan mobilisasinya terdaftar dan terlihat dengan jelas dan betul oleh negara.

Mencuplik dari disdukcapil.banyuasinkab.go.id, cara membuat KTP Elektronik (e-KTP) salah satunya ialah:

  • Yakinkan kelurahan atau dusun anda sudah memberikan dukungan service e-KTP
  • Hadirlah dengan bawa foto copy Kartu Keluarga (KK) dan Surat Pengantar RT/RW ke Keluarahan/Dusun di tempat.
  • Mengambil nomor antrean di loket, nantikan sampai diundang oleh petugas yang berkaitan. Janganlah lupa membawa surat panggilan untuk bikin e-KTP dari pemerintahan di tempat.
  • Petugas akan masukkan data dan photo anda secara digital. Yakinkan dan bandingkan data anda dengan data di KTP anda, bila anda tidak pernah memiliki KTP isi formulir F1.01.
  • Tambahkan tanda tangan anda di alat rekam tanda tangan. Yakinkan tanda tangan anda tidak berbeda-rubah kembali selanjutnya karena akan mempersulit bila berbeda dengan document lain seperti paspor, SIM dan sebagainya.
  • Kerjakan penyekenan retina pada alat yang sudah disiapkan.
  • Yakinkan Surat Panggilan anda akan diberi tanda tangan dan distempel oleh petugas berkuasa.
  • Nantikan proses pembuatan seputar dua minggu. Jika e-KTP usai diciptakan anda akan dikasih tahu dan bisa diambil di Keluarahan/Dusun di tempat.

Buat e-KTP Paling Cepat 1 Jam

Jika masihlah ada warga yang menyalahkan pembuatan e-KTP benar-benar lama, semestinya jangan kembali. Karena telah keluar Ketentuan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 19 Tahun 2018 mengenai Kenaikan Kualitas Service Administrasi Kependudukan (link: https://www.kemendagri.go.id/media/documents/2018/08/21dafc9163f7a11f0fa656c2e52a9861.pdf)

  • Dalam Bab II Pasal 3, pengerjaan e-KTP, KK, akte kelahiran, akte perkawinan, akte kematian, surat info berpindah harus dituntaskan dalam kurun waktu satu jam dan paling lama 24 jam (sehari) semenjak syarat dipastikan komplet oleh petugas Disdukcapil Kabupaten/Kota. Tetapi batasan waktu ini tidak berlaku jika terjadi masalah jaringan komunikasi data dan/atau fasilitas prasarananya yang terkait dengan penuntasan document kependudukan.
  • Satu yang harus diingat, buat e-KTP dan document kependudukan lain tidak diambil ongkos atau cuma-cuma. e-KTP berlaku sepanjang umur, hingga tidak perlu kembali diperbarui atau diperpanjang bila periode berfungsinya habis.
  • Bila ada pelaku yang minta uang atas service itu, penerbitan e-KTP lama, masih disuruh surat pengantar RT/RW, laporkan ke call-center Dukcapil Kemendagri (hotline: 1500537, WA: 08118005373, SMS: 08118005373, email: [email protected]), www.lapor.go.id, dan www.sapa.kemendagri.go.id.

Untuk ketahui syarat baru mengurusi document kependudukan lain, seperti KK, surat info penduduk, atau pendataan sipil, seperti akte kelahiran, kematian, perpisahan, pengangkatan anak, sampai pengubahan nama, dapat disaksikan di Perpres Nomor 96 Tahun 2018. (Link:http://setkab.go.id/wp-content/uploads/2018/10/Perpres-Nomor-96-Tahun-2018-2.pdf).

e-KTP Banyak Fungsinya

Sebagai masyarakat yang bagus, lahir, besar, dan cari nafkah di Republik Indonesia, seharusnya kita mempunyai e-KTP sebagai identitas jati diri. Manfaat yang lain, untuk buka rekening di bank, ajukan credit, pengurusan semua jenis ijin, untuk turut pemilu, menahan pemalsuan KTP, dan memperoleh database kependudukan yang tepat. Mari, buat e-KTP dan rasakan faedahnya.

Semoga artikel Cara Membuat KTP Elektronik Terbaru ini dapat bermanfaat.

Baca juga :

, ,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *