Cara Cek Status E-KTP Online dengan mudah

Cara Cek Status E-KTP Online dengan mudah

Cara Cek Status E-KTP Online dengan mudah
sumber : cermati.com

Cara Cek Status E-KTP Online kini bisa anda lakukan kapan saja tanpa perlu datang ke dukcapil setempat. KTP elektronik (e-KTP) sebagai kartu kependudukan yang dikeluarkan pemerintahan dan disokong mekanisme info yang lebih tepat, aman, dan teratur administrasi, karena langsung terpadu dengan database kependudukan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pusat.

Tiap penduduk tidak dapat mempunyai KTP lebih dari 1 atau ber-KTP double, apa lagi sampai rangkap banyak. Meskipun orang yang berkaitan beralih-pindah rumah bahkan juga keluar Kabupaten/Kota, Propinsi, atau Pulau sekalinya, karena itu NIK-nya akan masih sama dan banyaknya cuman satu (1).

Mekanisme ini dibikin pemerintahan untuk kurangi peluang seorang bisa memiliki KTP lebih dari 1 untuk maksud yang tidak bagus atau kriminil, seperti terorisme dan sembunyikan diri dari penangkapan polisi karena lakukan korupsi.

Integratif Data Kependudukan untuk Bermacam Servis Khalayak

Pemerintahan telah berencana Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada dalam e-KTP akan diintegrasikan dengan identitas yang lain untuk kepentingan lain, misalnya: pengerjaan SIM, Paspor, atau identitas lainnya.

Sekarang ini sejumlah besar penduduk Indonesia telah mempunyai e-KTP yang menyebar luas di beberapa wilayah di Indonesia, karena pemerintahan telah melangsungkan proses pengerjaan e-KTP secara massal semenjak tahun 2013.

Tetapi apa Anda sudah mengetahui, NIK dalam e-KTP Anda telah tercatat dalam database kependudukan pusat atau memang belum?

Sejumlah besar orang pemula kemungkinan belum mengetahui dan belum pahami apa e-KTP yang dipunyai betul-betul asli atau palsu.

Dengan perkembangan tehnologi yang telah makin hebat, seharusnya Anda ketahui apa NIK yang ada dalam e-KTP Anda telah disimpan dalam database kependudukan pusat atau memang belum, dengan memakai cara cek e-KTP online.

Cara Cek Status E-KTP Online dengan mudah Dan Cepat

Cek status e-KTP online bermanfaat untuk ketahui apa data kependudukan seorang sudah tercatat dalam pusat data kependudukan nasional secara benar atau memang belum.

Cara cek e-KTP sebagai berikut ini:

1. Cek NIK di web Kemendagri atau Pemerintahan Wilayah.

 

  • Anda langsung bisa cek NIK secara online lewat website sah https://www.dukcapil.kemendagri.go.id/.

Langkahnya: Membuka situs di browser, lalu mencari menu e-KTP dan isilah NIK pemakai (pencet tombol enter). Bila data KTP benar dan tersambungsi, karena itu pemakai akan mendapatkan penampilan yang berisi data komplet seperti pada dalam KTP.

 

  • Cek lewat situs Dukcapil pemda.

Sebagai contoh: Jika Anda penduduk kota Bogor, karena itu Anda dapat cek e-KTP dapat dilaksanakan dengan buka situs Disdukcapil kota Bogor.

 

Langkahnya: Masukan nomor NIK yang ada pada e-KTP ke kolom yang telah ada, selanjutnya pencet Cek. Nantikan beberapa menit, selanjutnya akan ada status data personal yang telah tercatat dengan mekanisme e-KTP.

 

2. Cek NIK lewat Disdukcapil

 

  1. Cek lewat SMS : kirimkan SMS dengan pola: Cek#KTP#NIK. Lantas kirim ke nomor Disdukcapil Kemendagri [0815-3636-9999].
  2. Cek NIK lewat WhatsApp: kirimkan pesan WA dengan pola: nama komplet sesuai KTP, NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota. Lantas kirim ke nomor WhatsApp Disdukcapil [0813-2691-2479].
  3. Cek NIK lewat Sosial Media (FB dan Twitter Dukcapil): Cek lewat account sah media sosial Dukcapil. Account facebook sah Disdukcapil ialah ‘Halo Dukcapil’ dan account Twitter sah Disdukcapil ialah ‘@ccdukcapil’.
    • Langkahnya: Kontak lewat individual chat atau kirimkan pesan bukan posting. Pola #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan
  4. Cek NIK lewat Call Center Halo Dukcapil. Kontak nomor 1500-537 Dirjen Dukcapil Kemendagri.
  5. Cek NIK lewat e-mail. Pakai pola:
    • #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan. Kirim ke alamat e-mail ([email protected]).

 

3. Cek NIK dengan cara memakai card reader e-KTP.

 

Cara ini lebih gampang dan ringkas karena tidak memakai kontribusi PC atau computer. Card reader ini akan membaca chip yang ada dalam e-KTP secara cepat, hingga mempermudah pengujian data yang ada dalam e-KTP.

 

Sayang, card Reader ini cuman dipakai oleh lembaga berkaitan saja seperti kantor Dinas Kependudukan dan kantor Catatan Sipil. Hingga untuk memeriksanya Anda harus bertandang ke kantor lembaga yang berkaitan itu.

 

4. Cara ke-3 benar-benar ringkas yaitu cek e-KTP lewat applikasi Cek KTP  ID  &  NIK  Online. Anda dapat unduh gratis dari Google Play/App Store.

 

Untuk pencekan ini, Sesudah unduh App, Anda langsung bisa masukkan NIK Anda dan click Mencari/Cek. Dalam perhitungan detik, data komplet identitas akan keluar.

 

Makna 16 Digit NIK (Nomor Induk Kependudukan) di KTP

 

Tiap orang dalam dunia mempunyai Nomor Identitas / Singgel Identity Number / Individual Identity Number.

 

Begitupun di Indonesia, tiap masyarakat negara harus mempunyai nomor identitas yang diberi nama NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tercantum dalam Kartu Keluarga dan KTP.

 

(NIK) Nomor Induk Kependudukan yang ada dalam e-KTP sebagai nomor yang unik, ciri khas, tunggal, dan menempel pada seorang yang tercatat sebagai penduduk Indonesia dan berlaku sepanjang umur dan selama-lamanya, yang diberi Negara ke penduduk.

 

NIK akan dikenai pada tiap orang saat tercatat sebagai penduduk Indonesia, dan NIK itu tidak segera dapat diganti sampai orang itu wafat.

 

Untuk ketahui/memeriksa identitas seorang penduduk bisa disaksikan dari Nomor Induk Kependudukannya (NIK). NIK seorang itu ditetapkan dan diatur oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

 

Baca Juga :

 

NIK terbagi dalam 16 digit angka, misalkan (ABCDEFDDMMYY9999) yang bisa dirinci seperti berikut :

 

AB 2 digit awal Kode Provinsi
CD 2 digit kedua Kode Kabupaten / Kotamadya
EF 2 digit ketiga Kode Kecamatan
DD 2 digit keempat Tanggal Lahir
MM 2 digit kelima Bulan Lahir
YY 2 digit keenam Tahun Lahir
9999 4 digit terakhir Nomor Register Kependudukan
, ,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *