Cara mengurus STNK kendaraan yang hilang

Cara mengurus STNK kendaraan yang hilang

Cara mengurus STNK kendaraan yang hilang
sumber : sernati.com

Cara mengurus STNK kendaraan yang hilang perlu kita ketahui karena Sama dengan bila Anda kehilangan document bernilai pribadi yang lain seperti KTP dan SIM, kehilangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) kemungkinan dapat membuat Anda sangat pusing.

Sesuai kepanjangannya, STNK ialah tanda bukti registrasi dan legitimasi satu kendaraan motor berdasar identitas pemilikan. STNK berisi identitas pemilikan (nomor polisi, nama dan alamat pemilik) dan identitas kendaraan motor (merek/type, tipe/mode, tahun pengerjaan, dan lain-lain.).

Maka STNK sebagai tanda pemilikan yang syah atas sebuah kendaraan motor. Bila STNK Anda hilang, Anda tak lagi mempunyai bukti jika Anda ialah pemilik yang syah atas kendaraan motor Anda. Dan Anda juga ada peluang akan ditilang bila ketahuan menyetir kendaraan motor Anda tanpa STNK.

Anda pasti tidak mau ditilang, kan? Tak perlu pusing bila Anda kebenaran kehilangan STNK, karena Anda bisa selekasnya mengurus pergantian STNK itu.

Cara mengurus STNK kendaraan yang hilang Sendiri

Harus diingat jika Anda bisa mengurus pergantian STNK ini sendiri, tanpa perlu memakai layanan calo. Berdasar data yang terkumpul terhitung dari Seksi Humas Mabes Polri, ongkos yang perlu dikeluarkan untuk pengerjaan STNK baru sebagai alternatif STNK hilang cuman sekitar Rp50.000 untuk kendaraan beroda 2 dan Rp75.000 untuk kendaraan roda 4, sementara jika memakai layanan calo dapat berulang-kali lipat.

Disamping itu, saat Anda akan mengurus arsip di kantor polisi atau mengurus pergantian STNK hilang di SAMSAT, seharusnya Anda selalu bawa alat catat khususnya pena sendiri, yang bertinta hitam. Kemungkinan faksi kepolisian atau SAMSAT sediakan alat catat, tetapi tentunya dengan jumlah terbatas hingga Anda harus berbaris bila ingin memakainya untuk isi formulir.

Selanjutnya silahkan baca tata-cara dan proses pengerjaan STNK baru karena STNK lama hilang berikut:

1. Selekasnya buat laporan kehilangan STNK di kantor polisi paling dekat

Demikian Anda ketahui atau mengetahui jika STNK Anda hilang, cepatlah melapor ke kantor polisi (Polres atau Polsek) paling dekat. Di situ, Anda akan dibuatkan surat info kehilangan, yang nanti harus Anda membawa untuk proses pengerjaan STNK baru gantikan STNK yang hilang.

2. Persiapkan arsip kelengkapan sebagai syarat administratif

Menurut info yang dikutip Seksi Humas Mabes Polri dalam account Facebooknya, untuk mengurus pergantian STNK yang hilang, Anda perlu menyiapkan syarat document sebagai berikut ini:

  • KTP pemilik kendaraan (asli dan fotokopi)
  • Foto copy STNK yang hilang
  • Surat info kehilangan STNK dari kepolisian (Polsek atau Polres setempat)
  • BPKB (asli dan fotokopi)

3. Tiba ke Kantor SAMSAT

Bila arsip untuk lengkapi syarat administratif telah berada di tangan, Anda tinggal mengantarnya ke Kantor SAMSAT (Mekanisme Manunggal Satu Atap), yang disebut tempat penerbitan/legitimasi STNK oleh tiga lembaga: Polri, Dinas Penghasilan Propinsi, dan PT Layanan Raharja. Berikut tata-cara mengurus pergantian STNK karena hilang di Kantor Samsat:

4. Check fisik kendaraan

Cara pertama kali yang harus Anda kerjakan di Kantor SAMSAT ialah check fisik kendaraan Anda sekalian gesek nomor kerangka dan mesin. Sesudah usai, hasil check fisik itu supaya dipotretkopi.

  1. Isi formulir registrasi
    • Yakinkan Anda isi formulir dengan komplet dan betul, untuk selanjutnya diberikan ke Loket STNK hilang. Janganlah lupa masukkan arsip kelengkapan administrasi yang telah Anda persiapkan.
  2. Mengurus check blokir (surat info hilang dari SAMSAT)
    • Yang diartikan dengan mengurus check blokir ialah mengurus surat info STNK hilang dari SAMSAT, yang berisi info keaslian STNK berkaitan, misalkan tidak pada keadaan dikunci atau dalam penelusuran. Untuk ini, Anda harus menyertakan hasil check fisik kendaraan.
  3. Mengurus pengerjaan STNK baru di Loket BBN II
    • Untuk mengurus pengerjaan STNK baru sebagai alternatif STNK lama yang hilang, Anda harus memberikan semua arsip kelengkapan dan surat info hilang dari SAMSAT di Loket BBN (Bea Balik Nama) II.
  4. Bayar Pajak Kendaraan Bermotor
    • Ini dilaksanakan bila Anda belum bayar pajak tahunan untuk kendaraan motor Anda. Bila Anda telah bayar ongkos pajak ini, karena itu bebas ongkos pajak.
  5. Bayar ongkos pengerjaan STNK baru
    • Ongkos untuk penerbitan STNK yang tercantum dalam Tipe dan Biaya atas Akseptasi Negara Bukan Pajak Polri berdasar PP No. 50 tahun 2010 sebagai berikut ini:

Kendaraan motor roda 2, roda 3, atau angkutan umum           Rp50.000

Kendaraan motor roda 4 atau lebih                Rp75.000

Legitimasi STNK                     Rp0

 

5. Ambil STNK dan SKPD

Bila semua cara telah usai dilaksanakan, Anda tinggal memberikan bukti pembayaran dari kasir ke sisi ambil STNK baru dan nantikan panggilan untuk ambil STNK dan SKPD (Surat Ketentuan Pajak Wilayah) yang telah selesai.

Sebagai cara mengantisipasi, seharusnya Anda membuat salinan atau foto copy beberapa surat bernilai Anda seperti KTP, SIM, STNK, BPKB dan selalu Anda taruh dalam arsip bila setiap saat dibutuhkan, misalkan dalam kasus kehilangan STNK ini.

Tetapi, bagaimana bila STNK Anda terlanjur hilang sementara Anda belum membuat salinan atau fotokopinya? Dan bagaimana bila kendaraan motor Anda masih juga dalam status belum lunas alias masih credit hingga Anda belum menggenggam BPKB kendaraan itu? Tak perlu resah karena ada jalan keluarnya.

 

Baca Juga :

 

Cara Mengurus Alternatif STNK Hilang Tanpa Foto copy STNK

Untuk Anda yang tidak punyai foto copy STNK yang hilang dan/atau BPKB tidak ada pada tangan Anda, berikut jalan keluarnya:

1. Persiapkan arsip syarat administrasi

Sama dengan proses mengurus STNK hilang yang sudah dirinci awalnya, bila Anda tidak punyai foto copy STNK atau BPKB, Anda harus tetap lebih dulu menyiapkan arsip kelengkapan sebagai syarat administratif sebagai berikut ini:

2. Minta foto copy BPKB dan/atau surat pengantar dari dealer

Khusus untuk kendaraan motor yang dengan status credit, karena itu BPKB yang dibawa untuk mengurus STNK hilang ialah berbentuk foto copy dan surat pengantar yang dapat disuruh di dealer tempat Anda beli kendaraan motor Anda.

3. Persiapkan KTP asli dan fotokopinya

Data di Kartu Tanda Warga (KTP) harus sama dengan data yang tercantum di STNK yang hilang.

4. Buat Surat Info Kehilangan dari kepolisian (Polsek atau Polres) di tempat

Surat Info Kehilangan harus dari kantor kepolisian paling dekat dengan prediksi posisi raibnya STNK.

5. Legalisir foto copy BPKB dari dealer di kantor polisi

Saat sebelum bawa semua arsip kelengkapan ke kantor SAMSAT, Anda harus melegalisir foto copy BPKB yang Anda dapatkan dari dealer di kantor polisi. Triknya cukup tiba ke sisi legitimasi di kantor polisi (Polres) dengan bawa foto copy BPKB yang bakal dilegalisir dan KTP sesuai BPKB.

6. Tiba ke kantor SAMSAT

Sesudah semua arsip kelengkapan administratif siap, Anda tinggal tiba ke kantor SAMSAT untuk bikin alternatif STNK Anda yang hilang. Proses untuk pengerjaan alternatif STNK hilang bila Anda tidak punyai foto copy STNK dan/atau BPKB sama dengan proses yang sudah diterangkan di atas, tetapi sebaiknya diulang kembali secara singkat di sini. Silahkan dibaca kembali proses pengerjaan STNK alternatif STNK hilang berikut:

  1. Check fisik mobil atau motor, sekalian gesek nomor kerangka dan mesin.
  2. Isi formulir registrasi, selanjutnya memberikan formulir itu dan arsip syarat yang lain ke sisi STNK hilang.
  3. Mengurus surat info hilang dari SAMSAT (check blokir)
  4. Surat info hilang dari SAMSAT dan arsip kelengkapan dibawa dan diberikan ke loket pengerjaan STNK baru
  5. Bayar pajak kendaraan motor dan ongkos pengerjaan STNK baru di kasir sesuai yang tercantum di slip setoran pajak yang didapatkan dari loket pengerjaan STNK baru. Kalau sudah bayar, karena itu bebas pajak
  6. Memberikan bukti pembayaran dari kasir ke loket ambil STNK baru
  7. Nantikan panggilan untuk ambil STNK baru sebagai alternatif STNK lama yang hilang

Gampang Kan Cara Mengurusinya?

Maka bila Anda kehilangan STNK dan tidak simpan fotokopinya atau memang belum menggenggam BPKB kendaraan, keterangan di atas menjadi jalan keluarnya. Nach, permasalahan Anda juga telah terselesaikan. STNK Anda yang hilang telah ditukar dengan STNK yang baru, dan Anda dapat dengan tenang menyetir kendaraan motor tanpa cemas ditilang, tentu saja dengan selalu memperhatikan dan patuhi ketentuan dan rambu-rambu lalu-lintas di jalan raya. Tidak susah kan mengurusinya?

Semoga artikel Cara mengurus STNK kendaraan yang hilang ini bermanfaat.

 

Baca juga :

, ,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *