Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah / Rumah

Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah / Rumah

Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah
Sumber : rumah.com

Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah / Rumah perlu kita ketahui, agar kita bisa mempersiapkan jauh-jauh hari, karena Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah tidaklah sedikit. Untuk mereka yang baru beli hunian bekas, tahukah Anda ada banyak biaya tambahan yang perlu dikeluarkan, diantaranya ialah biaya balik nama sertifikat tanah. Nach, untuk Anda ingin ketahui bagaimana besaran biaya yang perlu dikeluarkan berikut cara mengurusinya, berikut ialah keterangan selengkapnya.

 

Cara Proses Registrasi Tanah

Saat sebelum ketahui mengenai keterangan biaya balik nama sertifikat tanah, ada baiknya kalau Anda ketahui bagaimana proses pengerjaan balik nama sertifikat tanah dan berikut ialah cara-caranya:

  1. Penghimpunan dan pemrosesan data fisik yang didapatkan lewat pengukur dan penskalaan.
  2. Penghimpunan dan pemrosesan data yuridis yang diwujudkan dalam Buku Tanah.
  3. Penerbitan Surat Tanda Bukti Hak berupa sertifikat yang disebut Salinan Buku Tanah.
  4. Penyuguhan data fisik dan yuridis.
  5. Penyimpanan daftar umum dan document.

 

Sesudah ke-5 cara itu dilewati, karena itu serangkaian aktivitas initial registration sudah usai. Tetapi, bila di periode kedepan terjadi pengubahan atas tanah itu, baik pemilikan, perpecahan atau penyatuan tanah karena itu harus mencatat pengubahan data fisik dan yuridis ke Kantor Pertanahan.

Mencuplik dari situs sah Kementerian ATR/BPN, document yang perlu disiapkan diantaranya:

  • Formulir permintaan yang telah diisi dan diberi tanda tangan pemohon atau kuasanya di atas meterai cukup
  • Surat Kuasa jika dikuasakan
  • Foto copy identitas pemohon/pemegang dan yang menerima hak (KTP, KK) dan kuasa jika dikuasakan, yang sudah dicocokkan dengan aslinya oleh petugas loket
  • Sertifikat asli
  • Untuk perseorangan yang keperdataannya runduk pada hukum perdata ditunjukkan dengan penentuan Pengadilan. Atau yang runduk pada hukum tradisi ditunjukkan dengan surat pengakuan pengubahan nama dari yang berkaitan, dijumpai Kepala Dusun/Lurah dan Camat di tempat.
  • Foto copy akte pendirian dan legitimasi tubuh hukum yang sudah dicocokkan dengan aslinya oleh petugas loket kantor BPN (khusus untuk tubuh hukum)
  • Sertifikat Tanah Asli Akte Jual Membeli Tanah dari PPAT
  • Izin perpindahan hak jika dalam sertifikat/ketetapannya tercantum tanda yang mengatakan jika hak itu cuman bisa dipindahkantangankan bila sudah didapat izin dari lembaga yang berkuasa
  • Foto copy SPPT dan PBB tahun berjalan yang sudah dicocokkan dengan aslinya oleh petugas loket
  • Bukti SSB (BPHTB) dan bukti bayar uang penghasilan (di saat registrasi hak).

Baca Juga :

 

Cara Balik Nama Sertifikat Tanah/Rumah

Untuk melegalkan pengubahan yuridis, pasti diperlukan data dan tingkatan proses. Ada 2 lajur yang bisa Anda tentukan untuk pendataan pengubahan data yuridis, yakni mengurusi sendiri ke Kantor Pertanahan atau minta kontribusi PPAT.

Meminta Kontribusi PPAT; karena itu Anda harus memberikan arsip permintaan balik nama yang diberi tanda tangan konsumen, akte jual – membeli dari PPAT, sertifikat tanah asli, KTP konsumen dan penjual, bukti pembayaran pelunasan pembayaran Surat Serahkan Pajak Pajak Pendapatan (SSP PPh), dan bukti pembayaran pelunasan pembayaran Surat Setoran Bea Pencapaian Hak Atas Tanah dan Bangunan (SSBBPHTB).
Mengurusi sendiri; data yang dibutuhkan sama dengan bila Anda minta kontribusi PPAT ditambahkan surat pengantar dari PPAT, Surat Pernyataan Pajak Terutang Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT PBB), izin pengalihan hak (untuk rumah atur dan tanah Negara), dan surat pengakuan calon yang menerima hak.

Sesudah arsip terkumpul, cara yang dilaksanakan untuk menukar nama sertifikat tanah ialah:

  1. Membawa arsip ke Kantor Pertanahan, kemudian mereka akan keluarkan bukti akseptasi permintaan balik nama.
  2. Kantor Pertanahan akan mencoret nama pemegang hak yang lama dengan tinta hitam lalu menggantinya dengan pemegang hak baru di buku tanah dan sertifikat.

Kepala Kantor Pertanahan atau Petinggi yang dipilih akan membubuhkan paraf dan tanggal pendataan pengubahan. Ke-3 cara ini usai di dalam 14 hari sesudah mengajukan.

Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah / Rumah

  • Saat sebelum lakukan transaksi bisnis, yakinkan untuk memeriksa orisinalitas sertifikat instansi berkaitan, yaitu Tubuh Pertanahan di tempat. Umumnya untuk memeriksa keasliannya ada biaya balik nama sertifikat tanah / rumah sejumlah Rp 25 ribu sampai Rp 100 beberapa ribu. Bila kavling yang bakal dibeli belum bersertifikasi, coba kerjakan pengujian bukti pemilikan dan kisah kavling itu pada kelurahan atau kantor kecamatan di tempat, dan bukti batasan lahannya.
  • Untuk biaya pengurusannya sendiri bergantung dari nilai NJOP tanah. Misalnya bila nilai tanahnya capai Rp 4.000.000 karena itu biaya jadi Rp 54.000 dengan lama waktu proses pengerjaan balik nama lima hari waktu kerja.
  • Bila proses balik nama dilaksanakan lewat layanan notaris ongkosnya seputar 0,5% sampai 1% dari keseluruhan nilai transaksi bisnis. Harga itu telah terhitung pengerjaan Akte Jual Membeli (AJB), Balik Nama dan layanan notaris. Waktu pembikinannya sendiri capai 30 hari.

Tidak boleh meremehkan proses balik nama sertifikat tanah, ingat tanah jadi salah satunya investasi sangat prospektif, begitupun dengan rumah. Bila Anda ingin melakukan investasi pada tanah atau rumah, yakinkan si penjual kooperatif untuk lengkapi data untuk balik nama agar Anda tidak rugi di masa datang.  Semoga artikel Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah / Rumah ini bermanfaat.

 

Baca juga :

, ,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *