Cara membuat sertifikat tanah baru yang hilang

cara membuat sertifikat tanah baru yang hilang
sumber : rumah.com

Cara membuat sertifikat tanah baru yang hilang

Cara membuat sertifikat tanah baru yang hilang di bawah ini kemungkinan bisa menolong kalian yang ingin mengurusinya. Sertifikat tanah sebagai poin penting sebagai document bukti pemilikan seorang atas satu tanah. Karenanya, document penting ini harus Anda taruh secara baik, seperti surat bernilai lainnya. Tetapi, walau telah tersimpan secara baik, bagaimana bila terjadi suatu hal tidak tersangka, hingga sertifikat tanah hilang?

 

Kelengahan kemungkinan jadi salah satunya pemicu mengapa sertifikat tanah hilang. Kehilangan ini juga tidak dapat didiamkan saja, karena tanah tanpa sertifikat sudah tentu akan memunculkan permasalahan di masa datang. Lantas, bagaimana bila sertifikat tanah hilang? Tidak boleh cemas, karena ada cara mengurus sertifikat tanah hilang lewat proses yang diputuskan.

 

Apa hak tanah yang Anda punyai itu hilang bertepatan dengan raibnya sertifikat? Sudah pasti tidak, karena pada intinya sertifikat tanah asli yang Anda pegang itu sebagai salinan dari buku tanah yang tersimpan di Kantor Pertanahan atau Kantor Tubuh Pertanahan Nasional (BPN) di daerah tempat tanah itu ada.

 

Seperti Pasal 57 Ketentuan Pemerintahan No. 24 Tahun 1997 mengenai Registrasi Tanah, disebut jika atas permintaan pemegang atas tanah bisa diedarkan sertifikat baru sebagai alternatif sertifikat yang hilang. Maka bila sertifikat tanah hilang, karena itu Anda dapat ajukan permintaan ke Kantor Pertanahan atau Kantor BPN yang mewilayahi tanah itu untuk mengeluarkan sertifikat pengganti. Pengurusan pergantian sertifikat tanah yang hilang ini harus dilaksanakan selekasnya. Cara mengurus sertifikat tanah hilang harus dilaksanakan di Kantor BPN di tempat.

 

Syarat Membuat Surat Tanah Pengganti

 

Berikut ialah document yang dibutuhkan untuk menukar sertifikat rumah hilang:

 

  • Formulir permintaan bermeterai yang diisi dan diberi tanda tangan pemohon atau kuasanya
    Surat Kuasa jika dikuasakan
  • Foto copy identitas pemohon (KTP dan KK) dan surat kuasa jika dikuasakan, seperti contoh aslinya dari petugas
  • Foto copy Akte Pendirian dan Legitimasi Tubuh Hukum yang sudah dicocokkan dengan aslinya oleh petugas
  • Foto copy sertifikat (bila ada)
  • Surat Pengakuan di bawah sumpah mengenai sertifikat rumah hilang oleh pemegang hak/faksi yang hilangkan
  • Surat tanda kehilangan dari kepolisian di tempat

Baca Juga :

Dalam formulir mengajukan harus ada data ini:

 

  1. Identias (ID) pemilik
  2. Luas, letak, dan pemakaian tanah
  3. Pengakuan tanah tidak perselisihan dan tanpa pengubahan fisik
  4. Pengakuan tanah terkuasai secara fisik
  5. Proses Mengurus Sertifikat Tanah Hilang

 

Sesudah pelajari ketentuan perundangan dan syaratnya, Anda dapat mengikut proses mengurus sertifikat tanah hilang sebagai berikut ini:

 

  • Membuat surat pengantar dari RT/RW dan kelurahan
  • Membuat laporan kehilangan sertifikat rumah hilang ke kantor polisi
  • Melapor ke Tubuh Pertanahan Nasional (BPN) dengan bawa semua syarat
  • Mengeluarkan informasi di media bikin
  • Terima sertifikat tanah alternatif.

 

Orang yang Memiliki hak Mengurus Sertifikat Tanah yang Hilang

Ada beberapa orang yang bisa ajukan permintaan pergantian sertifikat tanah hilang, yaitu:

 

1. Pemegang Hak

Sertifikat yang hilang cuman bisa diurusi oleh faksi yang bernama tertera sebagai pemegang hak dalam buku tanah yang berkaitan, atau faksi yang lain sebagai yang menerima hak berdasar Akte PPAT.

 

2. Pakar Waris Pemegang Hak

Bila pemegang hak atas tanah telah wafat, karena itu permintaan sertifikat pengganti bisa disodorkan oleh pewarisnya dengan mengikutkan surat tanda bukti sebagai pewaris. Surat tanda bukti sebagai pewaris ini dapat berbentuk Akte Info Hak Mewaris atau Surat Penentuan Pakar Waris atau Surat Info Pakar Waris.

 

Sesudah Anda ketahui siapa yang memiliki hak mengurus sertifikt tanag yang hilang, berikut cara mengurus sertifikat tanah hilang:

 

  • Memberikan laporan Kehilangan Sertifikat Tanah ke Kepolisian

Cara pertama kali yang harus Anda kerjakan ialah memberikan laporan hal kehilangan sertifikat tanah Anda itu ke faksi yang berkuasa, dalam masalah ini kepolisian. Di beberapa daerah, laporan ke Polsek cukup, tetapi ada daerah yang mewajibkan minimum laporan ke Polres. Saat melapor, sebut nomor sertifikat, posisi tanah, dan atas nama siapa tanah itu.

 

  • Penutupan Sertifikat Tanah

Bila ada interval saat yang lumayan lama di antara peristiwa raibnya sertifikat tanah dengan keluarnya BAP sebagai dasar penutupan sertifikat, misalkan lebih dari 1 bulan, ini bisa ditangani secara langsung mengirim surat permintaan penutupan sertifikat tanah ke Kantor BPN di saat sertifikat dijumpai hilang dengan bercerita urutan peristiwa.

 

Untuk memblok sertifikat tanah, dibutuhkan document seperti foto copy sertifikat tanah yang diartikan dan identitas pemilik sertifikat untuk lengkapi surat blokir yang diperuntukkan ke Kepala Kantor Pertanahan.

 

Sesudah dikunci dan dicatat di buku tanah, karena itu sertifikat tanah Anda juga telah aman, tidak ada faksi yang lain bisa lakukan proses apa saja pada tanah Anda sampai ada permintaan sertifikat pengganti.

 

Mengurus Pergantian Sertifikat Tanah ke Kantor Tubuh Pertanahan Nasional (BPN)

source : rumah.com

Sesudah membuat Surat Info Kehilangan Sertifikat Tanah di Kantor Polisi, Anda bisa ajukan permintaan pengerjaan sertifikat pengganti di Kantor BPN.

 

  • Isi Formulir Permintaan

Kantor BPN sediakan formulir permintaan yang perlu diisi dan diberi tanda tangan pemohon atau kuasanya di atas materai yang cukup.

 

  • Pemohon Lengkapi Arsip Permintaan Pergantian Sertifikat

Arsip permintaan pergantian sertifikat ini mencakup: – Kartu Tanda Warga (KTP) asli dan foto copy – Kartu Keluarga (KK) asli dan foto copy – Foto copy Sertifikat Tanah yang diartikan (bila ada) – Foto copy bukti pembayaran pelunasan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun akhir – Surat Kehilangan dan Informasi Acara Pengecekan (BAP) kehilangan sertifikat tanah dari kepolisian – Surat Kuasa jika dikuasakan pada pihak lain.

 

  • Pengecekan Keaslian

Saat sebelum mengeluarkan sertifikat pengganti, Kantor BPN akan lakukan pengecekan keaslian dari Anda sebagai faksi yang ajukan permintaan dengan cara mempelajari beberapa dokumen simpatisan yang disertakan.

 

  • Ambil Sumpah

Faksi BPN akan ambil sumpah pemilik sertifikat di depan Kepala Kantor Pertanahan dan rohaniwan seperti agama yang berkaitan. Selanjutnya akan dibuatkan informasi acara sumpahnya.

 

  • Pengemuman memalalui media cetak

Faksi BPN akan umumkan informasi acara ambil sumpah kehilangan sertifikat tanah itu di media bikin, atas ongkos pemohon. Tujuannya supaya memberikan waktu andaikan ada beberapa pihak yang berasa berkeberatan dengan proses pergantian sertifikat tanah itu, atau ada sanggahhan/tuntutan dari faksi lain.

 

  • Pengukur Ulangi Tanah

Petugas BPN akan lakukan pengukur ulangi ke posisi tanah yang diartikan jika terjadi pengubahan surat ukur lama dengan keadaan fisik tanah dan bangunan sekarang ini.

 

  • Penerbitan Sertifikat Alternatif

Jika dalam periode waktu sebulan atau 30 hari semenjak penempatan informasi di media bikin tidak ada faksi yang ajukan berkeberatan atas pengerjaan sertifikat pengganti, atau ada faksi yang ajukan berkeberatan tetapi berkeberatannya bisa dibuktikan tidak berargumen atau mungkin tidak fundamental, karena itu Kantor BPN akan mengeluarkan sertifikat pengganti.

 

Proses Mengurus Sertifikat Tanah Hilang Cukup Gampang

Walau memerlukan waktu yang lumayan lama, tetapi prosesnya lumayan gampang. Anda perlu sedikit bersabar jalani proses itu. Proses apa saja yang dilaksanakan pada sertifikat tanah, apa itu mempertanggungkan, jual, atau proses yang lain tidak bisa dilaksanakan terkecuali oleh orang yang bernama tertera di sertifikat tanah itu. (*)

 

Ongkos Pengerjaan Sertifikat Tanah Alternatif

Ada banyak ongkos yang perlu Anda keluarkannya untuk memperoleh alternatif sertifikat tanah hilang, yakni Rp850.000 untuk mengeluarkan iklan informasi di media bikin (ongkos bervariatif seperti ketetapan dan posisi), andaikan bila ada faksi yang berkeberatan dengan mengajukan itu, dan Rp350.000 untuk penerbitan sertifikat tanah alternatif dari BPN.

 

Turuti saja beberapa langkah yang telah diputuskan pemerintahan untuk memperoleh sertifikat pengganti, pasti Anda akan memperoleh ketenangan pemikiran pemilik rumah/tanah/bangunan yang syah di mata hukum. Semoga artikelĀ ini bermanfaat.

Baca juga :

, ,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *