Cara Pembuatan SKCK Lengkap dan mudah

Cara Pembuatan SKCK Lengkap
image:merdeka.com

Cara Pembuatan SKCK Lengkap

Cara Pembuatan SKCK Lengkap dan beberapa informasi yang perlu kalian ketahui agar kalian mengerti apa itu SKCK. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), dahulu namanya Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB), sebagai surat yang dikeluarkan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) lewat Kepolisian Bidang (Polsek) atau Kepolisian Resor (Polres) di tempat.

SKCK  ialah surat yang berisi mengenai catatan seorang sebagai bukti penting jika orang yang berkaitan berperangai baik atau tak pernah lakukan tindak kriminil atau kejahatan berdasar data kepolisian.

Manfaat SKCK

SKCK dibutuhkan sebagai document pendamping syarat administrasi, diantaranya:

Manfaat SKCK  yang diedarkan Polres:

  • Syarat masuk PNS  seperti pendamping recruitment Calon Karyawan Negeri Sipil (CPNS)
  • Melamar kerja di lembaga swasta atau pemerintahan
  • Registrasi sekolah (dalam negeri atau ke luar negeri)
  • Penyalonan diri sebagai calon kades, DPRD, kepala wilayah/Bupati.
  • Syarat menikah dengan anggota Polri dan TNI.

Manfaat SKCK  yang diedarkan Polda:

  1. Syarat pengerjaan paspor
  2. Syarat calon walikota atau DPRD
  3. Periode Berlaku SKCK

SKCK cuman berlaku sepanjang 6 (enam) bulan semenjak tanggal diedarkan dan dapat diperpanjang bila dibutuhkan.

Catatan:

  • Bila SKCK sudah habis masa aktif dan kurang dari satu tahun, karena itu SKCK dapat diperpanjang.
  • Bila masa aktif SKCK telah lebih dari satu tahun, Anda harus membuat SKCK  baru.

Banyak asumsi jika mengurusi atau memperoleh SKCK itu susah dan repot. Kenyataannya dari tahun ke tahun, pengurusan SKCK makin cepat dan mudah prosesnya sepanjang Anda pahami proses dan tata triknya.

Selanjutnya, perhatikan.com akan membahas proses pengurusan komplet SKCK , dimulai dari syarat, cara dan jalur proses pengerjaan SKCK  baru di Polsek atau Polres dan Online.

Syarat Document untuk Urus SKCK Baru

Seperti biasanya mengurusi administrasi pada tingkat Kelurahan, Kecamatan atau Kabupaten/Kota, proses pengerjaan SKCK memerlukan beberapa hal yang penting disiapkan berbentuk surat atau arsip. Walau begitu, ada kelengkapan yang tidak perlu disanggupi.

1. Persiapkan Surat Pengantar (Optional)

Untuk memperoleh surat pengantar dari Kelurahan. Berikut jalurnya :  terlebih dulu Anda perlu bertandang ke Ketua RT di tempat supaya dibuatkan surat pengantar ke Ketua RW. Dari RW Anda akan memperoleh surat pengantar ke Kelurahan/Dusun dengan kepentingan itu.

Untuk pengurusan surat pengantar sampai ke tingkat Kelurahan atau Dusun, umumnya ada ongkos administrasi untuk kas barisan warga atau juga bisa tanpa ongkos apa saja (bergantung peraturan Dusun di tempat).

Di Kelurahan atau Balai Dusun, seterusnya jumpai petugas untuk memberikan surat dari Kepala Desa/Ketua RW padanya. Kemudian, Anda akan disuruh untuk isi dan lengkapi formulir yang diperlukan.

Catatan: surat pengantar dari Kelurahan tidak jadi syarat mutlak. Di sejumlah daerah/wilayah di Indonesia, Polsek atau Polres sudah menghapus/meniadakan syarat surat pengantar Kelurahan.

Ini dilaksanakan untuk keringanan dan kenyamanan warga yang tidak mau waktunya habis cuman untuk mengurusi SKCK. Misalnya di Polrestabes Surabaya yang dikutip JawaPos.com, syarat surat pengantar Kelurahan dihilangkan untuk kelancaran warga dalam melamar pekerjaan, baik sebagai PNS atau karyawan swasta.

2. Arsip Penting Data Diri

Saat sebelum mengurusi SKCK ke Polsek atau Polres, silahkan melengkapi syarat ini.

  • Syarat Harus Buat SKCK  untuk Masyarakat Negara Indonesia (WNI):
    • Foto copy KTP   (Kartu Tanda Warga)  atau Surat Ijin Berkendara (SIM). Membawa KTP/SIM asli sebagai bukti.
    • Foto copy KK  (Kartu Keluarga) .
    • Foto copy Akte Kelahiran / Surat Mengenal Lahir / Ijazah Paling akhir.
    • Foto copy Paspor (Untuk yang punyai paspor).
    • Pas photo 4×6 berdasar/latar belakang merah sekitar 6 helai. Kenakan pakaian santun, terlihat muka dan untuk yang kenakan hijab, cocok photo harus terlihat muka secara utuh.
  • Syarat Harus Buat SKCK  untuk Masyarakat Negara Asing (WNA):
    1. Foto copy Paspor.
    2. Surat asli permintaan sponsor dari perusahaan atau instansi yang mengaryakan, memakai atau yang bertanggungjawab pada WNA.
    3. Foto copy KTP / Surat Nikah jika sponsor dari suami/istri WNI
    4. Foto copy Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Ijin Tinggal Masih (KITAP).
    5. Foto copy IMTA (Ijin Memakai Tenaga Kerja Asing) dari Kementerian Tenaga Kerja
    6. Foto copy Surat Tanda Melapor (STM) dari Kepolisian
    7. Pas photo berwarna 4×6 berdasar/latar belakang kuning sekitar 6 helai. Kenakan pakaian santun, terlihat muka dan untuk yang kenakan hijab, cocok photo harus terlihat muka secara utuh.

Baca Juga :

 

Cara Pembuatan SKCK Lengkap tahun 2021 bisa dilakukan dengan online dan off line

Membuat SKCK  offline :

  • Pengerjaan SKCK dengan manual dapat dilaksanakan di Polsek atau Polres di tempat. Prosesnya juga kurang dari 30 menit dan telah legalisir, dengan catatan semua document yang dipersyaratkan telah komplet.
  • Untuk kepentingan melamar kerja, kelengkapan administrasi PNS/CPNS, dan pengerjaan visa atau kepentingan yang lain memiliki sifat antarnegara, Anda langsung bisa tiba ke Polres (tingkat Kabupaten/Kota), bukan di Polsek.
    Pengurusan SKCK di Polsek atau Polres

Sesudah kelengkapan arsip telah tercukupi, silahkan Anda teruskan pengurusan SKCK di Polsek (tingkat Kecamatan) atau ke Polres (tingkat Kabupaten/Kota).

Yakinkan Anda tiba ke Polsek atau Polres pada pukul operasional servis, yakni hari kerja Senin-Jumat jam 08.00-15.00 atau Sabtu jam 08.00-11.00.

Saat mengurusi SKCK off line di tengah-tengah wabah Covid-19, minta masih taati prosedur kesehatan seperti pakai masker, menjaga jarak dan janganlah lupa bersihkan tangan dengan bersih.

Berikut jalur proses urus SKCK off line:

  • Anda segera ke arah loket sisi SKCK untuk mendaftar/masukkan arsip yang sudah Anda persiapkan. Kelak Anda akan disuruh untuk isi formulir.
  • Faksi Polsek akan minta kelengkapan persyaratan sama seperti yang sudah diterangkan di atas sebagai kelengkapan. Supaya mempermudah dan cepat, yakinkan Anda telah menyiapkan semua syarat document yang disuruh dan bawa document asli buat jaga-jaga untuk pencekan (bila dibutuhkan/ditanya).
  • Sidik jari, untuk Anda yang mengurusi SKCK baru dan belum mempunyai rumus sidik jari, Anda dapat lakukan ambil sidik jari di Polres, persisnya sisi rekam rumus sidik jari. Untuk alat rekaman sidik jari ini, umumnya ada yang mengambil ongkos sejumlah Rp5.000 ataupun lebih (bergantung peraturan Polsek atau Polres di tempat). Tetapi ada pula Polres atau Polsek yang telah menghapus ongkos itu jadi gratis tidak ada ongkos sidik jari. Yakinkan Anda menanyakan dahulu tentang ini.
  • Jika mengurusi SKCK di Polres, umumnya prosesnya dapat semakin cepat untuk memperoleh sidik jari sebagai salah satunya syarat dalam penerbitan SKCK. Ada pengalaman saat mengurusi penerbitan SKCK di Polsek, faksi Polsek akan memberi surat referensi untuk pengerjaan rumus sidik jari di Polres.Sesudah proses sidik jari usai, waktunya untuk kumpulkan beberapa berkas yang sudah Anda persiapkan dan bayar uang penerbitan SKCK di loket. Nantikan barisan dan SKCK akan selekasnya usai.

 

Cara Membuat SKCK Online

cara membauat SKCK lengkap
Tampilan Situs Daftar SKCK Online Polres Malang sumber :cermati.com

Apa syarat yang dibutuhkan untuk bikin SKCK baru lewat cara online? Hal yang harus dipahami ialah peraturan masing-masing lembaga kepolisian sama seperti yang sudah disebut sebelumnya berbeda. Namun pada umumnya, beberapa dokumen yang perlu disiapkan diterangkan pada point di bawah ini.

Syarat Document Buat SKCK Online

Pada intinya syarat yang dibutuhkan untuk bikin SKCK lewat cara online ialah sama. Bedanya hanya semuanya wajib berbentuk file digital berbentuk hasil scan document sama seperti yang diisyaratkan dalam pengerjaan SKCK secara konservatif (manual).

Meski begitu, beberapa dokumen berbentuk hardcopy (foto copy) nanti dibutuhkan untuk klarifikasi dalam ambil SKCK di Polres atau Polda di tempat. Berikut beberapa berkas yang dibutuhkan:

  1. Scan KTP asli/tanda pengenal yang lain.
  2. Scan Kartu Keluarga asli.
  3. Scan Akte Kelahiran atau Surat Mengenal Lahir.
  4. Scan photo diri 4×6 dengan latar belakang merah (6 helai/persiapkan lebih buat mengantisipasi).
  5. Scan paspor untuk WNI yang bakal keluar negeri dalam rencana lawatan, sekolah, atau untuk kepentingan penerbitan visa.

Kecuali hal tersebut, ada pula ketetapan ambil SKCK lewat register online. Bila register online dilaksanakan saat sebelum jam 08.00 waktu di tempat, SKCK bisa diambil di loket servis s/d jam 14.00 di hari yang serupa dengan memperlihatkan ID/Code Register dan beberapa dokumen yang sudah diisyaratkan.

Satu perihal kembali, untuk pendaftar lewat register online akan diberi waktu untuk ambil SKCK selambatnya 3 (tiga) hari. Bila melewati saat yang ditetapkan karena itu pemohon wajib melakukan register ulangi karena input akan secara automatis dihapus sesudah melalui batasan waktu itu.

Alamat web sah Polri/Polda/Polres tempat pengerjaan SKCK  Online seperti domisili

Membuat SKCK Online itu gampang karena dapat dilaksanakan lewat handphone atau handphone yang tersambung ke internet. Sarana permintaan SKCK lewat cara online ada lewat web masing-masing polres seperti domisili.

Jalur Tingkatan Cara Membuat SKCK Online

  1. Pertama, persiapkan beberapa dokumen individu seperti cocok photo, scan KTP, KK, dan akte kelahiran.
  2. Seterusnya, membuka web sah SKCK online (skck.polri.go.id).
  3. Pada halaman khusus, click “Form. Registrasi” yang ada dalam sudut atas kanan.
  4. Saat form registrasi telah terbuka, tentukan tipe kepentingan, info daerah, dan isi alamat Anda.
  5. Seterusnya, Anda akan ditujukan untuk isi beberapa data diri.
  6. Isi info ciri-ciri fisik Anda (memiliki sifat harus).
  7. Selanjutnya, unggah/upload tambahan document yang telah dipersiapkan awalnya.
  8. Click “Proses” dan Anda akan memperoleh bukti permintaan.
  9. Paling akhir, mengambil SKCK di POLSEK/POLRES/POLDA/MABES POLRI* dengan bawa code atau nomor register yang tercantum di bukti permintaan Anda.

Catatan : ketika akan lakukan ambil SKCK asli, Anda akan ditanyakan rumus sidik jari. Untuk ini, Anda dapat mengurusinya di Polres dengan surat referensi dari Polsek di tempat.

Document syarat alat rekaman rumus sidik jari:

  • Foto copy KTP sekitar 1 helai
  • Photo depan ukuran 4×6 latar belakang merah 2 helai
  • Photo samping kiri ukuran 4×6 latar belakang merah 1 helai
  • Photo samping kanan ukuran 4×6 latar belakang merah 1 helai
  • Lengkapi formulir sidik jari (nama, wujud muka, rambut, dan ciri-ciri fisik lainnya)

Seterusnya, kalau sudah usai semua, Anda tinggal bayar ongkos penerbitan SKCK di loket pembayaran sejumlah Rp30.000.

Contoh Cara Pembuatan SKCK Lengkap Domisili Depok.

Jika Anda domisili di Depok, Anda dapat mengurusi registrasi SKCK lewat cara online dengan cepat dan mudah. Berikut langkahnya:

  • Membuka web polrestadepok.skckonline.id
  • Click Daftar Saat ini selanjutnya tuliskan e-mail, username, sandi, lalu confirm sandi.
  • Sesudah login, isikan kolom-kolom yang tercantum dan tentukan Buat Saat ini
  • Sesudah semua data diisi komplet, Anda akan memperoleh code mengajukan yang perlu diserahkan ke petugas.
  • Lalu, datangi Polresta Depok untuk meneruskan proses pengerjaan SKCK.
  • Berikan beberapa dokumen yang disuruh sebagai syarat.
  • Nantikan diolah, turuti jalurnya sampai SKCK usai dibikin.

 

Ongkos Pengerjaan SKCK 2021: Rp30 ribu

source : cermati.com

Terbitnya Ketentuan Pemerintahan (PP)  Nomor 60 Tahun 2016 mengenai Biaya dan Tipe Akseptasi Negara Bukan Pajak (PNBP) mengganti beberapa biaya/ongkos yang dimasukkan pada kas Negara, terhitung ongkos pengerjaan SKCK. Ongkos SKCK di semua daerah di Indonesia yang sebelumnya Rp10.000, semenjak 6 Januari 2017 naik jadi Rp30.000.

Pada tahun ini, ongkos pengerjaan SKCK (baru atau ekstensi) di Polsek atau Polres tempat Anda domisili ialah Rp30.000. Sedang untuk WNA dikenai sejumlah Rp60.000.

 

Seharusnya Mengurusi SKCK di Polsek, Polres, Polda atau Mabes?

  • Polsek layani penerbitan SKCK yang dipakai untuk kepentingan syarat lis pekerjaan non-pegawai negeri, seperti perusahaan swasta, masalah daftar sekolah, berpindah warga, registrasi calon piranti dusun, memperpanjang kontrak pegawai non-PNS, membuat hal pemberian izin usaha dan membuat buku pelaut, type bukan paspor.
  • Polres layani penerbitan SKCK yang dipakai untuk kepentingan syarat daftar CPNS atau BUMN non-PNS, lis calon kades/DPRD/kepala wilayah/bupati sampai syarat document keterangan untuk menikah dengan anggota TNI/Polri.
  • Polda layani penerbitan SKCK yang dipakai untuk kepentingan syarat lis calon wali kota/DPRD tingkat propinsi, sampai syarat untuk masalah visa bekerja ke luar negeri.
  • Mabes Polri layani pengurusan SKCK untuk kepentingan penyalonan presiden dan wakil presiden; anggota legislatif, eksekutif, yudikatif, dan instansi pemerintah tingkat pusat; penerbitan visa; ijin tinggal masih di luar negeri; naturalisasi kewarganegaraan; adopsi anak untuk pemohon WNA; dan meneruskan sekolah ke luar negeri.
    Cara Buat SKCK  Beda Domisili

Membuat SKCK beda domisili itu gampang. Anda tak perlu mudik atau pulang daerah untuk mengurusi ini. Seumpama, KTP domisili ialah Surabaya, Jawa Timur. Tapi, Anda bekerja dan tinggal di Jakarta. Untuk mengurusi SKCK, Anda harus tetap mengurusi di Polres seperti domisili yakni di Surabaya, Jawa Timur.

Cara Pembuatan SKCK Lengkap beda domisili tanpa lewat calo:

1.Cari famili/rekan yang Anda percayai untuk menolong Anda mengurusi SKCK.

2.Urus rumus sidik jari di Polres paling dekat di tempat lokasi tinggal Anda sekarang ini.

Sesudah mendapatkan bukti rumus sidik jari, taruh bukti yang asli dan cuman kirimkan bukti rumus sidik jari berbentuk foto copy saja.

3.Persiapkan semua document syarat yang dibutuhkan untuk pengerjaan SKCK baru.

  • Syarat: Foto copy KTP, KK, Ijazah, akte lahir, cocok photo background merah (4×6 cm sekitar 6 helai), foto copy rumus sidik jari Anda.

4.Kirim document yang berbentuk fotokopian itu ke alamat famili/rekan Anda.

5. Sesudah document diterima, meminta rekan/saudara Anda tiba ke Polsek/Polres/Polda/Mabes Polri paling dekat untuk mengurusi SKCK Anda.

6. Turuti semua proses pengurusan secara off line. Bayar ongkos SKCK sesuai biaya yang berjalan Rp30.000,-.

7. SKCK baru Anda jadi dan dapat dikirim ke alamat Anda.

Cara Pembuatan SKCK Lengkap itu mudah

Kenyataannya membuat SKCK itu gampang dan tidak sesibuk yang kita pikir. Yang paling penting ialah menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan dan pahami jalur yang tepat.

Untuk yang baru pertama kalinya membuat, sebaiknya, sama seperti yang telah disebut sebelumnya, melengkapi semua document yang diperlukan dan foto copy dengan jumlah banyak. Dengan penyiapan yang masak, proses pengerjaan SKCK juga dapat usai secara cepat.

Panduan: Sesudah SKCK Anda maka seharusnya Anda dapat sekaligus untuk legalisir SKCK Anda supaya ringkas dan tidak bolak-balik kembali saat perlu SKCK,langsung foto copy beberapa lembar SKCK (seperti kepentingan), lalu berikan foto copy itu pada bagian legalisir SKCK (Ongkos Legalisir SKCK Gratis).

Semoga artikel Cara Pembuatan SKCK Lengkap ini dapat bermanfaat dan dapat memudahkan kalian untuk mengurus SKCK ya!!

Baca juga :

, ,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *