Cara daftar dan membuat serta perpanjangan SIM online

Cara daftar, membuat dan perpanjangan SIM online
sumber: reqnes.com

Cara daftar dan membuat serta perpanjangan SIM online

Cara daftar dan membuat serta perpanjangan SIM online kini sudah bisa kita rasakan kemudahanna, dengan kemudahan ini kita tidak perlu lagi susah-susah antri kepanansan. Sekarang ini, pengerjaan SIM dapat dilaksanakan secara online. Hal tersebut pasti berita baik untuk Teman dekat yang ingin buat SIM, tetapi tidak mau repot.

Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa daftar yang berkaitan masalah SIM Online. Dimulai dari cara daftar, cara membuat SIM baru, sampai ongkos ekstensi SIM. Semua daftar itu dapat dibaca di bawah ini!

Persyaratan Daftar SIM Baru

Seperti membuat SIM biasanya, pengerjaan SIM online perlu penuhi beberapa persyaratan. Persyaratan-syaratnya sendiri sama dengan membuat SIM biasanya, yaitu:

1. Penuhi Persyaratan Administratif

Tiap pembikin SIM perlu penuhi beberapa persyaratan administratif. Beberapa salah satunya ialah bawa KTP, mengikutkan surat info sehat rohani dan jasmani, dan isi formulir permintaan dari faksi kepolisian.

 

2. Penuhi Umur Minimum

Pembikin SIM perlu penuhi persyaratan umur minimum. Yang ingin mempunyai SIM A, C, dan D, mereka perlu berumur minimum 17 tahun. Saat itu, mereka yang ingin SIM A Umum perlu berumur minimum 22 tahun. Adapun buat mereka yang ingin buat SIM B1 dan B2 umum, mereka perlu ada dalam umur minimum 22 dan 23 tahun.

 

3. Mengikut Ujian

Sesudah penuhi dua persyaratan awalnya, pembikin SIM akan dikenai kewajiban untuk mengikut ujian. Ada dua tipe ujian yang ada, yaitu ujian teori dan praktik.

Pembikin SIM akan mengikut ujian teori lebih dulu. Baru sesudahnya mengikut ujian praktik. Untuk yang lulus, mereka dapat masuk di step seterusnya. Untuk yang masih belum, harus mengikut ujian kembali sampai lulus.

 

4. Mempunyai SIM Tertentu, dan Punyai Surat Khusus

Persyaratan ini berlaku buat mereka yang ingin buat SIM B1, B2, dan SIM Umum. Untuk mereka yang ingin buat SIM B1, harus mempunyai SIM A minimum 12 bulan. Sedang mereka yang ingin buat SIM B2, harus punyai SIM B1 minimum 12 bulan. Adapun untuk mereka yang ingin buat SIM Umum, harus punyai surat khusus berbentuk Surat Info Tes Klinik Sopir (SKUKP).

 

Cara Membuat SIM Secara Online

Untuk membuat SIM secara online, Teman dekat harus tempuh beberapa cara. Tidak boleh cemas, kami akan memberitahukan semua cara itu. Adapun beberapa cara yang diartikan ialah:

 

1. Datangi Situs atau Program Sah

Cara pertama kali yang perlu dilaksanakan ialah berkunjung situs atau program sah untuk SIM online. Untuk situs, Teman dekat dapat berkunjung http://sim.korlantas.polri.go.id. Untuk program, Teman dekat dapat ambil e-SIM yang ada di Play Store.

 

2. Isi Formulir

Sesudah lakukan cara pertama, Teman dekat akan disuguhi sebuah formulir. Isi formulir itu, dan file KTP dan surat info rohani dan jasmani. Jika sudah, Teman dekat akan langsung memperoleh bukti register lewat e-mail.

 

3. Kerjakan Pembayaran

Jika sudah mendapatkan bukti register, Teman dekat perlu membayar dengan code yang sudah dikasih oleh situs Korlantas atau program. Teman dekat nanti harus tiba ke Korlantas untuk mengikut ujian, sesudah pembayaran usai.

Nanti saat ke Korlantas, janganlah lupa untuk bawa beberapa persyaratan yang diperlukan. Dimulai dari document syarat, bukti register, sampai bukti pembayaran. Beberapa persyaratan itu nanti haru Teman dekat kasih ke sisi registrasi khusus SIM online.

 

4. Mengikut Beberapa Proses

Saat semua persyaratan diserahkan ke sisi registrasi, Teman dekat harus mengikut beberapa proses yang berjalan. Dimulai dari melakuan photo dan sidik jemari, sampai mengikut ujian teori dan praktik. Jika lulus ujian teori dan praktik, Teman dekat perlu bawa arsip SIM ke sisi pembuatan SIM.

 

Ongkos SIM Baru

Perlu ongkos khusus untuk membuat SIM baru. Ongkos membuat SIM baru sendiri cukup bervariasi. Lantas, berapakah saja ongkos pengerjaan SIM baru?

 

1. Ongkos Pengerjaan SIM Baru

Berdasar Ketentuan Pemerintahan No. 60 Tahun 2016 mengenai PNBP, tiap tipe SIM punyai ongkos pembikinannya sendiri. Adapun untuk detilnya ialah:

  • SIM A, SIM B1, dan SIM B2: Rp 120 ribu.
  • SIM C: Rp 100 ribu.
  • SIM D: Rp 50 ribu.
  • SIM Internasional: Rp 250 ribu.

2. Ongkos Tambahan dan Ongkos Yang lain

Kecuali bayar ongkos pengerjaan SIM baru, Teman dekat perlu bayar ongkos tambahan yang lain. Ongkos tambahan itu mencakup ongkos tambahan asuransi, pemeriksaaan kesehatan rohani dan jasmani, dan mengajukan SKUKP. Adapun detil ongkosnya ialah:

  1. Ongkos asuransi : Rp 30 ribu.
  2. Pengecekan kesehatan jasmani: Rp 25 ribu.
  3. Pengecekan kesehatan rohani: Rp 40 ribu.
  4. permintaan SKUKP: Rp 50 ribu.
  5. Ongkos asuransi ialah ongkos tambahan yang memiliki sifat harus. Setiap pembikin SIm (apa saja tipenya), harus bayar ongkos itu.

 

Saat itu, ongkos pengecekan kesehatan rohani dan jasmani memiliki sifat opsional. Jika Teman dekat lakukan pengecekan di luar Korlantas, Teman dekat tidak perlu bayar ongkos pengecekan kesehatan rohani dan jasmani. Adapun permintaan SKUKP cuman berlaku untuk mereka yang ingin buat SIM Umum, SIM B1, dan SIM B2.

 

Baca Juga :

 

Cara Memperpanjang SIM Online

Kecuali pengerjaan SIM, ekstensi SIM juga bisa juga dilaksanakan secara online. Untuk lakukan ekstensi SIM online, Teman dekat perlu memainkan beberapa cara, yakni:

 

1. Lakukan Register di Situs Sah Korlantas

Cara pertama kali yang perlu dilaksanakan ialah lakukan register. Register sendiri perlu dilaksanakan melalui website sah Korlantas, yakni : http://sim.korlantas.polri.go.id. Tentukan pilihan memperpanjang SIM, lalu turuti cara yang ada. Jika sudah, bikin bukti register, dan membayar.

 

2. Tiba ke Satpas atau Tempat SIM Keliling

Selesai lakukan register dan pembayaran, Teman dekat harus tiba ke Satpas atau tempat SIM keliling. Janganlah lupa untuk bawa bukti pembayaran, dan syarat lain. Seumpama foto copy KTP, SIM lama, surat info kesehatan rohani dan jasmani, dan surat info lulus ujian simulator. Nanti, Teman dekat akan dibawa kebagian pencetkan SIM untuk memperoleh SIM baru.

 

Cara daftar dan membuat serta perpanjangan SIM online

Ongkos Ekstensi SIM

Seperti pengerjaan SIM, ekstensi SIM juga punyai biaya tertentu. Ongkos ekstensi SIM sendiri sudah ditata dalam Ketentuan Pemerintahan No. 60 Tahun 2016. Untuk detilnya, dapat dibaca pada daftar berikut!

 

1. Ongkos Ekstensi SIM

Dalam ketentuan yang sudah kami sebut, setiap tipe SIM punyai ongkos perpanjangannya sendiri. Untuk SIM A, ekstensi SIM dikenai ongkos sejumlah Rp 80 ribu. Sedang untuk SIM C, dikenai ongkos Rp 80 ribu.

 

2. Ongkos Tambahan

Seperti pengerjaan SIM, ekstensi SIM juga perlu ongkos tambahan. Ongkos tambahannya sendiri tidak banyak. Cuman ongkos register, terutamanya untuk mereka yang memperpanjang SIM secara online. Adapun ongkos itu sangat murah, yaitu Rp 5 ribu saja.

 

Faedah Mengurusi SIM Secara Online

Ada beberapa faedah yang dapat didapat saat mengurusi SIM secara online. Entahlah itu untuk pengerjaan atau ekstensi. Untuk pemohon, mereka tidak perlu repot berbaris ke Korlantas. Karena, mereka dapat lakukan registrasi pengerjaan atau memperpanjang SIM melalui website atau program. Sedang untuk petugas SIM, mereka jadi tidak perlu repot untuk menginput data pemohon.

Nah, setelah membaca artikel Cara daftar dan membuat serta perpanjangan SIM online ini semoga kalian dapat memahami dan melakukanya nya dengan mudah ya. semoga bermanfaat.

 

Baca juga :

, ,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *