Pengertian surat permohonan, jenis dan contohnya

Pengertian surat permohonan
sumber:akseleran.co.id

Pengertian surat permohonan

Pengertian Surat permohonan adalah surat sah yang berisi keinginan mengenai satu hal pada pihak lain. Bila akan membuat surat ini, pasti Anda harus menggunakan bahasa yang santun seperti ejaan yang betul dan sampaikan tujuan dan maksud secara jelas dan singkat. Nach, agar tidak salah saat membuat surat permohonan, perhatikanlah beberapa contoh ini yang sebagai wakil bermacam arah pembikinannya.

Di dunia kerja, seorang pegawai tentu pernah ajukan permohonan izin untuk cuti atau keperluan menekan tertentu yang lain. Proses mengajukan izin itu pasti jangan cuman dilaksanakan secara lisan saja. Pegawai itu harus memberikan surat permohonan berisi yang disamakan dengan maksudnya.

Tidak cuman dalam dunia kerja, pelajar SMK atau mahasiswa tingkat akhir yang ingin lakukan magang di satu perusahaan tertentu diwajibkan untuk bikin surat permohonan. Umumnya, surat permohonan itu sebagai document resmi sebagai bukti jika aktivitas magang yang bakal dilaksanakan itu sah disodorkan untuk keperluan menyelesaikan tingkatan pengajaran.

Mempunyai peranan penting dalam beberapa hal, pahami mengenai apakah itu surat permohonan bukan hal yang percuma untuk dilaksanakan. Pelajari contoh dari surat permohonan itu berdasar peranan dan arah pembikinannya juga sebaiknya harus dilaksanakan, terutama untuk beberapa pegawai sebuah perusahaan atau mahasiswa.

Bahkan juga, kepentingan untuk ajukan referensi kerja atau beasiswa, minta kontribusi, sampai dana juga membutuhkan kehadiran surat permohonan ini. Nach, dibanding bingung mengenai apakah itu surat permohonan dan bagaimanakah cara membuat, baca penuturannya di bawah ini.

Apa Itu Surat Permohonan dan Arah Pembikinannya?

Sama seperti yang sempat pernah disentil awalnya, surat permohonan ialah document resmi yang umum dipakai untuk ajukan satu kebutuhan tertentu. Pada umumnya, yang diartikan dengan surat permohonan ialah surat yang dicatat secara pribadi, organisasi, atau tubuh usaha buat meminta satu perihal tertentu ke satu faksi atau lembaga lain.

Dalam membuat surat permohonan pasti ada arah tertentu yang ingin dicapai atau dikatakan secara resmi dan sah. Karena itu, style tulisan dalam pengerjaan surat permohonan harus resmi dan mengikut pola umum yang umum dipakai oleh banyak pribadi atau lembaga.

Tipe dari surat permohonan cukup bermacam, sesuai tujuan dan maksudnya. Beberapa macam yang umum dibikin ialah surat permohonan untuk referensi, izin, magang, kontribusi, dan dana.

Pola Surat Permohonan

Kecuali hal di atas, surat permohonan harus juga dibikin dengan memakai pola yang sudah ditetapkan. Pola pengerjaan surat permohonan itu harus mencakup:

1. Kop Surat

Umumnya dalam sebuah surat sah, ada kop surat yang umumnya berada pada bagian teratas. Kop surat sendiri mempunyai peranan untuk sampaikan info ke yang menerima berkenaan “oleh siapa” atau lembaga mana surat itu dikirim.

Disamping itu, kop surat memperlihatkan keresmian dari pengirimnya. Hingga, yang menerima dapat semakin cepat dan serius dalam menanggapinya.

*Ada beberapa keadaan yang tidak mewajibkan pemakaian kop surat.

2. Nomor Surat

Nomor surat penting untuk sang pengirim dan yang menerima karena nomor itu bisa dipakai untuk proses pengarsipan.

3. Tempat dan Tanggal Surat Dibikin

Tempat dan tanggal surat sebagai sisi yang juga sangat penting dari sisi yang lain. Karena tempat dan tanggal surat mempunyai peranan untuk menerangkan kapan dan dimana surat permohonan itu dibikin.

4. Hal

Di bagian ini akan diterangkan pokok dasar dari dibikinnya surat permohonan itu.

5. Isi

Sisi ini umumnya dipisah jadi tiga, yakni:

  • Pembuka : umumnya berisi kata salam. Seperti, dengan hormat, salam sejahtera, assalamualaikum, dan lain-lain. Disamping itu, di bagian ini umumnya pengirim akan mengenalkan dianya.
  • Isi : terangkan info khusus yang ingin dikatakan. Buat keterangan sedetail kemungkinan dengan kalimat resmi.
  • Penutup : di bagian ini umumnya pengirim atau pembikin surat akan tuliskan keinginannya perkataan terima kasih.
  • Nama dan Tanda Tangan di atas Materai
  • Paling akhir, tiap pengirim harus memberikan nama komplet dan tanda-tangan yang digoreskan di atas materai 6000.

6. Tambahan

Document yang lain diikutkan untuk lengkapi surat permohonan itu.

Maka yakinkan untuk mengikut pola pengerjaan surat permohonan itu supaya kesan-kesan resmi dalam document sah tidak raib.

Baca Juga :

Pengertian surat pribadi

Contoh Surat Resmi dan cara menulisnya

Pengertian Surat Niaga dan penjelasanya

Etika Mengirim email yang baik dan benar

Surat lamaran Kerja

Pengertian Surat Undangan 

Contoh Surat Permohonan untuk Referensi

Tipe surat permohonan yang pertama untuk referensi. Umumnya, pengerjaan surat permohonan untuk referensi ini dipakai untuk pelajar, mahasiswa, atau pegawai yang ingin memperoleh beasiswa, pekerjaan, penyediaan aktivitas atau acara, dan lain-lain. Isi pada surat permohonan tipe ini ialah penilaian atas performa atau prestasi yang dipunyai oleh pemohon.

Berikut contoh dari surat permohonan untuk referensi:

1. Contoh Surat Permohonan untuk Izin

Surat permohonan tipe yang pertama untuk keperluan izin yang disodorkan ke seseorang atau faksi lain. Umumnya, surat permohonan ini dibikin karena ada kepentingan atau aktivitas yang mewajibkan pemohon untuk mendatanginya. Bukan hanya hanya itu, surat permohonan izin dapat dipakai bila Anda ingin memakai satu tempat dan ada banyak kembali.

Pengertian surat permohonan
source: cermati.com

 

2. Contoh Surat Permohonan untuk Magang

Setelah itu surat permohonan untuk keperluan magang. Dapat ditegaskan jika surat permohonan tipe ini lebih banyak dibikin oleh mahasiswa tingkat akhir atau pelajar SMK yang wajib melakukan magang sebagai persyaratan menuntaskan pengajaran.

Berikut contoh dari surat permohonan untuk magang:

 

Pengertian surat permohonan
sumber:cermati.com

 

3. Contoh Surat Permohonan untuk Kontribusi

Bukan hanya untuk kepentingan pekerjaan atau pengajaran, surat permohonan dapat dipakai untuk minta dana untuk satu faksi tertentu. Salah satunya contoh dari surat permohonan tipe ini ialah keinginan kontribusi dana untuk mengurangi beban ongkos sekolah.

Berikut contoh dari surat permohonan untuk kontribusi:

Image : cermati.com

 

Baca juga :

Pengertian surat Undangan

Pengertian surat perintah

Pengertian surat pengantar

 

4. Contoh Surat Permohonan untuk Dana

Hampir serupa dengan tipe surat permohonan untuk kontribusi, ada pula surat permohonan untuk dana. Lebih detil, pemohon dari surat permohonan ini langsung mengatakan maksudnya yakni minta dana untuk penuhi satu kepentingan. Umumnya, surat permohonan ini dipakai untuk oleh pelaksana sebuah acara atau moment yang cari sponsor ke satu perusahaan atau merek tertentu.

Berikut contoh dari surat permohonan untuk dana:

source : cermati.com

Ketahui Langkah Membuat Surat Permohonan dengan Menyaksikan contohnya

Surat permohonan memang mempunyai manfaat yang banyak. Tidak cuman untuk beberapa pegawai dalam suatu perusahaan, tetapi juga untuk pelajar SMK atau mahasiswa yang ingin ajukan peluang magang. Makapelajari mengenai apakah itu surat permohonan dan langkah membuat ialah poin penting untuk dilaksanakan.

Semoga artikel pengertian surat permohonan ini bermanfaat.

 

Baca Juga :

Jenis-jenis surat

Surat lamaran kerja via email secara resmi

Contoh surat lamaran kerja bahasa inggris

Contoh surat lamaran kerja yang benar agar mudah diterima

Menulis subject email lamaran kerja. Penting!

Pengertian surat edaran

, ,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *