Pengertian Surat Pengantar, fungsi dan Contohnya

Pengertian surat pengantar
sumber:ruangfreelance.com

Pengertian surat pengantar sebagai surat yang penting untuk penuhi kepentingan tertentu. Walau sekarang surat menyurat mulai ditempati, tetapi pada lembaga atau perusahaan berbicara dengan surat tetap dipakai.

Argumennya karena surat dipandang paling berkaitan sebab bisa disaksikan secara fisik dan dapat jadi arsip atau tanda bukti, terutama bila berisi mengenai suatu hal yang bernilai karena itu surat itu akan tersimpan secara rapi. Salah satunya surat yang digunakan sampai sekarang ini ialah surat pengantar.

Buat merajut komunikasi antar lembaga, perusahaan, organisasi atau barisan warga, sampai sekarang ini surat tetap jadi opsi pertama. Salah satunya surat yang pasti sudah kenal khusunya untuk beberapa karyawan kantoran atau perusahaan ialah surat pengantar. Bila ada barang atau document yang akan dikirimkan ke kantor atau lembaga lain, karena itu bersama document atau barang pasti diikutkan juga surat pengantar.

 

Apa Itu Surat Pengantar?

Surat pengantar ialah surat yang ditujukan untuk memberitahukan pada pihak tujuan jika hal yang ingin dilaksanakan oleh sang pembawa surat sudah dijumpai dan atas ijin seorang yang bertanggungjawab. Sebagai contoh, kamu seorang karyawan atau calon karyawan yang disuruh untuk memberi surat SKCK. Kamu harus bawa surat yang diberi tanda tangan petinggi lingkungan rumah, yakni RT, RW dan kelurahan, lalu surat itu diperlihatkan pada pihak kepolisian supaya SKCK kamu bisa diedarkan.

Pengertian dan Peranan Surat Pengantar

Kemungkinan Anda mempunyai pengalaman untuk bikin sebuah surat pengantar untuk kebutuhan tertentu. Surat pengantar sendiri sebagai surat yang dibikin untuk memberitahukan pada pihak tertentu tujuan oleh penulis surat itu.

Peranan surat pengantar untuk jadi tanda sesungguhnya arah si pembawa atau penulis surat telah dijumpai dan dapat dipertanggungjawabkan.

Karena lewat surat pengantar karena itu segalanya yang terkait dengan kebutuhan sang pembawa atau penulis surat telah dijumpai oleh faksi yang dapat bertanggungjawab. Karena ada surat ini juga, faksi pembawa atau penulis surat mempunyai wewenang untuk dapat lakukan atau memperoleh apa saja sesuai kerangka yang ada pada surat tanpa perlu kembali diduga oleh faksi tujuan.

Surat pengantar sendiri banyak dipakai untuk kepentingan yang terkait dengan kedinasan atau akademis untuk lembaga atau perusahaan tertentu. Disamping itu surat pengantar termasuk juga dalam tipe surat yang sah.

 

Baca Juga :

Jenis-jenis surat

Surat lamaran kerja via email secara resmi

Contoh surat lamaran kerja bahasa inggris

Contoh surat lamaran kerja yang benar agar mudah diterima

Menulis subject email lamaran kerja. Penting!

Pengertian surat Undangan

Pengertian surat perintah

 

Secara umum surat pengantar memiliki kerangka atau unsur-unsur yang penting sebagai berikut:

 

1. Kop Surat

Tiap surat sah harus hukumnya untuk diperlengkapi dengan kop surat. Kop surat sendiri sangat penting untuk memperlihatkan keresmian dari sebuah surat terhitung surat pengantar.

Disamping itu kop surat sendiri mempunyai peranan sebagai identitas sah dari lembaga/perusahaan sebagai faksi penulis surat itu. Di dalamnya juga diperlengkapi bernama atau alamatnya.Hingga dalam membuat surat pengantar karena itu kop surat jangan terlewati.

 

2. Penyeleksian Bahasa

Dalam pengerjaan sebuah surat sah, karena itu salah satunya faktor paling penting yang perlu selalu jadi perhatian yaitu penyeleksian bahasa.

Karena itu Anda harus memerhatikan penyeleksian bahasa sah yang sesuai EYD (Ejaan Yang Ditingkatkan).

Upayakan Anda membuat surat pengantar berisi yang cepat, padat, terang, resmi, dan masih memerhatikan segi sopan dalam tiap penyeleksian ucapnya.

 

3. Tanggal Surat

Faktor penting yang serupa sekali jangan ketinggalan bila membuat suatu surat pengantar yaitu tanggal. Tanggal sendiri berperanan sebagai petunjuk kapan surat itu dicatat dan sampai kapan periode berfungsinya.

 

4. Info

Dalam isi surat pengantar harus mempunyai info yang pasti dan benar yang dapat dipertanggung jawabkan.

 

5. Pemberi dan Yang menerima

Dan faktor paling penting yang lain ialah penulisan nama yang menerima atau pengirim surat pengantar. Yakinkan penulisan itu dibarengi bernama terang, gelar, kedudukan atau Lembaga.

6. Tanda Tangan dan Stempel

Diakhir surat pengantar yang sudah keluar, harus ada tanda-tangan orang yang keluarkan surat pengantar itu yang dibumbuhi dengan stempel sah lembaga berkaitan.

 

Contoh surat pengantar :

pengertian surat pengantar
Sumber : finansialku.com

 

 

Pengertian surat pengantar
Source : finansialku.com

 

Semoga artikel tentang pengertian surat pengantar ini bermanfaat.

 

Baca Juga :

Pengertian surat pribadi

Contoh Surat Resmi dan cara menulisnya

Pengertian Surat Niaga dan penjelasanya

Etika Mengirim email yang baik dan benar

Surat lamaran Kerja

Pengertian Surat Undangan 

, , ,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *