Pengertian Surat Pribadi, Mengenal Ciri, Jenis, dan Strukturnya

Pengertian Surat Pribadi

 

Pengertian Surat Pribadi Iadalah jenis surat yang dibikin untuk kepentingan pribadi atau individual yang diperuntukkan pada pihak lain, baik ke seorang atau ke organisasi/ perusahaan. Namun karena ini bersifat pribadi biasanya surat ini hanya sebatas lingkup kecil atau orang terdekat saja.

 

Surat pribadi dapat memakai bahasa baku atau tidak baku karena isi surat itu bisa disamakan dengan kepentingannya. Dalam penulisan isi surat pribadi selalu harus memerhatikan norma dan memakai bahasa yang santun.

 

Disaksikan dari sisi didalamnya, surat pribadi bisa dibagi jadi 2 jenis, yakni:

 

  1. Surat pribadi yang karakternya tidak sah, yakni surat pribadi yang dibikin dan dikirimkan seseorang ke lingkup kecil disekitarnya dan keluarganya. Bahasa yang dipakai tidak baku, namun tetap memerhatikan kesopanan dalam penulisan surat.Contohnya : Surat perkenalan, surat antar kerabat, surat kepada teman dekat, surat kepada ayah dan ibu kita.
  2. Surat pribadi yang karakternya 1/2 resmi, yakni surat yang dibikin dan dikirimkan seseorang secara pribadi ke petinggi atau satu organisasi/ lembaga/Instansi/Perusahaan. Surat pribadi jenis ini harus memakai bahasa baku atau bahasa formal dengan beberapa aturan tertentu dan harus sopan tentunya.Contohnya : Surat lamaran kerja, surat izin tidak masuk kerja, surat berangkat sekolah, surat izin cuti/libur.

Ciri-Ciri Surat Pribadi

Sangat mudah untuk mengenali surat pribadi,  surat pribadi dapat kita ketahui dari karakternya. Berikut ialah ciri-ciri surat pribadi biasanya:

  • Surat pribadi tidak diperlengkapi dengan kepala surat (kop surat).
  • Surat pribadi tidak mempunyai nomor surat.
  • Salam pembuka dan penutup dalam surat pribadi karakternya non resmi dan rileks.
  • Bahasa yang dipakai disamakan dengan arah surat pribadi itu. Memakai bahasa
    baku bila karakternya sah, dan menggunakan bahasa tidak baku bila karakternya tidak sah.
  • Pola surat pribadi biasanya lebih bebas/santai.

 

Peranan Surat Pribadi

Apa peranan surat pribadi? Berikut fungsi-fungsi dari surat pribadi:

 

1. Untuk Ekspresikan Hati

 

Surat pribadi umumnya dipakai untuk kepentingan individual hingga kerap dipakai untuk mengutarakan rasa/perasaan kepada seseorang atau orang-orang terdekat. juga dapat untuk menunjukan suatu keinginan atau keperluan terhadap orang lain.

 

2. Jadi Wakil Penulis

 

Surat pribadi berperan sebagai wakil atau duta penulis surat. Dalam kata lain, surat pribadi sebagai wakil penulis surat untuk berbicara dengan faksi lain.

 

3. Fasilitas Pengutaraan Gagasan dan Ide

 

Pengutaraan ide dan gagasan bisa dilaksanakan lewat surat pribadi ke seseorang. Dengan semacam ini karena itu sang penulis bisa sampaikan gagasan dan idenya secara bebas. sebagai sarana lain untuk mengungkap perasaan melalui tulisan.

 

4. Meningkatkan Kekuatan Bahasa

 

Menulis sebuah surat pribadi bisa menolong meningkatkan kekuatan bahasa seorang. Makin kerap membuat surat pribadi karena itu kekuatan gaya bahasa seorang akan berkembang.

 

Tipe-Jenis Surat Pribadi

 

Sesudah pahami pengertian surat pribadi dan perannya, tentu saja kita perlu ketahui apa beberapa macam surat pribadi. Berikut ialah beberapa jenis surat pribadi itu:

 

1. Surat Pribadi Kekerabatan

 

Jenis surat pribadi yang ini ditujukan untuk kepentingan komunikasi dengan keluarga, famili, atau beberapa orang yang dicintai atau yang dianggap dekat.

 

Surat pribadi kekerabatan umumnya memakai bahasa tidak baku. Surat jenis ini biasanya dibikin dalam tulisan tangan, surat ini biasa mengandung humor atau ungkapan perasaan seseorang baik itu kepada orang tua, teman atau orang yang di sukai.

 

2. Surat Pribadi 1/2 Resmi

 

Pengertian surat pribadi 1/2 Resmi ialah surat pribadi yang satu yang dipakai untuk kepentingan berbicara dengan satu lembaga/ organisasi/ Instansi yang biasanya sifatnya adalah kebutuhan tertentu.

 

Pemakaian bahasa dan pola penulisan harus dibikin sedemikian rupa, yakni dalam bahasa baku dan santun. Surat pribadi 1/2 resmi bisa dipisah jadi dua, yakni:

 

  • Surat lamaran kerja memakai bahasa baku yang bagus, santun, dan gampang dipahami.namun dengan syarat dan kententuan yang sudah ditentukan.
  • Surat Permintaan/Permohonan, yakni surat yang dibikin dan diberikan pada pihak lain, baik itu pribadi atau lembaga/ organisasi, untuk mengajukan permintaan atau permohonan, untuk penulisan surat ini masih tetap menggunakan bahasa formal dan santun.

Susunan Surat Pribadi

Dalam pengerjaan sebuah surat pribadi, ada bagian-bagian yang sama-sama perlu dilengkapi. Beberapa bagian surat pribadi itu diantaranya:

 

1. Alamat dan Tanggal Penulisan Surat Di bagian ini pembikin surat tuliskan alamatnya dengan singkat dan tanggal surat itu dibikin.

 

Contoh: 

Sleman, 11 Mei 2021

 

Rania Alnamira

Jl. Sukoharjo NO. 11

Sukoharjo, Sleman

Yogyakarta

 

2. Salam Pembuka

Salam pembuka sebagai langkah penulis surat mengawali komunikasi lewat surat pribadi. Sejumlah kata yang kerap dipakai sebagai salam pembuka dalam surat pribadi biasanya terkensan hangat atau kekeluargaan/dekat.

 

  • Asalamualaikum
  • Salam sejahtera
  • Dear…
  • Salam manis
  • Salam Hangat dan sebagainya

 

3. Paragraf Pembuka

Kalimat di paragraf pembuka umumnya berbentuk pertanyaan ungakapan perhatian berkenaan berita kepada orang  yang menerima surat.

 

Hai Rahma, bagaimana kabarmu sekarang? aku berharap tentu kamu dalam keadaan sehat ya! Alhamdulillah aku di sini juga dalam sehat dan baik-baik saja” Lama sekali kita tidak bertemu, tentu kamu telah lebih sukses sekarang…”

 

4. Paragraf Isi

Di bagian ini ialah bagian penting dimana sang penulis surat sampaikan inti atau arah dibikinnya surat itu. Sebuah surat pribadi harus juga mempunyai arah yang pasti dan dikatakan dalam bahasa yang gampang dipahami namun akrab dan sopan.

Rania, sahabat dekatku yang terbaik. Banyak hal yang telah berubah di kampung kita sejak kamu pergi meninggalkan kami dan pergi ke kota. Banyak sekali bangunan baru yang dibangun pemerintah, dan sekarang banyak sekali peluang kerja di sini. Aku berharap kamu mau bekerja di sini bersama ku, dan kita memulai usaha bersama…”

 

5. Paragraf Penutup

Paragraf ini dipakai untuk menutup surat atau akhiri surat pribadi. Kalimat yang kerap dipakai ialah keinginan, harapan, mohon diri, permohonan maaf, dan sebagainya

Nia, sampai di sini dulu ya suratku ini. Jangan lupa dibalas ya karena aku menantikan kabar mu. Jangan lupa pula sampaikan salamku kepada keluarga mu disana..

 

Nah, demikian pengertian surat pribadi dan beberapa susunan yang perlu kalian ketahui, dan di bawah ini adalah  cntoh surat pribadi secara lengkap yang bisa menjadi referensi kalian.

 

Contoh Surat Pribadi 1

Sleman, 20 Mei 2021

Sahabatku
Rania Alnamira
Di Jakarta

Salam Hangat,

 

Hai Rania, bagaimana kabarmu sekarang? aku berharap tentu kamu dalam keadaan sehat ya! Alhamdulillah aku di sini juga dalam sehat dan baik-baik saja” Lama sekali kita tidak bertemu, tentu kamu telah lebih sukses sekarang…”

 

Rania, sahabat dekatku yang terbaik. Banyak hal yang telah berubah di kampung kita sejak kamu pergi meninggalkan kami dan pergi ke kota. Banyak sekali bangunan baru yang dibangun pemerintah, dan sekarang banyak sekali peluang kerja di sini. Aku berharap kamu mau bekerja di sini bersama ku, dan kita memulai usaha bersama…”

 

Nia, sampai di sini dulu suratku ini. Jangan lupa dibalas ya karena aku menantikan kabar mu. Jangan lupa pula sampaikan salamku kepada keluarga mu disana..

 

Sampai jumpa

 

Sahabatmu,

 

Contoh Surat Pribadi 2

 

Ungaran, 28 Mei 2019

 

Ibu tersayang
Di Sleman

Salam Rindu,

Assalamualaikum ibu, Ibu apa kabar disana, semoga Ibu, Ayah dan keluarga disana selalu dalam keadaan sehat ya! Aku di sini alhamdulillah juga dalam keadaan sehat walafiat.

Ibu, untuk lebaran kali ini aku tidak bisa pulang kampung, karena ada kebijakan pemerintah yang melarang untuku mudik di lebaran tahun ini, jadi aku tidak bisa pulang karena keadaan yang tidak tepat bu. Aku berharap Ibu dan sekluarga selalu dalam keadaan sehat, dan aku minta maaf karena tidak bisa pulang untuk lebaran bersama keluarga.

Ibu, sekian dulu suratku ya, tolong ibu balas karena aku sangat ingin mengetahui kabar dari ibu dan keluarga tercinta.

wasalamuailkum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Sayang.

Rahma,

 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

 

Baca Juga : Surat lamaran kerja via email secara resmi

Baca Juga : Contoh surat lamaran kerja bahasa inggris

 

, ,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *