Jenis-jenis surat beserta detailnya

Jenis-jenis surat

 

Jenis-jenis surat yang umum diketahui oleh banyak orang sangat minim, mungkin kebanyakan orang hanya mengetahui secara umum seperti surat resmi, surat perintah dan surat lamaran kerja, padahal jenis surat ini sangatlah banyak dan bervariasi bergantung pada fungsinya.

 

Surat jadi sisi dari wujud komunikasi yang ada dalam kehidupan manusia. Jadi salah satunya alat berkomunikasi yang memberi faedah dan manfaat pada periodenya dan masih dipakai sampai sekarang ini. Alat berkomunikasi ini tetap jadi opsi untuk lakukan sebuah komunikasi atau jalinan kerja sama yang dilaksanakan oleh satu perusahaan atau lembaga.

 

Walau dalam pemakaian sebagai alat berkomunikasi perorangan atau individu banyaknya telah makin sedikit karena telah ada perkembangan tehnologi yang mempermudah dalam berbicara. Surat tetap jadi opsi oleh beberapa orang tertentu untuk berkomunikasi.

 

Pemakaian persuratan berbentuk kerja sama antar perusahaan memang benar – benar berperanan penting karena menyambungkan atau menerangkan berkenaan jalinan kerja sama yang dilaksanakan oleh faksi itu.

 

Namun dengan perkembangan tehnologi yang makin hebat dan berkembang mengganti mekanisme persuratan yang dilaksanakan dengan manual dan konservatif jadi langkah yang lebih kekinian dan hebat yang tentu saja akan mempermudah saat lakukan proses persuratan yang ada dalam satu perusahaan.

 

Pengubahan yang ada dari memakai langkah konservatif jadi langkah yang kekinian tentu saja masih memerhatikan inti surat yang ada di mekanisme persuratan. Inti surat yang jadikan surat sebagai fasilitas komunikasi dan wujud kerja sama, dan masih memerhatikan karakter surat dan jenis surat yang ada.

 

Jenis-jenis surat

 

Pada umumnya beberapa bagian surat terbagi dalam kop surat, tempat dan tanggal penulisan surat, nomor surat, tambahan, hal, alamat arah, salam pembuka, isi surat, salam penutup, nama pengirim dan tanda-tangan, serta tembusan. Beberapa bagian itu ada di surat sah, sementara pada jenis surat lain tidak seluruhnya ada.

 

Kecuali surat individu dan surat sah ada jenis-jenis surat yang lain. Setiap jenis mempunyai banyak contoh surat seperti kepentingannya. Misalkan surat sah yang dapat berbentuk surat keinginan, surat p rintah, surat selebaran, dan surat undangan.

 

Nah, kali ini mari kita bahas detail dari jenis-jenis surat, kita mulai dari :

 

Pengertian dan Tujuan Surat

 

Surat mempunyai makna sebagai fasilitas komunikasi untuk pengutaraan info, berita atau maksud yang mempunyai elemen sebagai pengirim dan yang menerima surat. Pengirim surat tentu saja mempunyai arah atau tujuan dalam pengerjaan surat yang dikirimkan ke yang menerima surat. Surat mempunyai bermacam tipe dan jenis sesuai keperluan dari pengirim untuk yang menerima.

 

Berikut adalah beberapa fungsi dari surat :

 

  1. Sebagai sarana komunikasi
  2. Bentuk kerjasama
  3. Media penyimpanan
  4. Alat bukti tertulis
  5. Sebagai pedoman kerja

 

 

Jenis-Jenis Surat

 

Berikut ini adalah jenis-jenis surat yang perlu kita ketahui antara lain terdiri dari surat pribadi, surat resmi, surat niaga, surat dinas, dan surat lamaran kerja.

 

1. Surat Pribadi

 

Tipe surat yang pertama ialah surat pribadi. Surat pribadi sebagai tipe surat yang dipakai untuk kebutuhan individu atau pribadi tertentu, dapat berbentuk hubungan dan reportersi antar keluarga atau rekan saja atau bisa dikatakan surat tersebut bersifat kekeluargaan yang mencakup grup kecil.

 

Beberapa ciri surat pribadi diantaranya tidak memakai kop surat, tidak mempunyai nomor surat, tipe salam pembuka dan penutup bervariatif, pemakaian bahasa bebas dan condong tidak sah, dan pola surat yang bebas, tidak terlilit ketentuan tertentu.

 

2. Surat Resmi

 

Surat resmi ialah tipe surat yang dipakai untuk kebutuhan sah, dapat dari perorangan, lembaga, atau organisasi tertentu. Beberapa hal sah itu meliputi undangan, pernyataan, selebaran, dan lain-lain, yang memiliki sifat resmi.

 

Beberapa ciri surat resmi diantaranya memakai kop surat, mempunyai nomor surat, tambahan, dan hal, memakai salam pembuka dan penutup yang biasa, memakai bahasa sah dan baku, mengikutkan stempel instansi sah bila ada, dan memakai pola yag baku.

 

Baca Juga :

 

Ada beberapa jenis-jenis surat resmi, berikut pengertianya:

 

  • Surat Permohonan

    Suratpermohonan sebagai tipe surat sah yang dipakai satu faksi untuk ajukan permintaan ke faksi lain. Tipe surat ini dapat dari perorangan ke perorangan, perorangan ke instansi, atau instansi ke instansi.

  • Surat Keputusan

    Surat keputusan sebagai tipe surat sah yang diperuntukkan untuk sampaikan keputusan dari faksi atasan terkait dengan hal yang ingin diumumkan. Biasanya surat keputusan terkait dengan susunan pada suatu instansi atau lembaga.

  • Surat Kuasa

    Surat kuasa sebagai tipe surat sah yang menerangkan mengenai pemberian kuasa atau kuasa dari 1 faksi ke faksi lain. Tipe surat ini dicatat karena faksi pemberi kuasa sedang berhalangan, hingga diwakilan oleh faksi yang lain dipilih untuk dikasih kuasa.

  • Surat Perintah

    Surat perintah sebagai tipe surat sah yang didalamnya memberi pekerjaan atau perintah dari atasan pada pihak berkaitan. Biasanya tipe surat perintah diketemukan di instansi, perusahaan, atau lembaga tertentu.

  • Surat Pengantar

    Surat pengantar sebagai tipe surat sah yang dipakai sebagai pengantar untuk tujuan dan maksud lain. Tipe surat ini umumnya jadi sebagai persyaratan untuk mengurusi arsip dan document tertentu.

  • Surat Edaran

    Surat edaran sebagai tipe surat sah yang didalamnya berbentuk pernyataan berkaitan aktivitas atau hal tertentu pada kelompok tujuan. Dapat disebut surat edaran perannya untuk memberikan info, tetapi dikeluarkan secara resmi oleh lembaga sah.

  • Surat Undangan

    Surat undangan sebagai tipe surat sah yang mempunyai tujuan untuk panggil atau mengundang orang atau faksi tertentu pada suatu acara atau aktivitas. Tipe surat undangan ini terhitung surat sah dan memakai bahasa resmi juga.

 

Kegunaan Surat Resmi

 

  • Surat resmi mempunyai peranan khusus, yakni sebagai fasilitas info atau pernyataan berkenaan beberapa hal khusus yang dikatakan oleh satu faksi pada pihak yang lain.
  • Peranan surat resmi dapat sebagai bukti tercatat berbentuk document di mana didalamnya harus dapat dipertanggungjawabkan.
  • Surat resmi berperan sebagai dasar kerja saat lakukan satu aktivitas yang berisi mengenai beberapa langkah kerja untuk kepentingan tertentu.
  • Peranan lain dari surat resmi, yakni untuk alat pengingat untuk yang menerima surat, baik itu perseorangan, organisasi, atau instansi.
  • Surat resmi berperan sebagai bukti bersejarah dan bukti urutan bila setiap saat dibutuhkan.

 

3. Surat Niaga

 

Surat niaga sebagai salah satunya tipe surat yang dipakai tubuh usaha atau instansi untuk mengadakan aktivitas usaha niaga seperti industri atau layanan. Tipe surat ini penting untuk membuat jaringan dan jaringan usaha dengan faksi luar.

 

Surat niaga sendiri terbagi dalam surat jual-beli, kwitansi, dan perdangangan. Biasanya kategorisasi surat niaga dapat dibagi jadi surat niaga intern dan surat niaga external, bergantung faksi yang turut serta dan berkepntingan pada isi surat itu.

 

Baca Juga : Contoh surat lamaran kerja bahasa inggris

 

ada Terdapat beberapa jenis-jenis surat niaga sesuai dengan fungsi dan keperluanya, yang antara lain adalah sebagai berikut :

 

  • Surat Perkenalan

    Surat perkenalan sebagai tipe surat niaga yang mempunyai tujuan untuk mengenalkan usaha kepada pihak lain. Perusahaan membuat surat perkenalan untuk mengenalkan produknya, baik barang atau layanan, terhitung keunggulan, feature, harga, dan promosi yang lain.

  • Surat Penawaran

    Surat penawaran sebagai tipe surat niaga yang mempunyai tujuan untuk tawarkan produknya, baik barang atau layanan. Dengan begitu perusahaan membuat surat ini dengan keinginan customer akan beli produknya.

  • Surat Permohonan Penawaran

    Surat permintaan penawaran sebagai tipe surat niaga yang dibikin calon konsumen ke perusahaan dengan arah untuk minta tawarkan produk yang dipunyai perusahaan itu. Konsumen minta daftar, edaran, atau promosi perusahaan berkaitan produk yang dipasarkan.

  • Surat Pesanan

    Surat pesanan sebagai tipe surat niaga yang dibikin calon konsumen ke perusahaan dengan arah untuk pesan produk atau service tertentu. Dalam kata lain, customer ingin beli barang atau layanan tertentu melalui surat pesanan ini.

  • Surat Verifikasi Pesanan

    Surat konfirmasi pesanan sebagai tipe surat niaga yang dibikin penjual sebagai balasan dari surat pesanan. Dalam surat ini penjual pastikan jumlah barang yang bakal dibeli customer dan harga, langkah pembayaran, detil pengangkutan, dan beberapa hal yang lain.

  • Surat Pernyataan Pengantaran Barang

    Surat pemberitahuan pengiriman barang sebagai tipe surat niaga yang dibikin penjual untuk memberitahu pengangkutan barang pada konsumen. Tipe surat ini dibikin sesudah penjual dan konsumen sudah setuju berkenaan transaksi bisnis tertentu.

  • Surat Penolakan Pesanan

    Surat penolakan pesanan sebagai tipe surat niaga yang dibikin penjual saat penjual menampik keinginan pesanan dari konsumen berkaitan produk tertentu. Ini dapat muncul karena beberapa argumen, misalkan saat stok barang habis atau konsumen menawar pada harga rendah.

  • Surat Penagihan

    Surat penagihan sebagai tipe surat niaga yang dibikin saat terjadi transaksi bisnis dengan pembayaran utang. Tipe surat ini dibikin penjual ke konsumen saat waktu bayar utang datang atau jatuh termin.

  • Surat Pengantaran Pembayaran

    Surat pengiriman pembayaran sebagai tipe surat niaga yang dibikin konsumen sesudah terima barang yang diminta dari penjual. Tipe surat ini dibarengi nominal harga, langkah pembayaran, dan bukti pembayaran yang telah disetujui awalnya.

  • Surat Pembatalan Pembayaran

    Surat penangguhan pembayaran sebagai tipe surat niaga yang dibikin konsumen atas surat bill yang dikirimkan penjual. Tipe surat ini dibikin saat konsumen tidak dapat membayar karena satu dan lain argumen.

  • Surat Jawaban Pembatalan Pembayaran

    Surat jawaban penundaan pembayaran sebagai tipe surat niaga yang dibikin penjual sebagai jawaban dari surat penangguhan pembayaran yang dibikin konsumen. Dalam surat ini berisi penampikan atau syarat pembayaran produk yang baru.

  • Surat Aduan

    Surat pengaduan atau surat protes ialah tipe surat niaga yang dibikin konsumen bila terjadi kekeliruan atau cacat produk yang diterima. Konsumen berasa tidak terima karena produk yang dikirimkan tidak sesuai pesanan.

  • Surat Jawaban Aduan

    Surat jawaban pengaduan sebagai tipe surat sah yang dibikin penjual sebagai balasan dari surat pengaduan dari konsumen. Dalam surat ini, penjual biasanya mohon maaf, memberikan
    keterangan, atau pecahkan permasalahandengan menukar produk yang baru.

Baca Juga : Surat lamaran kerja via email secara resmi

 

4. Surat Dinas

 

Beberapa macam surat selanjutnya ialah surat dinas. Surat dinas dipakai untuk kebutuhan pekerjaan resmi seperti lembaga dinas dan pekerjaan kantor. Peranan surat dinas penting dalam pengendalian administrasi pada suatu lembaga tertentu.

 

Surat dinas dapat berperan sebagai document bukti tercatat, alat pengingat terkait perannya dengan arsip, bukti riwayat atas perubahan lembaga, dan dasar kerja berbentuk surat keputusan dan surat perintah.

 

Beberapa ciri surat dinas diantaranya memakai kop surat dan lembaga atau instansi, memakai nomor surat, tambahan, dan hal, memakai salam pembuka dan penutup yang baku, memakai bahasa sah, memakai stempel lembaga, dan memakai pola surat tertentu.

Baca Juga : Pengertian surat pribadi

Ada banyak beberapa jenis surat dinas sesuai hal dan keperluannya, diantaranya seperti berikut :

 

  • Surat Pernyataan Dinas

    Surat pemberitahuan dinas sebagai tipe surat dinas yang mempunyai tujuan untuk memberi info kesemua anggota lembaga tertentu berkaitan satu hal yang penting dipahami.

  • Surat Undangan Dinas

    Surat undangan dinas sebagai tipe surat dinas yang mempunyai tujuan mengundang dan menginginkan kedatangan faksi tertentu untuk berperan serta pada acara atau aktivitas tertentu.

  • Surat Kuasa Dinas

    Surat kuasa dinas sebagai tipe surat dinas yang mempunyai tujuan melimpahkan kuasa dari seorang pada pihak yang lain bisa dipercayai untuk sebagai wakil orang yang memberikan kuasa itu, karena orang yang berkaitan tidak bisa melakukannya sendiri.

  • Surat Info Dinas

    Surt info dinas sebagai tipe surat dinas yang mempunyai tujuan untuk menjelaskan mengenai rutinitas seorang atau suatu hal tertentu kepada pihak berkaitan yang berkepntingan.

  • Surat Nota

    Surat memo sebagai tipe surat dinas yang dipakai secara interen pada suatu unit organisasi yang dikerjakan oleh petinggi kantor berisi yang condong singkat. Tipe surat memo disebutkan sebagai nota dinas.

  • Surat Selebaran Dinas

    Surat edaran dinas sebagai tipe surat dinas yang berperan sebagai pernyataan mengenai suatu hal yang diperuntukkan pada sebagian orang atau ke banyak faksi sekalian.

  • Surat Pengantar Dinas

    Surat pengantar dinas sebagai tipe surat dinas yang dipakai untuk mengantarkan suatu hal bermaksud supaya orang yang menerimanya ketahui tujuan suatu hal yang diterimanya.

  • Surat Perintah Dinas

    Surat perintah dinas sebagai tipe surat dinas yang dikeluarkan faksi yang mempunyai kedudukan semakin tinggi yang diperuntukkan pada pihak yang lebih rendah, supaya bawahan itu bisa melakukan perbuatan suatu hal atau mungkin tidak melakukan perbuatan suatu hal seperti diterangkan dalam surat perintah itu.

  • Surat Perjalanan Dinas

    Surat perjalanan dinas sebagai tipe surat dinas yang dikeluarkan satu lembaga ke petinggi tertentu untuk lakukan perjalanan dinas, yang dibarengi dengan pendanaan perjalanan dan sarana yang lain.

  • Surat Referensi

    Surat rekomendasi sebagai tipe surat dinas yang dipakai untuk menjelaskan faksi tertentu, dan dibikin dengan seorang pimpinan dengan arah supaya faksi yang direferensikan dapat mendapatkan penilaian positif dari faksi tertentu.

  • Surat Laporan

    Surat laporan sebagai tipe surat dinas yang disebut wujud tanggung jawab atau laporan satu faksi berkaitan pekerjaan atau pekerjaan tertentu yang diberi pimpinan dan telah dikerjakan.

  • Surat Informasi Acara

    Surat berita acara sebagai tipe surat dinas yang didalamnya berbentuk catatan sah berkaitan perjalanan atau satu aktivitas yang berjalan dan berisi rentetan aktivitas atau beberapa hal terkait dengan aktivitas itu dengan detail.

 

5. Surat Lamaran Kerja

 

Beberapa jenissurat yang paling akhirialah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja sebagai tipe surat yang dibikin dan dikirim oleh seorang yang ingin bekerja di kantor, perusahaan, atau lembaga tertentu sebagai tujuan.

 

Bedasarkan formatnya, surat lamaran kerja terhitung dalam surat sah atau surat dinas, tetapi kerap digolongkan sebagai tipe surat sendiri. Ini karena tipe surat ini lebih banyak dibikin dan kerap dijumpai di kehidupan setiap hari.

 

Beberapa bagian pada surat lamaran pekerjaan diantaranya ialah tempat dan tanggal pengerjaan surat, nomor surat, tambahan, hal, alamat arah, salam pembuka, isi dan tujuan, salam penutup, dan tanda tangan dan nama jelas pengirim.

 

Nahh, itu adalah beberapa rujukan jenis-jenis surat dan beberapa ciri dan fungsinya, diterangkan selengkapnya. Ada beberapa tipe surat yang ada, tetapi pada umumnya peranan surat ialah memberi info dari pengirim kepada pihak yang menerima.

 

Baca juga :

, ,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *