Cara membuat Surat Lamaran Kerja supaya mudah diterima

Cara membuat Surat Lamaran Kerja

Cara membuat Surat Lamaran Kerja – Memperoleh pekerjaan bukan satu perihal yang gampang. Banyak sekali pencarian kerja di Indonesia yang tidak bekerja, di mana banyaknya tidak sesuai dengan lowongan kerja yang ada. Seiring waktu berjalan, cari lowongan kerja memang makin gampang dan efisien.

 

Cuman dengan modal internet, kamu bisa cari dan melamar bermacam jenis lowongan kerja di bervariasi posisi, dalam atau luar negeri. Bahkan juga, kamu bisa sesuaikan kekuatan yang kamu punyai, background pengajaran, sampai upah yang kamu harapkan.

 

Namun, otomatis, keringanan itu membuat kamu menjadi lebih banyak saingan dalam cari kerja. Apa lagi bila kamu tidak mempunyai banyak pengalaman dan kemampuan yang dapat kamu tunjukkan.

 

Susahnya memperoleh pekerjaan, atau bahkan juga panggilan interviu kemungkinan membuat kamu jadi sering ketidaktahuan dan bertanya apa yang keliru dengan lamaran pekerjaan atau CV punyamu. Semua di rasa telah komplet dan penuhi persyaratan, tetapi panggilan itu tidak juga tiba.

 

Jika sudah demikian, apakah sudah kamu memeriksa surat lamaran kerjamu? Ini kemungkinan berkesan remeh untuk beberapa orang, tetapi kenyataannya, surat lamaran kerja penting dan penting diingat.

 

Perusahaan pada intinya bukan hanya memandang beberapa calon dari CV saja, tetapi memerhatikan surat lamaran kerja yang dibikin. Karena itu, mulai saat ini coba untuk memeriksa surat lamaran kerjamu saat sebelum mengirimnya ke beberapa perusahaan yang kamu incar.

 

Mengapa surat lamaran kerja penting?

 

Surat lamaran kerja yang bagus, betul dan rapi bisa menggambarkan komunikasi yang bagus dari calon pekerja. Surat yang kamu bikin bisa memberikan keyakinan apa CV yang kamu lampirkan betul atau mungkin tidak, dan memberikan nilai plus buat kamu.

 

Surat lamaran kerja memperlihatkan jika beberapa pelamar mempunyai tekad dan usaha untuk bekerja di perusahaan itu. Apabila surat lamaran kerja menarik, karena itu besar kesempatan kamu dikontak untuk interview.

 

Berikut ialah panduan untuk menulis surat lamaran kerja versi Barara

 

1. Pakailah Bahasa yang Baik dan Betul

 

Saat menulis surat lamaran kerja, kamu harus memakai bahasa yang bagus, santun, betul, dan memberi kesan-kesan professional. Bukan hanya pengalaman dan kemampuan mu yang jadi perhatian, tetapi gaya bahasa dan EYD yang pas, kalimat tidak diulangi atau repetitif. Bila memakai bahasa Inggris, upayakanlah untuk memakai grammar yang tepat.

 

2. Singkat, Padat, Terang

 

Surat lamaran kerjamu akan lebih bagus bila dicatat dengan singkat, padat dan terang. Tidak boleh memakai beberapa kalimat yang susah dan susah dipahami. Tidak boleh berbelit-belit dan beri point utama yang bisa jadi highlight dari surat lamaran kerjamu.

 

3. Tidak boleh Copy Paste

 

Ini adalah poin penting yang penting kamu lihat dalam membuat surat lamaran kerja. Contoh dan template memang banyak berada di internet, hingga mempermudah kamu untuk cari rujukan. Kamu pasti bisa memakai beberapa contoh itu, tetapi janganlah sampai lupa untuk mengubah contoh surat lamaran kerjanya sesuai keperluanmu.

 

Point utama seperti arah perusahaan, tanggal, identitas janganlah sampai lupa kamu tukar, ya. Jika sampai kamu lupa tukar, itu sebagai hal fatal yang dapat kurangi penilaian padamu.

 

4. Melengkapi Surat Lamaran

 

Melengkapi surat lamaran kerjamu dengan beberapa data yang diperlukan, misalkan foto copy KTP, surat rujukan pekerjaan, sertifikat, piagam, transkrip, dan lain-lain sesuai yang disuruh oleh perusahaan.

 

source:asket.info

Point Penting Surat Lamaran Kerja

 

Saat membuat surat lamaran kerja, ada banyak point utama yang harus kamu perhatikan dan jangan sampai terlewat.

 

1. Tempat/tanggal surat
2. Perusahaan/HRD tujuan
3. Perkataan salam
4. Kata pengantar
5. Biodata individu secara jelas serta singkat
6. Background pengajaran, pengalaman bekerja dan kapabilitas yang dipunyai
7. Penutup

 

Trik Menulis Surat Lamaran Kerja

 

Biasanya langkah menulis surat lamaran kerja untuk disodorkan dimanapun sama juga didalamnya. Baik cara membuat secara online, maupun surat yang di tulis langsung untuk di tujukan ke perusahaan tempat kingin bekerja.

 

Di bawah ini beberapa langkah membuat surat lamaran kerja.

 

Tulis beberapa poin berikut secara berurut.

 

1. Tempat serta tanggal penulisan surat.
2. Kepada Yth. nama orang dan gelar,posisinya atau perusahaan yang dituju.
3. Alamat komplet perusahaan jangan dilewati.
4. Salam pembuka
5. Kata pengantar/pembukaan :

 

Saat menuliskan kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja, sertakan di mana Anda memperoleh info tentang lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang Anda incar. Baik dari surat berita atau internet, atau rekan Anda.

 

Sebut status kedudukan pekerjaan yang Anda tentukan bila dalam perusahaan itu memerlukan banyak pegawai baru.

 

6. Biodata individu

 

Tulis nama komplet Anda, tempat dan tanggal lahir, alamat komplet, nomor telephone atau nomor smartphone, E-Mail, Pengajaran (tidak wajib)

 

Bila Anda ingin menulis background pengajaran Anda, catat saja background pengajaran paling tinggi Anda.

7. Pengalaman kerja dan kekuatan Anda

 

Bila awalnya Anda pernah bekerja, tulisan pekerjaan Anda awalnya. Bila tidak pernah bekerja (fresh-graduate) tak perlu. Catat kekuatan Anda yang kira-kira diperlukan dalam perusahaan itu.

 

8. Penutup

 

Tulislah jika Anda memiliki kemauan besar supaya diterima di perusahaan itu. Janganlah lupa menyampaikan Terima kasih.

 

9. Tambahan untuk surat lamaran kerja

 

Supaya perusahaan yang Anda incar makin percaya untuk terima Anda, lampirkan beberapa hal yang bisa menambahkan nilai Anda.

 

Hal yang seharusnya ada sebagai tambahan ialah:

 

  • Pas photo (photo terbaru)
  • Foto copy KTP
  • Daftar Riwayat hidup
  • Foto copy ijazah paling akhir
  • Foto copy sertifikat kapabilitas (pelatihan atau training yang pernah Anda ikuti)

 

10. Hormat saya, (Tanda-tangan dan nama komplet Anda)

 

Baca Juga : Surat lamaran kerja via email secara resmi

 

Sesudah Kalian ketahui cara membuat surat lamaran pekerjaan, Kalian bisa melihat contoh dibawah ini sebagai referensi dan bisa Kalian ganti sesuai keperluan dan data diri masing-masing.

 

Yogyakarta, 08 November 2020
Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth. HRD PT Walltower Gramedia
Yogyakarta

 

 

Dengan hormat,

 

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari website GMV, PT Walltower Gramedia saat ini membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Reporter. Oleh karena itu, bersamaan dengan surat ini, saya ingin melamar pekerjaan di PT Walltower Gramedia untuk mengisi posisi tersebut.

 

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama : Barara
Tempat/Tanggal lahir : Sleman, 11 Maret 1990
Alamat : Mantren RT 06 RW 35
Telepon : 0123456789

 

Saya memiliki latar belakang pendidikan jurnalistik, yang kiranya akan berguna untuk mengisi posisi ini. Saya mampu menulis dengan baik, serta mengerti dasar-dasar seorang Reporter. Saya juga merupakan seseorang yang pekerja keras, memiliki prinsip dan juga mudah bergaul.

 

Berikut saya lampirkan beberapa dokumen untuk pertimbangan:

1. Pas Photo Terbaru
2. Fotocopy KTP
3. Daftar Riwayat Hidup
4. Fotocopy Ijazah Terakhir
5. Fotocopy Sertifikat Jurnalistik
6. Fotocopy Sertifikat PKL

 

Demikianlah surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya untuk bekerja di perusahaan ini. Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian Bapak/Ibu.

 

Hormat Saya

 

(Barara)

 

 

Jika Kalian sudah membuat surat dengan baik pastikan lagi untuk memeriksanya kembali. Berikut tim Barara memberikan beberapa contoh surat lamara kerja dalam bentuk gambar.

 

Nah, Demikian beberapa contoh diatas yang dapat Kalian jadikan refensi, semoga artikel ini bermanfaat.

 

Baca Juga : Contoh surat lamaran kerja bahasa inggris

, ,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *