Surat lamaran kerja | Berikut komponennya.

Surat lamaran kerja
sumber : pahamify.com

 

Surat lamaran kerja merupakan bagian yang harus kita ketahui sebelum kita membuat surat lamaran kerja, kenapa demikian? karena jika kita hanya membuat surat lamaran kerja asal-asalan bisa dipastikan peluang untuk bekerja akan hilang sebelum ada panggilan untuk interview pekerjaan.

 

Sebelum membahas lebih detail tentang komponen surat lamaran kerja, ada baiknya kita mengetahui apa sih surat lamaran kerja itu. berikut penjelasanya :

 

Pengertian Surat Lamaran kerja

 

Surat lamaran pekerjaan ialah surat yang berisi permintaan untuk bekerja di satu instansi, perusahaan, atau perseoran terbatas (PT) yang biasanya mempunyai beberapa bagian berisi jati diri, layanan yang bisa dilaksanakan, pengajaran, sampai info ketrampilan, dan pengalaman (Kemdikbud, 2017, hlm. 1). Sisi yang berisi jati diri, pengajaran, ketrampilan, dan pengalaman disebutkan sebagai kwalifikasi pelamar.

 

Seirama dengan opini di atas, Triyatna (2014, hlm. 95) mengatakan jika surat lamaran pekerjaan ialah surat yang dibikin oleh para pencari kerja atau pelamar kerja yang dikirim ke perusahaan atau instansi dengan keinginan mendapatkan kedudukan atau pekerjaan sesuai lowongan pekerjaan yang dijajakan.

 

Membuat surat lamaran kerja benar-benar bergantung dari tipe lowongan, instansi, serta iklan dari lowongan pekerjaan tersebut. Walau demikian, pada intinya surat lamaran pekerjaan mempunyai wujud dasar yang serupa berdasar klasifikasi umum yang bisa dipakai untuk melamar pekerjaan apa saja.

 

Surat lamaran pekerjaan juga bisa disimpulkan dengan satu surat dari calon pegawai ke calon majikan yang berisi keinginan agar pegawai dikasih pekerjaan oleh calon majikan. Surat lamaran pekerjaan ini umumnya memiliki sifat resmi atau sah, misalkan surat untuk melamar pekerjaan jadi pegawai atau kedudukan tertentu seperti pada iklan yang dijajakan.

 

Dalam masalah ini, pelamar dalam surat lamarannya perlu mengatakan satu sumber lamaran itu di alinea atau paragraf pembuka. Jika lamaran itu tidak berdasar dalam satu sumber, sudah pasti tidak dibutuhkan peenyebutan sumber pada alinea pembuka.

 

Surat lamaran kerja harusnya disesuaikan dengan masing-masing lowongan yang ada. Nah mari kita simak selengkapnya pembahasan untuk komponen penting apa saja perlu ditulis untuk membuat surat lamaran kerja. :

 

Struktur Surat Lamaran kerja yang perlu kita ketahui

 

Sistematika surat lamaran kerja adalah berikut :

  • Tempat dan Tanggal pembuatan surat
  • Lampiran
  • Perihal
  • Alamat surat dan Tujuan Surat
  • Salam pembuka
  • Alinea pembuka
  • Alinea Isi
  • Alinea Penutup
  • Salam penutup
  • Tanda tangan dan nama terang

 

Baca Juga : Surat lamaran kerja via email secara resmi

 

Pejelasan :

 

1. Tempat dan Tanggal pembuatan surat

 

Bagian ini berfungsi untuk mengetahui kapan dan di mana domisili kita ketika membuat surat lamaran kerja. Bagian ini biasa ditempatkan di pojok kanan atas bagian surat serta tanpa menggunakan tanda titik di akhirannya, jadi harus di ingat karena ini bukan merupakan kalimat.

Berikut Contohnya : Yogyakarta, 17 April 2021

 

2.  Lampiran

Memberitahukan isi dari surat lamaran kerja, berapa banyak berkas lampiran yang disertakan, misalnya surat lamaran kerja disertai dengan

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Fotokopi ijazah S1 dilegalisir
3. Fotokopi transkrip nilai
4. Fotokopi sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas foto terbaru
6. Fotokopi SKCK

maka jumalah lampiran sebanyak 6 lembar. point penting pada bagian ini adalah harus ditulis dengan huruf, sehingga akan menjadi bagian yang baik dan benar.

Berikut Contohnya : Lampiran : Enam Lembar

 

3. Perihal / Hal

 

Sama dengan lampiran, bagian ini harus di isi, ada dua jenis yang sering digunakan,

Berikut Contohnya :

        • Perihal : Lamaran kerja
        • Hal       : Pemberitahuan

 

Baca Juga : Contoh surat lamaran kerja bahasa inggris

 

4. Alamat surat dan Tujuan Surat

 

Pada bagian ini yang dimaksud adalah alamat ke mana surat lamaran dikirimkan dan ditujukan, yang berarti kita menulis alamat penerima atau alamat lembaga.

 

Berikut adalah beberapa tips yang perlu dicermati saat menulis alamat surat dan tujuan surat lamaran pekerjaan :

  1. Surat lamaran kerja merupakan surat dinas / surat yang bersifat formal (resmi), jadi kita tidak mengirim surat ini untuk seseorang saja, maka karena dari itu, surat lamaran kerja yang baik dan benar tidak boleh menggunakan kata “Kepada”.
  2. Alamat surat yang baik dan benar tidak lebih dari tigas baris agar lebih singkat.
  3. Untuk penulisan Jabatan tidak menggunakan panggilan jenis kelamin seperti Bapak atau Ibu.
  4. Keterangan teks “Jalan” pada alamat tidak boleh disingkat menjadi Jl.
  5. Alamat surat bukan kalimat, sama halnya dengan tepat dan dimana membuat surat, jadi pada bagian akhir jangan menggunakan tanda titik.

 

Berikut Contohnya :

 

Yth. Manager Barara Family
Jalan Sukoharja No. 222
Yogyakarta

5. Salam Pembuka / Alinea Pembuka

 

Salam pembuka atau ucapan hormat kepada instansi yang dituju pada surat lamaran kerja biasa dimulai dengan kata “Dengan hormat, “ untuk memulai surat pekerjaan dengan resmi/formal.

 

Pointnya adalah : 

 

• Setelah menulis kata “Dengan Hormat” harus menggunakan tanda baca koma (,)
• Kata “Dengan Hormat” sebaiknya dapat menjadi satu kalimat dengan kalimat selanjutnya, namun yang sering dilakukan adalah mengganti baris dibawahnya, hal seperti bisa juga tetap dapat digunakan.

 

Berikut Contohya :

  • Dengan Hormat, berdasarkan . . . . . . . . . . ( Dianjurkan )
  • Dengan Hormat,
    Berdasarkan . . . . . . . . . . ( Umum namun tetap bisa digunakan )

 

6. Alenia Pembuka

 

Sebagai alinea khusus / Kalimat Pembuka untuk mengatakan pengakuan diri. Tujuannya, bila iklan lowongan pekerjaan memberikan keinginan untuk pelamar yang disebut alumnus baru atau fresh graduate, dan kebenaran kita ialah alumnus baru karena itu kita bisa memberikannya otomatis di sini.

 

Dalam kata lain, alinea pembuka menjadi jembatan khusus diskusi di antara surat lamaran pekerjaan dan iklan lowongan pekerjaan. Ini penting supaya instansi atau perusahaan yang kita lamar berasa dipandang karena kita bukan hanya membuat surat lamaran yang serupa untuk semuanya perusahaan.

 

Sebagai contoh, berikut contoh iklan lowongan pekerjaan dan salam pembuka surat lamaran pekerjaan yang berkomunikasi secara baik pada iklan itu.

Contoh :

Info Lowongan kerja yang beredar :

  • PT Barara Family membuka lowongan kerja untuk mengisi posisi staf administrasi. Diutamakan baru lulus (fresh graduate), pekerja keras, dan memiliki latar belakang pendidikan manajemen bisnis, administrasi perkantoran.

 

Contoh Alinea Pembuka (kalimat pembuka surat lamaran yang benar):

 

Dengan Hormat,

Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang saya peroleh melalui Koran Sindo, saya siap untuk bekerja keras dan saya memiliki kualifikasi yang dibutuhkan, karena saya baru saja lulus dari SMK bidang keahlian Administrasi.

 

7. Alinea Isi (bagian Penting)

Bagian ini adalah bagian yang tidak kalah penting, jadi untuk mengisi kalian harus hati-hati, janganter buru-buru, berikan data yang jujur dan benar.

Bagian isi surat lamaran pekerjaan terdiri dari beberapa hal :

  1. Identitas diri


    Identitas diri terdiri dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat domisili, pendidikan terakhir dan dapat ditambah dengan kemapuan-kemampuan lain yang anda miliki sesuai dengan keperluan melamar. Untuk menuliskan Identitas diri, huruf awal baiknya menggunakan huruf kecil,contohnya:

    nama                                     : Rania Alnamira
    tempat tanggal lahir          : Sleman, 25 mei 1990
    pendidikan terakhir          : S-1 Bahasa Indonesia
    alamat                                  : Jl. Sukoharjo, Ngaglik, Sleman, 55581

  2. Maksud dan tujuan

    Isi dalam hal ini merupakan keterangan mengenai maksud dan alasan pengirim atau pelamar untuk menulis surat tersebut.
  3. Menyatakan lampiran

    Surat lamaran pekerjaan ini biasanya terdapat beberapa lampiran tentang syarat yang telah diminta oleh instansi atau perusahaan yang membutuhkan karyawan, maka kalian sebagai pelamar harus memenuhi lampiran yang dibutuhkan tersebut.

    Untuk lampiran ini setiap akhir kalimat sebaiknya harus menggunakan tanda titik dua (;),  dan di bagian akhir lampiran mengggunakan titik (.).

Contoh :

    1. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir;
    2. Fotokopi kartu tanda penduduk;
    3. Foto ukuran 3×4 dua lembar.

 

8. Alinea Penutup

 

Untuk alinea penutup, kita sebaiknya menunjukan keantusiasanatau semangat kita dalam melamar suatu pekerjaan pada instansi/perusahaan yang kita tuju. Hal ini perlu agar pihak terkait berfikir bahwa si pelamar memiliki niatan yang sungguh-sunguh.

Contoh :

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya untuk dapat bergabung dan menjadi bagian dari perusahaan.

 

9. Salam Penutup

 

Mirip pada bagian salam pembuka, pada bagian salam pemnutup kita bisa membuatnya sedehana dan mudah, Namun jangan lupakan beri tanda koma (,) pada bagian akhir.

 

Contoh : Hormat saya,

 

10. Nama lengkap dan tanda tangan

 

Pada bagian ini merupakan bukti bahwa anda menulis surat lamaran pekerjaan itu sendiri, tidak dituliskan orang lain. posisi pada bagian ini diletakan tepat di bawah salam penutup.

 

Contohnya:

Hormat saya,

(tanda tangan)

Rania Alnamira

 

Tipe – Tipe Surat Lamaran Pekerjaan

Menurut jenisnya, surat lamaran pekerjaan terdiri jadi dua, yakni seperti berikut :

1. Surat lamaran pekerjaan ini dipadukan dengan kisah hidup (curriculum vitae). Dalam langkah ini, kisah hidup terhitung dalam isi surat karena didalamnya berbentuk kombinasi, langkah ini disebutkan mode kombinasi.

2. Surat lamaran yang dipisah dari sebuah kisah hidup. Dalam langkah ini kisah hidup sebagai satu tambahan dan langkah ini disebutkan mode terpisah.

Pada suatu praktik penggunan yang sering digunakan ialah mode terpisah. Meskipun dalam pembikinannya membutuhkan 2x kerja, dan mode ini lebih disukai oleh beberapa pencarian kerja karena suratnya tidak begitu panjang.

Sumber – Sumber Lamaran Pekerjaan

Beberapa sumber lamaran pekerjaan salah satunya adalah :

 

  • Sumber lowongan pekerjaan tanpa satu sumber tertentu.
  • Sumber lowongan pekerjaan dari satu media tertentu.
  • Sumber lowongan pekerjaan dari satu rujukan faksi tertentu.

 

 

Sisi – Sisi Surat Lamaran Kerja :

  • Tempat dan tanggal pengerjaan surat lamaran.
  • Hal atau perihal.
  • Tambahan arsip.
  • Alamat tujuan.
  • Salam pembuka.
  • Isi surat yang dapat di bagi jadi empat sisi yaitu satu paragraf pembuka, isi surat,
  • daftar tambahan dan
  • Paragraf penutup.
  • Salam penutup.
  • Nama jelas pelamar dan tanda-tangan.

 

Elemen – Elemen Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran yang bagus sekurangnya memiliki beberapa ciri seperti berikut :

Team Kemendikbud (2017, hlm. 30) surat lamaran pekerjaan yang betul akan mengikut beberapa ketentuan-ketentuan elemen kebahasaan yang mencakup beberapa point ini.

 

  • Memakai bahasa yang benar dan baik
  • Menggunakan kalimat yang santun
  • Memakai kata pengantar yang pasti, singkat dan padat/informatif, dan pas target.
  • Menjaga supaya tulisan bersih, gampang dibaca, seperti dengak aturan ejaan.
  • Lengkapi beberapa bagian surat dengan etika bahasa surat, misalnya: penulisan elemen hal, tempat/tanggal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda-tangan, dan nama jelas).

 

Karena itu, pada umumnya, bisa disebutkan jika aturan atau ciri – ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan sangat simpel dan meliputi:

 

  • Diksi panggilan memiliki sifat resmi.
  • Bahasa yang baku.
  • Kata yang diputuskan memiliki kandungan arti sesungguhnya atau denotatif (bukan majas).
  • Memakai kalimat pengakuan umum, misalnya:
    Berdasar info yang saya dapatkan dari bursa kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Karawang, perusahaan Bapak/Ibu buka lowongan kerja untuk beberapa status.
  • Menggunakan kalimat pengakuan argumentasi, misalnya:
    untuk lengkapi beberapa data yang dibutuhkan dan sebagai bahan alasan Bapak/Ibu pimpinan di saat mendatang, saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai ini.
  • Memakai pengakuan penegasan, misalnya:
    Begitu permintaan surat lamaran kerja ini saya bikin dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. Atas perhatian dan kerja sama dari Bapak/Ibu pimpinan saya berterima kasih.

 

Hal – Hal Yang Harus Tercantum Surat Lamaran Pekerjaan

Hal – hal yang perlu tercantum dalam surat lamaran pekerjaan supaya terwujud arah pembikinannya salah satunya adalah :

  • Mengatakan satu sumber lamaran.
  • Data diri yang komplet dari pelamar, analisis diri komplet dari pelamar mencakup nama komplet, tempat dan tanggal lahir, alamat komplet,nomor telephone,smartphone atau alat tolong komunikasi yang lain. Analisis diri dari pelamar harus juga mempermudah faksi perusahaan mengontak pelamar.
  • Jabatan yang  diinginkan.
  • Kisah (riwayat) pengajaran (jika ada)
  • Kisah (riwayat) pekerjaan (jika ada).
  • Kemapuan lain dipunyai.
  • Surat Rujukan (jika ada dan pelamar melihat faksi pemberi rujukan memiliki dampak pada ambil keputusan).

 

Hal – Hal Yang Harus Jadi perhatian Surat Lamaran Pekerjaan

Ada banyak hal yang perlu jadi perhatian dalam pengerjaan surat lamaran, yaitu seperti berikut :

  1. Surat lamaran dicatat tangan di atas kertas yang bergaris ukuran folio. Tulisan harus terang, bersih, dan tidak ada coretan satu juga. Surat lamaranpun bisa dibikin memakai satu mesin ketik atau computer.
  2. Pelamar harus mengatakan dianya tidak dengan kata tukar kami tetapi saya. Pelamar harus juga menyebutkan pimpinan lembaga dengan Bapak/Ibu (kalau sudah terang pimpinannya). Jika belum juga tahu, dapat segera mengatakan satu kedudukannya.

Yogyakarta, 08 November 2020

Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth. HRD PT Walltower Gramedia
Yogyakarta

 

Dengan hormat,

 

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari website GMV, PT Walltower Gramedia saat ini membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Reporter. Oleh karena itu, bersamaan dengan surat ini, saya ingin melamar pekerjaan di PT Walltower Gramedia untuk mengisi posisi tersebut.

 

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama                                            : Barara
Tempat/Tanggal lahir             : Sleman, 11 Maret 1990
Alamat                                         : Mantren RT 06 RW 35
Telepon                                        : 0123456789

 

Saya memiliki latar belakang pendidikan jurnalistik, yang kiranya akan berguna untuk mengisi posisi ini. Saya mampu menulis dengan baik, serta mengerti dasar-dasar seorang Reporter. Saya juga merupakan seseorang yang pekerja keras, memiliki prinsip dan juga mudah bergaul.

 

Berikut saya lampirkan beberapa dokumen untuk pertimbangan:

1. Pas Photo Terbaru
2. Fotocopy KTP
3. Daftar Riwayat Hidup
4. Fotocopy Ijazah Terakhir
5. Fotocopy Sertifikat Jurnalistik
6. Fotocopy Sertifikat PKL

 

Demikianlah surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya untuk bekerja di perusahaan ini. Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian Bapak/Ibu.

 

Hormat Saya

(Barara)

Contoh ini hanya sebagai referensi, akan menjadi mudah membuatnya jika kalian membaca dan memahami semua yang telah dijabarkan diatas. semoga artikel ini bermanfaat.

, ,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *