Cara Terbaik Membuat Catatan dalam Kursus Online

Cara Terbaik Membuat Catatan dalam Kursus Online
Sumber:kelaspintar.id

Cara Terbaik Membuat Catatan dalam Kursus Online. Kita semua tahu bahwa mencatat dalam kursus online adalah strategi belajar yang berharga. Ini membantu kita memproses informasi, mempertahankan pengetahuan, dan bahkan membentuk argumen. Namun, membuat catatan dalam kursus online bisa jadi sulit karena beberapa alasan. 

 

Pertama-tama, catatan umumnya sesuatu yang kita lakukan dengan pena dan kertas. Dan kami terbiasa menulis di atas kertas, jadi membuat catatan dalam kursus online mungkin tidak tampak seperti hal yang wajar.

 

Kedua, bahkan jika Anda menggunakan alat pengeditan teks yang dapat dicari untuk membantu Anda menemukan informasi yang Anda butuhkan, beralih antar alat untuk memformat catatan Anda akan mengganggu. (Anda dapat menghemat waktu dengan menggunakan aplikasi pencatat di komputer Anda. Tetapi ini tidak menyelesaikan masalah pemformatan.)

 

Ketiga, ada berbagai kemungkinan format untuk catatan, dari daftar tulisan tangan hingga paragraf yang diformat dengan rapi dengan judul dan subjudul. Jadi tidak mudah untuk mengetahui apa yang paling berhasil dalam kursus online. Selain itu, Anda mungkin tidak punya waktu untuk mempelajari semua alat yang berbeda.

 

Last but not least, memformat catatan kelas online bisa menjadi pekerjaan besar. Tetapi Anda tidak harus melakukannya dengan tangan. Sebagai gantinya, Anda dapat membuat catatan di editor teks seperti Notepad. Kemudian gunakan pengolah kata untuk membersihkan pekerjaan Anda.

 

Cara Terbaik Membuat Catatan dalam Kursus Online

Dengan semua itu, berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda membuat catatan selama kursus online Anda.

 

Mulailah dengan Editor Teks yang Bagus

Pertama, Anda memerlukan editor teks yang bagus. Editor teks terbaik memungkinkan Anda memformat catatan Anda seefisien mungkin. Beberapa editor teks bahkan membantu Anda menambahkan header dan footer secara otomatis. Misalnya, Notepad++ adalah program sumber terbuka gratis yang memungkinkan Anda membuat catatan dengan cepat. Ini juga termasuk editor teks yang dapat Anda gunakan untuk memformat catatan Anda.

 

Beberapa editor teks juga menyertakan fitur yang memudahkan untuk membuat catatan dalam kursus online. Misalnya, Notepad++ menyertakan bilah alat yang menunjukkan tautan dan istilah pencarian dalam dokumen saat Anda mengkliknya. Ini juga mencakup fitur pemeriksa ejaan dan koreksi otomatis. Dan itu memungkinkan Anda menambahkan tautan ke catatan Anda dalam teks. Anda juga dapat menggunakan bilah alat untuk melompat langsung ke tautan di dokumen Anda.

 

Gunakan Pengolah Kata Melakukan Pekerjaan untuk Anda

Kedua, setelah Anda selesai membuat catatan, Anda dapat membersihkannya di pengolah kata. Misalnya, Microsoft Word menyertakan beberapa fitur yang memudahkan untuk membuat catatan. Misalnya, Anda dapat membuat teks tebal, miring, atau bergaris bawah. Dan Anda dapat menggunakan berbagai gaya dan warna font untuk memformat catatan Anda.

 

Anda bahkan mungkin ingin memilih editor teks biasa yang tidak menyertakan fitur pemformatan apa pun. Dengan begitu, Anda dapat memformat catatan Anda dalam pengolah kata. Ini membantu Anda menghemat waktu dan mendapatkan tampilan profesional untuk catatan Anda.

Anda juga dapat menggunakan fitur pemeriksa ejaan, yang membantu Anda memperbaiki kesalahan ejaan atau tata bahasa.

 

Gunakan Alat Pencarian untuk Menemukan Informasi yang Anda Butuhkan

Ketiga, Anda dapat menggunakan alat pencarian untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan dalam catatan Anda. Alat pencarian dapat diaktifkan dengan mengklik ikon kaca pembesar. Anda dapat memasukkan kata kunci atau frasa yang ingin Anda temukan di catatan Anda. Alat pencarian akan melihat teks dan memberi Anda daftar semua contoh di mana kata kunci tersebut muncul.

 

Misalnya, Notepad++ menyertakan fitur pencarian yang mencari kata kunci di catatan Anda. Saat Anda mengklik kata kunci, Notepad++ akan menampilkan semua catatan yang berisi kata kunci tersebut. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan fitur pencarian untuk menemukan informasi tentang suatu topik dengan cepat, di mana pun informasi tersebut muncul di catatan Anda.

 

Gunakan Alat Pemformatan untuk Mengatur Catatan Anda

Terakhir, akan membantu jika Anda menggunakan alat pemformatan untuk membantu mengatur catatan Anda. Kursus online sering kali menyertakan daftar informasi, jadi penting untuk mengetahui daftar mana yang termasuk sebelum menulis di catatan.

 

Misalnya, Anda mungkin ingin memulai catatan dengan nama kursus. Atau Anda mungkin ingin menyertakan tautan yang mengarah ke daftar isi sehingga Anda dapat dengan cepat menemukan informasi tentang topik tertentu. Anda juga dapat menggunakan alat pemformatan untuk menambahkan header ke setiap catatan. Ini memungkinkan Anda melacak di mana Anda berada dalam catatan Anda.

 

Baca Juga: Tips mengatasi gangguan penglihatan mata

,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *