Otak sehat maka jantung sehat. Benarkah?

Otak sehat maka jantung sehat
sumber:health.harvard.edu

Otak sehat maka jantung sehat. Anda mungkin sudah tahu bahwa melindungi kesehatan jantung Anda membutuhkan makan dengan baik, berolahraga, dan mengendalikan faktor risiko terkenal untuk penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi. Tapi tahukah Anda bahwa otak Anda memainkan peran penting dalam kesehatan jantung juga?

 

Dalam beberapa tahun terakhir, para peneliti semakin menemukan hubungan antara kesehatan mental yang buruk dan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi. Ini mungkin tidak mengejutkan, karena gangguan kesehatan mental dapat memengaruhi perilaku Anda. Misalnya, Anda mungkin cenderung tidak berolahraga secara teratur atau lebih cenderung minum terlalu banyak alkohol jika Anda merasa tertekan. Selain itu, beberapa masalah yang mempengaruhi kesehatan mental kita, dan gangguan kesehatan mental tertentu, juga dapat memicu perubahan fisik dalam tubuh yang dapat meningkatkan risiko jantung dalam beberapa cara.

 

Otak sehat maka jantung sehat.

Menekankan

Stres jangka panjang dapat meningkatkan tekanan darah, mengurangi aliran darah ke jantung, menurunkan kemampuan pemompaan jantung, memicu ritme pemompaan yang tidak normal, dan mengaktifkan sistem pembekuan darah dan respon inflamasinya. Anehnya, penelitian menunjukkan bahwa stres kronis mungkin lebih berbahaya bagi jantung Anda daripada perubahan besar dalam hidup. Satu studi besar menemukan bahwa wanita yang merawat pasangannya yang cacat setidaknya selama sembilan jam seminggu menghadapi kemungkinan lebih tinggi mengalami serangan jantung atau meninggal karena penyakit jantung daripada wanita tanpa tanggung jawab tersebut.

 

Dan sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan di JAMA Network Open menemukan kondisi jantung terkait stres tertentu yang disebut kardiomiopati stres – melemahnya ventrikel kiri jantung yang dipicu secara emosional – meningkat selama pandemi. Penulis studi menemukan empat kali tingkat kondisi ini selama Maret dan April 2020 dibandingkan tiga periode pra-pandemi pada 2018, 2019, dan sebelumnya pada 2020.

 

Pengalaman masa kecil yang traumatis

Pengalaman masa kecil yang traumatisseperti diabaikan; menderita pelecehan fisik, seksual, atau emosional; atau menyaksikan kekerasan di rumahdikenal oleh para profesional kesehatan sebagai pengalaman masa kanak-kanak yang merugikan, atau ACE. Mereka dapat meningkatkan risiko mengembangkan perilaku yang membahayakan kesehatan, seperti gangguan penggunaan narkoba.Sebuah tinjauan tahun 2020 yang diterbitkan secara online oleh JAMA Cardiology menemukan bahwa orang dewasa yang mengalami empat atau lebih peristiwa traumatis masa kanak-kanak memiliki risiko dua kali lipat penyakit kardiovaskular dan kematian dini dibandingkan dengan orang-orang yang tidak memiliki pengalaman menyakitkan ini.

 

Depresi

Hubungan antara depresi dan penyakit jantung adalah jalan dua arah. Depresi secara kasar menggandakan risiko Anda terkena penyakit arteri koroner, menurut satu artikel ulasan. Studi lain menunjukkan bahwa orang yang sudah memiliki penyakit jantung tiga kali lebih mungkin mengalami depresi dibandingkan orang lain. Sebanyak satu dari lima orang yang selamat dari serangan jantung mengalami depresi. Dan depresi merupakan faktor risiko independen untuk serangan jantung berikutnya pada orang yang sudah memilikinya. Ini mungkin sebagian karena orang yang depresi cenderung tidak berhenti merokok, minum obat yang diresepkan, atau berolahraga – bahkan setelah serangan jantung.

 

Permusuhan dan kemarahan

Orang yang terbiasa marah dua sampai tiga kali lebih mungkin mengalami serangan jantung atau kejadian jantung lainnya, menurut satu artikel ulasan.

 

Isolasi sosial

Bukti menunjukkan bahwa pria dan wanita yang hidup sendiri secara signifikan lebih mungkin mengalami serangan jantung atau meninggal mendadak karena salah satunya. Di sisi lain, orang dewasa yang lebih tua dengan jaringan pertemanan yang kuat secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal selama periode 10 tahun dibandingkan mereka yang tidak memiliki dukungan sosial yang kuat.

 

Menuju hati yang lebih sehat

Jika Anda bergumul dengan salah satu dari masalah ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan mental Anda, dan kemungkinan kesehatan jantung Anda juga.

 

  • Bekerjasama dengan seorang profesional. Seorang spesialis kesehatan mental dapat membantu Anda mengatasi banyak tantangan, termasuk trauma serius dari masa lalu Anda. Terapi bicara, seperti terapi perilaku kognitif (yang dirancang untuk mematahkan pola pikir negatif) dan pengobatan hanyalah beberapa pilihan yang mungkin bisa membantu.
  • Lakukan perbaikan gaya hidup. Ketika Anda mengalami depresi atau berjuang secara emosional, makan sehat dan olahraga kadang-kadang gagal. Tetapi membuat perbaikan harian yang kecil dan dapat dikelola menambah kesehatan secara keseluruhan yang lebih baik. Bahkan perubahan kecil seperti menambahkan lebih banyak buah dan sayuran ke piring Anda atau berjalan-jalan di sekitar rumah dapat membantu. Cobalah untuk menemukan aktivitas fisik yang Anda sukai yang dapat membantu Anda tetap termotivasi.
  • Jaga agar otak Anda tetap aktif. Aktivitas yang merangsang otak Anda dapat membantu meningkatkan kesehatan mental Anda. Lakukan hobi baru, tambahkan hal baru ke hari Anda dengan mencoba rute jalan kaki baru, atau coba aktivitas baru.
  • Kendalikan stres Anda. Meringankan stres adalah tantangan besar bagi hampir semua orang saat ini. Salah satu strategi yang dapat membantu mengendalikannya adalah meditasi kesadaran , yang mendorong kesadaran diri dan fokus pada masa kini. Olahraga teratur, diet sehat, dan tidur cukup berkualitas juga dapat membantu menjaga tingkat stres.

Pada akhirnya, hal-hal yang baik untuk otak Anda baik untuk tubuh Anda — dan hati Anda.

 

Baca Juga: Mangga Afrika untuk menurunkan berat badan

, ,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *