5 kunci untuk hidup lebih lama dan sehat

5 kunci untuk hidup lebih lama dan sehat
sumber:fimela.com

5 kunci untuk hidup lebih lama. Untuk menjaga kesehatan tubuh dan kebugaran, banyak orang melakukan diet. Namun, tidur selama 8 jam per malam juga penting untuk mempertahankan kebugaran tubuh dan penampilan yang semakin terlihat lebih muda.  Bagi Anda yang ingin hidup lebih lama, berikut adalah beberapa kunci kehidupan sehat dan sejahtera. Salah satu cara untuk menjadi orang tua yang bertahan hingga akhir hayatnya adalah dengan melakukan perawatan diri secara teratur.

 

Hidup sehat dan panjang umur

Para peneliti dari Harvard TH Chan School of Public Health melakukan penelitian besar-besaran tentang dampak kebiasaan kesehatan terhadap harapan hidup, menggunakan data dari Nurses’ Health Study (NHS) dan Health Professionals Follow-up Study (HPFS) yang terkenal. Ini berarti bahwa mereka memiliki data tentang sejumlah besar orang dalam jangka waktu yang sangat lama. NHS mencakup lebih dari 78.000 wanita dan mengikuti mereka dari 1980 hingga 2014. HPFS mencakup lebih dari 40.000 pria dan mengikuti mereka dari 1986 hingga 2014. Ini adalah lebih dari 120.000 peserta, 34 tahun data untuk wanita, dan 28 tahun data untuk pria.

 

Para peneliti melihat data NHS dan HPFS tentang diet, aktivitas fisik, berat badan, merokok, dan konsumsi alkohol yang dikumpulkan dari kuesioner yang divalidasi secara teratur.

 

Sebenarnya apa sih gaya hidup sehat itu?

 

Kelima area ini dipilih karena penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa mereka memiliki dampak besar pada risiko kematian dini. Berikut adalah bagaimana kebiasaan sehat ini didefinisikan dan diukur:

 

5 kunci untuk hidup lebih lama dan sehat

 

1. Diet sehat , yang dihitung dan dinilai berdasarkan asupan makanan sehat yang dilaporkan seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, lemak sehat, dan asam lemak omega-3, dan makanan tidak sehat seperti daging merah dan olahan, yang dimaniskan dengan gula minuman, lemak trans, dan natrium.

 

2. Tingkat aktivitas fisik yang sehat , yang diukur sebagai aktivitas sedang hingga berat minimal 30 menit per hari setiap hari.

 

3.    Berat badan sehat , didefinisikan sebagai indeks massa tubuh (IMT) normal, yaitu antara 18,5 dan 24,9.

 

4. Merokok , tidak ada jumlah merokok yang sehat. “Sehat” di sini berarti tidak pernah merokok.

 

5.    Asupan alkohol moderat , yang diukur antara 5 dan 15 gram per hari untuk wanita, dan 5 hingga 30 gram per hari untuk pria. Umumnya, satu minuman mengandung sekitar 14 gram alkohol murni. Itu 12 ons bir biasa, 5 ons anggur, atau 1,5 ons minuman keras sulingan.

 

Para peneliti juga melihat data tentang usia, etnis, dan penggunaan obat-obatan, serta data perbandingan dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional dan Data Online Luas untuk Penelitian Epidemiologi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

 

Apakah gaya hidup sehat membuat perbedaan?

Ternyata, kebiasaan sehat membuat perbedaan besar. Menurut analisis ini, orang yang memenuhi kriteria untuk kelima kebiasaan menikmati hidup yang jauh lebih lama dan mengesankan daripada mereka yang tidak memilikinya: 14 tahun untuk wanita dan 12 tahun untuk pria (jika mereka memiliki kebiasaan ini pada usia 50). Orang yang tidak memiliki kebiasaan ini jauh lebih mungkin meninggal sebelum waktunya karena kanker atau penyakit kardiovaskular.

 

Peneliti studi juga menghitung harapan hidup dengan berapa banyak dari lima kebiasaan sehat yang dimiliki orang. Hanya satu kebiasaan sehat (dan tidak masalah yang mana) … hanya satu … memperpanjang harapan hidup dua tahun pada pria dan wanita. Tidak mengherankan, semakin banyak kebiasaan sehat yang dimiliki orang, semakin panjang umur mereka. Ini adalah salah satu situasi di mana saya berharap saya bisa mencetak ulang grafik mereka untuk Anda, karena mereka sangat keren. (Tetapi jika Anda sangat penasaran, artikelnya tersedia online, dan grafiknya ada di halaman 7. Lihat Grafik B, “Perkiraan harapan hidup pada usia 50 menurut jumlah faktor risiko rendah.”)

 

Ini sangat besar . Dan, itu menegaskan penelitian serupa sebelumnya – banyak penelitian serupa sebelumnya. Sebuah studi tahun 2017 menggunakan data dari Health and Retirement Study menemukan bahwa orang berusia 50 tahun ke atas yang memiliki berat badan normal, tidak pernah merokok, dan minum alkohol dalam jumlah sedang, hidup rata-rata tujuh tahun lebih lama. Sebuah mega-analisis 2012 dari 15 studi internasional yang melibatkan lebih dari 500.000 peserta menemukan bahwa lebih dari setengah kematian dini disebabkan oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan yang buruk, tidak aktif, obesitas, asupan alkohol yang berlebihan, dan merokok. Dan daftar penelitian pendukung terus berlanjut.

 

Jadi apa masalah (besar) kita?

Seperti yang ditunjukkan oleh penulis penelitian ini, di AS kita cenderung menghabiskan uang untuk mengembangkan obat-obatan mewah dan perawatan lain untuk penyakit, daripada mencoba mencegahnya. Ini adalah masalah besar.

 

Para ahli telah menyarankan bahwa cara terbaik untuk membantu orang membuat pola makan sehat dan perubahan gaya hidup adalah pada skala besar, tingkat populasi, melalui upaya kesehatan masyarakat dan perubahan kebijakan. (Seperti peraturan tentang helm sepeda motor dan sabuk pengaman…) Kami telah membuat sedikit kemajuan dengan undang-undang tembakau dan lemak trans .

 

Tentu saja ada banyak penolakan dari industri besar tentang hal itu. Jika kita memiliki pedoman dan undang-undang yang membantu kita hidup lebih sehat, perusahaan besar tidak akan menjual banyak makanan cepat saji, keripik, dan soda. Dan bagi perusahaan yang sangat ingin menghasilkan uang dengan mengorbankan nyawa manusia, itu membuat mereka sangat marah. Semoga artikel 5 kunci untuk hidup lebih lama ini bermanfaat.

 

Baca Juga: Penyebab sakit punggung bagian bawah

, , ,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *