Penyebab Sakit Punggung Bawah: 9 Hal Umum Yang Harus Anda Ketahui

Penyebab Sakit Punggung Bawah
sumber:geekshealth.com

Penyebab Sakit Punggung Bawah. Nyeri punggung bawah disebabkan oleh otot dan ligamen yang tertarik atau robek. Ini biasanya terjadi setelah gerakan tiba-tiba, mengangkat benda berat, cedera saat berolahraga atau postur punggung yang buruk. Keseleo atau ketegangan punggung bawah dapat terjadi secara tiba-tiba atau perlahan-lahan dapat berkembang seiring waktu karena gerakan berulang Anda.

 

Ketegangan dan keseleo mungkin tidak terlihat serius dan mungkin tidak menyebabkan rasa sakit yang berkepanjangan, tetapi rasa sakit yang akut bisa menjadi sangat serius. Jaringan lunak dan masalah mekanis adalah penyebab utama nyeri punggung bawah. Cedera mungkin termasuk kompresi akar saraf, kerusakan cakram intervertebralis serta gerakan sendi tulang belakang yang salah. Namun, penyebab nyeri punggung bawah yang paling umum adalah otot atau ligamen yang tertarik atau robek. artikel kali ini akan membahas Penyebab Sakit Punggung Bawah, silahkan disimak yaa.

Jenis Nyeri Punggung Bawah

 

Jenis nyeri punggung yang paling umum adalah:

  • Nyeri Mekanik : Juga dikenal sebagai nyeri aksial, jenis nyeri ini berasal dari tulang, ligamen, dan otot. Rasa sakit biasanya terlokalisasi pada bokong, punggung bawah dan bagian atas kaki Anda. Nyeri mekanis disebabkan oleh beban tulang belakang dan terasa berbeda tergantung pada postur Anda.

 

  • Nyeri radikular: Rasa sakit terjadi ketika akar saraf tulang belakang meradang atau dilanggar. Rasa sakit mengikuti pola akar saraf dan dapat mempengaruhi kaki dan bokong. Sensasinya tajam dan Anda merasa seperti terbakar, membuat Anda lemah dan mati rasa. Nyeri radikuler sebagian besar mempengaruhi satu sisi tubuh.

 

Berikut adalah beberapa penyebab umum nyeri punggung bawah:

 

Nyeri diklasifikasikan sebagai kronis jika berlangsung selama lebih dari tiga bulan dan melebihi proses penyembuhan alami tubuh Anda. Di punggung bawah, nyeri kronis melibatkan akar saraf yang teriritasi, masalah sendi atau masalah cakram. Penyebab umum nyeri punggung bawah adalah:

 

  1. Cakram Herniasi Lumbar

Bagian tengah dari lumbar disc seperti jeli, dan dapat dengan mudah menembus lapisan luar, yang menyebabkan iritasi pada akar saraf. Bagian cakram yang mengalami hernia memiliki banyak protein, yang menyebabkan peradangan saat mencapai akar saraf dan kompresi saraf, yang keduanya menyebabkan rasa sakit. Serabut saraf di dinding cakram menciptakan rasa sakit yang parah setiap kali terjadi robekan.

 

  1. Penyakit Cakram Degeneratif

Selama kelahiran, cakram intervertebralis diisi dengan air dan sangat sehat. Seiring bertambahnya usia manusia, cakram kehilangan hidrasi dan karenanya aus. Hilangnya hidrasi berarti bahwa cakram tidak dapat menahan gaya dan mentransfernya ke dinding cakram. Akibatnya, robekan menyebabkan melemahnya dan nyeri, yang menyebabkan herniasi. Ada juga kemungkinan disc runtuh, menyebabkan stenosis.

 

  1. Disfungsi Sendi Faset

Seorang manusia memiliki dua sendi facet di setiap disk di setiap segmen gerak di tulang belakang lumbar. Sendi memiliki tulang rawan di dalam tulang dan memiliki ligamen kapsul yang mengelilinginya, dengan saraf yang dipersarafi. Sendi terasa sakit, terutama bila ditambah dengan nyeri cakram.

 

  1. Disfungsi Sendi Sakroiliaka

Sendi sakroiliaka menghubungkan sakrum Anda di bagian bawah tulang belakang di setiap sisi panggul. Sendi gerak rendah yang kuat menyerap ketegangan dan guncangan antara tubuh bagian bawah dan tubuh bagian atas. Sendi sakroiliaka menjadi nyeri saat meradang, atau jika gerakannya terlalu sedikit atau terlalu banyak

 

  1. Stenosis Tulang Belakang

Kondisi ini mempersempit kanal tulang belakang di mana akar saraf berada, suatu kondisi yang menyebabkan banyak rasa sakit. Penyempitan mungkin formal, sentral atau keduanya dan dapat terjadi pada beberapa atau satu tingkat di punggung bawah.

 

  1. Spondilolistesis

Kondisi ini terjadi ketika vertebra tergelincir di atas yang lain. Ada lebih dari 4 jenis spondylolisthesis , meskipun yang paling umum disebabkan oleh ketidakstabilan mekanik dan fraktur. Rasa sakit juga dapat disebabkan oleh kompresi saraf atau ketidakstabilan ke belakang.

 

  1. Osteoartritis

Kondisi ini disebabkan oleh keausan sendi facet dan cakram. Kondisi ini menyebabkan ketidakstabilan, stenosis, nyeri dan peradangan pada tingkat yang bervariasi dan dapat terjadi pada beberapa atau satu tingkat tulang belakang bagian bawah. Kondisi ini terkait dengan penuaan dan berlangsung perlahan. Ini juga dikenal sebagai penyakit sendi degeneratif atau spondylosis.

 

  1. Kelainan bentuk

Kelengkungan tulang belakang mungkin termasuk kyphosis atau scoliosis. Jika deformitas menyebabkan kerusakan sendi facet, stenosis, cakram atau sendi sakroiliaka, itu berarti paling pasti terkait dengan nyeri punggung bawah.

 

  1. trauma

Dislokasi tulang belakang dan fraktur akut dapat menyebabkan nyeri akut. Harus selalu ada evaluasi medis untuk nyeri punggung bawah setelah trauma seperti jatuh atau kecelakaan mobil.

 

  1. Fraktur Kompresi

Rasa sakit yang tiba-tiba disebabkan oleh patah tulang yang terjadi pada vertebra silinder, di mana tulang itu masuk ke dalam. Patah tulang biasanya disebabkan oleh tulang yang lemah seperti osteoporosis dan umum terjadi pada orang tua.

 

Bagaimana Mengobati Sakit Punggung Bawah?

 

  1. Dinginkan

Cara mengobati sakit pinggang membutuhkan teknik yang tepat. Dalam 24 hingga 48 jam pertama setelah cedera, obat terbaik adalah es, karena mengurangi peradangan. Kehangatan yang dirasakan setelah cedera mungkin terasa enak karena menutupi rasa sakit dan melemaskan otot-otot Anda, tetapi panas juga menyebabkan peradangan. Anda hanya harus beralih ke panas setelah 24 jam. Ingatlah untuk menghilangkan panas atau es setelah sekitar 20 menit untuk memungkinkan kulit beristirahat. Jika rasa sakit tidak berkurang, kunjungi dokter Anda.

 

  1. Terus bergerak

Sama seperti bagian tubuh lainnya, tulang belakang dimaksudkan untuk bergerak. Pastikan Anda melakukan aktivitas sehari-hari seperti mengajak anjing berjalan-jalan, merapikan tempat tidur, dan pergi bekerja. Saat Anda merasa sehat, lakukan beberapa latihan aerobik seperti bersepeda, berjalan kaki, dan berenang untuk menjaga punggung tetap bergerak. Namun, berhati-hatilah untuk tidak melakukannya secara berlebihan karena Anda tidak perlu banyak berlari saat punggung Anda sakit.

 

  1. Tetaplah kuat

Setelah nyeri punggung bawah Anda berkurang, penting untuk menghindari episode berikutnya dengan melatih otot-otot yang menopang punggung bawah seperti otot-otot ekstensor punggung. Dengan otot panggul, perut, dan pinggul yang kuat, Anda akan mendapatkan dukungan punggung yang lebih baik. Cobalah untuk menghindari crunch perut karena dapat membuat punggung Anda tegang.

 

  1. Perhatikan Postur Anda

Jika Anda merosot, punggung akan sulit menopang beban. Berhati-hatilah dengan postur Anda saat mengangkat benda berat dan hindari membungkuk dari pinggang Anda. Jika memungkinkan, tekuk dan luruskan dari lutut Anda.

 

  1. Kenakan Sepatu Hak Rendah

Disarankan untuk memakai sepatu hak rendah. Ganti pompa empat inci Anda dengan sepatu hak rendah atau flat yang kurang dari satu inci. Sepatu hak tinggi menciptakan postur yang tidak stabil, yang meningkatkan tekanan pada tulang belakang bagian bawah.

 

Video tips penyebab nyeri punggung bawah 

 

Singkatnya penyebab nyeri punggung bawah biasanya terjadi setelah gerakan tiba-tiba, terutama saat mengangkat benda berat, cedera saat berolahraga atau postur punggung yang buruk. Ide-ide di atas adalah beberapa penyebab umum nyeri punggung bawah yang perlu Anda ketahui jika mengikuti tips di atas Anda akan segera mengobati rasa sakit Anda. semoga artikel Penyebab Sakit Punggung Bawah ini bermanfaat.

 

Baca Juga: Mangga afrika untuk menurunkan berat badan

, , ,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *