Menulis subject email surat lamaran kerja. Penting!

sumber:asket.info

 

Menulis subject email surat lamaran kerja merupakan salah satu hal penting sering dilupakan atau mungkin jarang diperhatikan dengan baik. padahal menulis subject email surat lamaran kerja adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

 

Baris subjek email sangat mirip dengan judul lagu; mereka harus menyimpulkan apa yang ingin Anda katakan dengan cara yang cukup menarik minat orang sehingga mereka ingin belajar lebih banyak.

 

Menurut Promoly , hampir 50 persen penerima akan membuka email karena subject line tersebut, dan hampir 70 persen penerima akan melaporkan email sebagai spam karena subject line tersebut. Jadi, bagaimana Anda mengoptimalkan subjek Anda dengan cara yang memotivasi orang untuk mengklik, daripada mengirim pesan Anda ke folder sampah atau spam?

 

Sayangnya sampai saat inipun masih banyak para pelamar yang mengirim surat lamaran kerjanya melalui email sering melupakan untuk mengisi subject email.

 

Lupa menulis subject atau menulisnya asal-asalan dapat berpengaruh fatal. Recruiter kemungkinan tidak mengpreasiasi lamaran dan selanjutnya pelamar tidak diundang wawancara oleh perusahaan.

 

Karena itu, penting selalu untuk memberikan subject email pada surat lamaran kerja yang akan kirim. Agar semakin menegaskan bahwa hal ini sangat penting, berikut barara akan memberi keutamaan untuk mengisi subject email dan bagaimanakah cara menuliskan :

 

Berapa Penting Menulis subject email surat lamaran kerja?

 

Sama seperti yang telah diterangkan di atas, subject email benar-benar penting untuk tercantum pada surat lamaran kerja yang akan anda kirim ke email perusahaan yang akan anda tuju.

 

Dikutip dari Indeed, subject email sebagai hal pertama kali yang disaksikan oleh perusahaan hingga hal itu akan tentukan apa perusahaan harus buka email itu atau mungkin dibiarkan saja karena terlihat seperti email sampah (spam)

 

Jika kamu menuliskan subject email lamaran kerja dengan baik dan benar, perusahaan akan ketahui jika kamu memang melamar di perusahaan itu.

 

Di lain sisi, dikutip dari The Balance Careers, jika kamu tidak menuliskan subject email dengan baik dan benar kemungkinan perusahaan akan menganggap sebagai email spam dan dihapus atau bahkan hanya di diamkan saja.

 

Maka jangan pernah lupa untuk selalu menuliskan subject email di tiap surat lamaran kerjamu agar ada kesempatan untuk diundang wawancara oleh perusahaan yang anda tuju.

 

Panduan Menulis Subject Email untuk Lamaran Kerja

 

Menulis subject email surat lamaran kerja

 

Umumnya, dalam brosur lowongan kerja yang menyebar di sosial media atau mana saja, perusahaan akan memberi kisah berkaitan penulisan subject email.

 

Agar semakin memperjelas kamu, berikut Barara akan memberi beberapa tips dalam menulis subject email untuk surat lamaran kerja yang akan anda kirim.

 

1. Menonjol

 

Saat Anda menyusun baris subjek, pikirkan tentang email yang Anda klik dan email yang segera Anda hapus. Anda hanya memiliki waktu sepersekian untuk memberi kesan pada penerima Anda, itulah sebabnya Anda ingin melakukan apa yang Anda bisa untuk menonjol, dan dengan cara yang positif.

 

  • Hitungan Karakter: Lebih singkat biasanya lebih baik dalam hal email, tetapi tidak harus untuk baris subjek. Penelitian telah menunjukkan bahwa baris subjek yang berada di luar panjang rata-rata 20-65 karakter cenderung lebih terbuka karena menonjol.

 

  • Emoji: Emoji dapat membantu meningkatkan tingkat terbuka dengan menarik perhatian penerima, tetapi gunakan dengan hemat. Hanya sertakan mereka di awal atau di akhir baris subjek dan jangan mengganti kata dengan emoji. Dengan begitu, jika mereka tidak muncul, pesan tersebut tidak terpengaruh.Ingatlah untuk menguji email dengan emoji sebelum mengirim ke daftar Anda karena yang tertentu hanya muncul di perangkat dan antarmuka email tertentu.

 

  • Urgensi: Menggunakan kata-kata yang menciptakan rasa urgensi seperti sekarang dan hari ini telah terbukti meningkatkan rasio terbuka.

 

Baca Juga : Surat lamaran kerja via email secara resmi

 

2. Singkat dan jelas

Dikutip dari Zipjob, penting untuk menulis subject email dengan singkat dan simpel karena beberapa text akan terpenggal bila panjang. Dengan demikian, yakinkan kata pertama kalinya harus kelihatan menarik.

 

Disamping itu, Hubspot merekomendasikan untuk menulis subject di bawah 51 character. Hal itu dilaksanakan supaya yang menerima email menegrti apa isi pada email itu.

 

Jauhi penulisan kata seperti berdedikasi atau semangat. Karena, hal itu akan makin perpanjang subject email kamu dan mempunyai potensi didiamkan oleh perusahaan.

 

Bila kamu mempunyai tujuan mengirim email follow-up berkaitan hasil interview kamu, kamu dapat imbuhkan sebagai berikut:

 

  • following up on the copywriter position – your name (bahasa Inggris)
  • menindaklanjuti interview copywriter – namamu (bahasa Indonesia)

 

3. Lakukan sesuai petunjuk

 

Sama seperti yang telah diterangkan di atas, umumnya perusahaan sudah menyiapkan pola pengangkutan subject email dalam brosur lowongan kerja mereka.

 

Bila ada, turuti perintah dari perusahaan. Janganlah sampai ada yang kurang atau kamu tambah.

 

Sebagai contoh, dalam lowongan kerja perusahaan sudah memutuskan pola penulisan subject email sebagai berikut:

 

  • lamaran_posisi_nama kamu (bahasa Indonesia)
  • application_position_your name (bahasa Inggris)

Baca Juga : Contoh surat lamaran kerja bahasa inggris

Catat sesuai perintah dari perusahaan. Tidak boleh tambah lainnya bila perintah sudah disiapkan.

 

Tetapi, bila tidak ada perintah dari perusahaan, kamu dapat memakai pola semacam ini:

 

  • job application: your name – position (bahasa Inggris)
  • lamaran kerja: namamu – posisi yang kamu lamar (bahasa Indonesia)

 

Ingat, dalam mengirimi email lamaran kerja, upayakan untuk memakai email professional bernama asli kamu. Ini penting untuk jaga profesionalitas dan integritas diri kamu di muka perusahaan.

 

Sekarang kaalian paham kan, jika penyeleksian subject email lamaran kerja sangat penting?

 

Dengan subject yang pas, rekruter langsung bisa ketahui jika kamu melamar di perusahaan mereka. Selanjutnya, kesempatanmu untuk diundang interviu juga makin besar.

 

Tetapi, subject email saja belumlah cukup, lho. Kamu perlu memperhatikan aspek lain dalam lamaran kerjamu seperti body surat lamaran kerja dan etika dalam mengirim surat lamaran kerja. Semoga bermanfaat.

 

Baca Juga : Contoh surat lamaran kerja yang benar agar mudah diterima

 

 

, ,

Post navigation

barara

Im a designer and blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *