Apa Itu Cryptocurency

Posted on

Cryptocurency belakangan ini lagi rame diperbincangkan didalam sosial media, bahkan banyak juga yang sudah pada terjun di bidang investasi dan juga trading langsung di cryptocurency. Namun sudah tahuakan anda apa itu cryptocurency dan bagaimana cara kerjanya?

Sebelum memutuskan untuk terjun mengikuti dunia cryptocurency sebaiknya kita cari tahu dulu nih apa itu cryptocurency dan bagaimana cara kerjanya, agar kita tidak terjebak kedalam investasi yang mana kita tidak mengetahui lebih dalam bagaimana cara kerja dan fungsinya.

Cryptocurency adalah mata uang digital yang biasa digunakan untuk bertransaksi secara virtual seperti kita melakukan pembayaran online seperti biasa, didalamnya terdapat sistem yang dapat kita lihat cara kerjanya dan proses transaksinya bisa kita lihat oleh semua pengguna crypto yang memiliki sandi transaksinya secara transparan tanpa ditutup tutupi. Proses transaksi ini menggunakan jasa media internet yang dibantu oleh para penambang koin dengan cara enyediakan server untuk transaksi yang nantinya para penambang ini yang mendapatkan upah saat transaksinya ini berhasil.

Didalam transaksi crypto sendiri memiliki sandi sandi yang amat rumit yang digunakan untuk merahasiakan dan juga mengamankan akun crypto dari para hacker yang tidak bertanggung jawab. Namun sandi yang rumit juga beresiko membuat kita lupa saat ingin mengakses akun dengan sandi tersebut.

Cryptocurency secara bahasa inggris memiliki 2 arti yang tergabung dari kata cryptography dan juga curency, Cryptograpy memeiliki arti rahasia sedangkan curency memiliki arti mata uang.

Sebenarnya konsep cryptography bukannlah hal baru lagi, karena pada saat perang dunia 2 dahulu jerman sudah menggunakan konsep ini pada stategi perangnya. Mereka mengirimkan sandi sandi secara virtual yang merupakan perintah khusus pasukannya tanpa diketahui oleh musuh yang tidak dalam sekutunya.

Jenis jenis Cryptocurency

Banyak mata uang crypto yang beredar belakangan ini, yang menjadi kan para penggunanya sebagai invest dan juga trading. Pergerakan harga mata uang crypto sangatlah drastis sehingga berinvestasi disini merupakan resiko yang sangat tinggi dibandingkan saham perusahaan. Namun potensi keuntungannya juga sangat menggiurkan sperti pepatah kuno dahulu high risk high return, Resiko tinggi berpotensi keuntungan yang tinggi pula.

Apa saja mata uang yang sering digunakan transaksi virtual saat ini:

1. Bitcoin

Bitcoin adalah coin pertama kali yang muncul saat awalmula cryptocurency dipasarkan, dahulu harga 1 coin bitcoin pada tahun 2009 berkisar diharga Rp 3000. Hrga sekarang 1 bitcoin sekarang update tanggal 18 februari 2022 adalah USD 40.709,37 per koinnya atau berkisar Rp 584,4 juta/koin. Bisa anda bayangkan andai saja kamu membeli 10 coin bitcoin pada tahun 2009 sekarang bisa menjadi 5 miliar lebih nilainya. Begitulah cryptocurency harganya bisa melambung secara mendadak bergantung dengan minat para pemakainya yang meningkat belakangan ini.

2. Litecoin

Lite coin lahir dan diluncurkan pada tahun 2011 dengan sistem yang berbeda yang bernama mata uang digital P2P atau peer to peer, sistem inilah yang membentuk blockchain yang membuatnya menjadi lebih cepat dalam hal transaksinya. Selain itu proses transaksinya pun tidak perlu menggunakan komputer yang powerfull kembali.

3. BitcoinCash

Jenis coin ini baru saja diluncurkan pada tahun 2017, yang konon ada beberapa pemegang aset bitcoin merasa tidak setuju dengan sistem dan juga aturan yang ada pada bitcoin tersebut. Sekelompok orang ini akhirnya membuatlah system dan juga coin sendiri dengan nama bytcoincash, mereka mengklaim bahwa aturan pada bitcoincash lebih baik dari pada pendahulunya bitcoin.

Coin crypto Bitcoincash walaupun baru dari pada bitcoin namun sekarang merupakan penghuni coin 5 besar dari daftarnya mendekati mastenya yaitu bitcoin sendiri.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.